Lompat ke konten

10 Syarat Pinjaman KUR Bank BSI dan Cara Pengajuan

KUR Bank BSI

Apakah ada pinjaman sesuai dengan prinsip syariah? Tentu saja ada. Salah satunya adalah pinjaman KUR dari Bank Syariah Indinesia (Bank BSI). Bagi yang tertarik mengajukan pinjaman tersebut, silahkan simak terlebih dahulu pembahasan mengenai syarat pengajuan pinjaman KUR Bank BSI berikut ini.

Bank Syariah Indonesia merupakan gabungan Bank Syariah yang dimiliki BUMN, yaitu Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah. Dengan adanya merger tersebut maka masyarakat Indonesia yang menjadi nasabah Bank BNI, BRI, dan Mandiri Syariah harus melakukan migrasi rekening.

Bagi yang sudah migrasi rekening ke Bank BSI maka bisa menikmati beragam produk perbankan yang ditawarkan Bank Syariah Indonesia. Salah satunya adalah produk pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang dikhususkan untuk nasabah Bank BSI yang memiliki usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Syarat pinjaman KUR yang ditawarkan Bank BSI tidak berbeda jauh dengan bank konvesional. Hanya saja nasabah tidak akan dikenakan bunga. Sebagai gantinya adalah margin pinjaman yang apabila dihitung-hitung setara bunga KUR BRI, KUR Mandiri, atapun KUR Bank BNI.

Bank BSI menggunakan prinsip berbasis syariah agar para nasabahnya terhindar dari riba. Nantinya akan ada akad pinjam meminjam antara kedua belah pihak yang menggunakan akad Murabahah, Ijarah, dan MMQ. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pinjaman tersebut, silahkan simak informasi cicilan.id berikut ini.

Jenis-Jenis Pinjaman KUR Bank BSI

Syarat KUR BSI

Ada tiga jenis pinjaman KUR yang disediakan Bank BSI. Ketiganya memiliki plafon maksimal pinjaman yang berbeda. Dari segi persyaratan juga ada perbedaan. Untuk mengetahui perbedaan tersebut, silahkan simak informasi berikut.

1. KUR Super Mikro

Yang pertama adalah KUR Super Mikro. Bank BSI menawarkan pinjaman hingga maksimal Rp. 10 Juta kepada nasabah yang mengajukan KUR Super Mikro. Maksimal pinjaman yang diberikan memang tidak terlalu besar, namun tetap bisa membantu UMKM untuk mendapatkan modal usaha.

2. KUR Mikro

Selanjutnya ada KUR Super Mikro dengan plafon pinjaman Rp. 10 Juta-Rp. 50 Juta. Syarat pinjaman KUR Bank BSI tersebut cukup mudah dan bisa digunakan untuk Modal Kerja ataupun Modal Investasi yang nantinya membantu para UMKM mendapatkan modal usaha.

3. KUR Kecil

Bagi nasabah yang membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar, mulai dari Rp. 50 Juta-Rp. 500 Juta bisa mengajukan KUR Kecil. Plafon yang diberikan sangat besar, jadi wajar apabila syarat pengajuan pinjaman KUR Bank BSI tersebut lebih ribet dibanding KUR Super Mikro ataupun KUR Mikro.

Syarat Pinjaman KUR Bank BSI

Syarat Pinjaman KUR Bank BSI

Proses pengajuan pinjaman KUR Bank BSI di atas tergolong mudah dan cepat. Namun tidak semua nasabah Bank BSI bisa mengajukan pinjaman tersebut. Sebab salah satu syarat pengajuan pinjaman KUR Bank BSI adalah harus memiliki usaha aktif dan produkti.

Bagi yang tidak memiliki usaha maka otomatis tidak bisa mengajukan pinjaman KUR BSI. Padahal pinjaman ini menawarkan angsuran sangat ringan dibanding pinjaman Bank BSI lainnya. Tentu sayang rasanya jika tidak bisa mengajukan pinjaman tersebut.

Angsuran KUR Bank BSI akan disesuaikan dengan jangka waktu pinjaman. Dimana jangka waktunya mencapai 3-4 tahun untuk keperluan Modal Kerja dan 5 tahun untuk Modal Investasi. Lalu apakah syarat pinjaman KUR Bank BSI harus menggunakan jaminan?

Pada website resmi bankbsi.co.id tidak disyarakatkan menggunakan jaminan apabila mengajukan pinjaman KUR Super Mikro dan KUR Mikro. Sedangkan untuk KUR Kecil wajib menggunakan agunan atau jaminan berupa BPKB, SHM, SHGB, AJB/Letter C.

Untuk memastikan apakah pengajuan pinjaman harus disertakan agunan atau tidak, silahkan hubungi Call Center Bank BSI di nomor 14040 atau datang langsung ke kantor cabang terdekat. Selain itu, masih ada beberapa syarat lainnya yang bisa anda simak di bawah ini.

Persyaratan Umum

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Berumur minimal 21 tahun atau sudah menikah
  3. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan
  4. Memiliki riwayat kredit perbankan yang baik
  5. Tidak sedang memiliki pinjaman perbankan di bank lain ataupun di Bank BSI, kecuali KPR dan KKB

Persyaratan Dokumen

  1. Fotocopy Kartu Tanpa Penduduk (eKTP)
  2. Fotocopy Kartu Keluarga dan Akta Nikah bagi nasabah yang sudah menikah
  3. Bukti legalitas usaha minimal Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan ataupun instansi terkait lainnya
  4. Untuk pengajuan KUR Kecil harus menyertakan fotocopy NPWP
  5. Fotocopy dokumen agunan

Pastikan semua persyaratan sudah lengkap jika ingin mengajukan pinjaman KUR Bank BSI. Kemudian bagaimana dengan prosedur pengajuan pinjaman tersebut?

Cara Pengajuan KUR BSI

Cara Pengajuan Pinjaman KUR Bank BSI

Proses pengajuan pinjaman KUR Bank BSI bisa dilakukan secara langsung melalui kantor cabang terdekat. Jangan lupa untuk membawa semua syarat pengajuan pinjaman KUR Bank BSI yang kami sampaikan di atas agar pengajuan pinjaman bisa langsung diproses.

Nantinya dari pihak Bank akan meninjau semua persyaratan yang sudah anda persiapkan. Setelah itu tinggal mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan. Jika semua persyaratan terpenuhi maka nantinya akan ada petugas yang akan meninjau lokasi usaha.

Jika usaha yang dijalani layak mendapatkan pinjaman dan riyawat kredit nasabah tergolong baik maka pengajuan bisa disetujui.  Proses ini mungkin butuh waktu lebih dari satu minggu sampai dana cair ke rekening nasabah.

Mengingat pinjaman ini berbasis syariah, maka akan menggunakan akad pinjam meminjam sesuai dengan syariah islam. Dimana akad yang digunakan adalah Murabahan dan Ijarah untuk KUR Super Mikro dan KUR Mikro.

Sedangkan untuk KUR Kecil menggunakan akad Murabahah, Ijarah, dan MMQ. Akad tersebut bisa menjadi bukti bahwa ada kesepakatan antara nasabah dan pihak Bank terkait dengan margin pinjaman yang setara 6% per tahun.

Margin pinjaman tersebut setara dengan bunga KUR dari Bank BRI, BNI, Mandiri ataupun bank lainnya. Dengan margin tersebut maka angsuran KUR Bank BSI bisa menjadi lebih ringan dibanding pinjaman lainnya yang sama-sama berbasis syariah.

Biaya dan Tarif

Nah yang membedakan antara pinjaman KUR Bank BSI dengan pinjaman bank lainnya adalah tidak dikenakan bungan. Selain itu, nasabah tidak dikenakan biaya administrasi dan biaya provisi sehingga bisa mendapatkan dana pinjaman secara utuh, tanpa adanya potongan.

Kemudian untuk masalah pembayaran angsuran akan langsung dipotong dari rekening nasabah setiap bulannnya. Pastikan ada dana yang mencukupi untuk membayar angsuran KUR Bank BSI. Lalu bagaimana jika telat bayar angsuran?

Bagi yang telat bayar angsuran mungkin akan dikenakan denda. Namun untuk masalah denda kami sarankan untuk bertanya langsung ke petugas Bank BSI melaui call center 14040 atau datang langsung ke kantor cabang.

Kesimpulan

Sebagai Bank Syariah terbesar di Indonesia, Bank BSI menawarkan beragam produk perbankan sesuai prinsip syariah. Dengan adanya prinsip sesuai ajaran Agam Islam tersebut maka nasabah bisa terhindar dari RIBA.

Riba atau tidaknya, biar Tuhan yang menentukan. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti setiap ajaran Agam Islam. Salah satu caranya adalah dengan mengajukan pinjaman KUR Bank BSI.

Syarat pinjaman KUR Bank BSI yang mudah dan sesuai prinsip syariah menjadikan pinjaman ini sebagai solusi paling tepat untuk mendapatkan modal kerja ataupun modal investasi.

Apabila masih ada pertanyaan terkait pinjaman ini, silahkan simak informasi berikut.

Apakah Pinjaman KUR Bank BSI Dikenakan Bunga?

Tidak, sebagai gantinya adalah margin pinjaman setara 6% per tahun

Berapa Maksimal Pinjaman KUR Bank BSI?

Untuk Kredit Super Mikro mencapai Rp. 10 Juta. Sedangkan KUR Mikro mulai dari Rp. 10-50 Juta. Lalu untuk KUR Kecil mulai dari Rp. 50-500 Juta

Berapa Lama Jangka Waktu Pinjaman KUR Bank BSI?

Untuk tujuan Kredit Kerja memiliki jangka waktu pinjaman 3-4 Tahun. Sedangkan Kredit Investasi mencapai 5 Tahun

Apakah KUR Bank BSI Harus Memiliki Jaminan?

Tergantung dari kebijakan Bank BSI. Apabila membutuhkan jaminan maka bisa menggunakan BPKB Kendaraan bermotor atau Sertifikat Tanah SHM, SHGB, AJB/Letter C

Apakah Pinjaman KUR BSI Bebas Riba?

Yah, karena Bank BSI menggunakan prinsip syariah dengan akad Murabahah, Ijarah, dan MMQ

Setelah mengetahui semua syarat pinjaman KUR Bank BSI dan beragam hal lainnya, maka sekarang anda tinggal mengajukan pinjaman ini ke kantor cabang terdekat atau melakukan registrasi secara online melalui website bankbsi.co.id.

Cukup sekian informasi cicilan.id pada kesempatan kali ini. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi nasabah Bank BSI yang tertarik mengajukan pinjaman KUR. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Cek Saldo Permata Bank Lewat HP dan beragam aritkel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *