Lompat ke konten
Beranda » news » 3 Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee Terbaru

3 Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee Terbaru

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee Terbaru

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee memang perlu diketahui bagi para pengguna Shopee. Dengan mengetahui caranya, maka pengguna Shopee tidak akan kebingungan ketika akan mengajukan pengembalian dana tersebut.

Pengajuan pengembalian dana di Shopee biasanya terjadi karena ada banyak masalah, seperti barang yang tidak sesuai, barang yang diterima rusak, pesanan tidak sampai dan masih banyak masalah lainnya.

Kemudahan menggunakan shopee membuat pengguna shopee memang sulit berpindah ke toko online lainnya. Bahkan Cara Bayar Shopee Lewat OVO juga sekarang sudah bisa menjadi opsi yang menarik

Nah, bagi yang sedang mengalami masalah tersebut ketika belanja di Shopee maka penting untuk mengetahui cara pengajuan pengembalian dana di Shopee seperti yang akan dijelaskan pada ulasan berikut ini.

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee

Cara Mengajukan Pengembalian Dana di ShopeeAda beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajukan pengembalian dana di Shopee. Cara tersebut tergantung kondisi pesanan, yaitu apabila Barang belum dikirim, Barang sudah dikirim dan Barang sudah diterima.

Dengan kondisi tersebut, maka cara pengembalian dana-nya pun berbeda. Agar lebih jelas, silakan simak cara-cara pengembalian dana di Shopee bisa ikuti langkah Cicilan.id berikut ini.

1. Cara Pengajuan Pengembalian Dana Shopee Jika Barang Belum Dikirim

Cara mengajukan pengembalian dana Shopee yang pertama yaitu jika kondisi barang belum dikirim. Jika mengalami hal yang demikian, maka cara mengajukan pengembalian dana Shopee-nya adalah seperti berikut ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee dan silakan masuk ke akun.
  2. Jika sudah masuk pada halaman utama Shopee, selanjutnya pilih menu “Saya” yang terletak dipojok kanan sebelah bawah.
  3. Kemudian dibawah menu “Pesanan Saya” terdapat opsi “Dikemas“, pilihlah opsi tersebut.
  4. Setelah itu akan muncul barang yang sudah dipesan dengan rincian yang sangat detail.
  5. Selanjutnya, silakan scroll kebawah hingga menemukan menu “Batalkan Sekarang” kemudian pilih menu tersebut jika sudah yakin untuk membatalkan pesanan.
  6. Setelah itu, pilih alasan pembatalan lalu pilih “Ajukan Pembatalan“.
  7. Kemudian pilih “Konfirmasi” dan tunggu respon dari penjual.
  8. Jika penjual tidak merespon hingga batas waktu pengiriman barang berakhir, maka pembatalan akan terjadi secara otomatis.
  9. Apabila pembatalan pesanan terjadi secara otomatis, maka dana yang sudah dibayarkan akan dikembalikan lebih cepat.

2. Cara Pengajuan Pengembalian Dana Shopee Jika Barang Sudah Dikirim

Cara selanjutnya untuk mengajukan pengembalian dana Shopee bisa dilakukan jika kondisi barang sudah dikirim. Pengajuan pengembalian dana Shopee dalam kondisi seperti ini, cara melakukannya adalah sebagai berikut.

  1. Silakan buka aplikasi Shopee yang sudah terinstal di Smartphone atau perangkat lainnya.
  2. Kemudian Login untuk masuk ke akun lalu pilih menu “Saya” pada tampilan utama yang terletak dipjok kanan sebelah bawah.
  3. Setelah itu akan muncul tampilan “Pesanan Saya” dengan beberapa opsi yang terdapat dibawahnya.
  4. Pilihlah opsi “Dikirim” lalu pilih pesanan yang akan diajukan pengembalian dana-nya.
  5. Jika sudah, maka tinggal pilih “Ajukan Pengembalian” pada pojok kiri bagian bawah.
  6. Silakan masukkan alasan kenapa ingin mengajukan pengembalian dana di Shopee.
  7. Setelah itu tinggal tunggu respon dari penjual.
  8. Jika barang sudah dalam proses kirim, biasanya penjual akan menolak pengajuan pengembalian dana tersebut.
  9. Dengan demikian, pengajuan pengembalian dana seperti ini sebaiknya dikomunikasikan terlebih dahulu secara personal dengan pihak penjual.

3. Cara Pengajuan Pengembalian Dana Shopee Jika Barang Sudah Diterima

Jika barang sudah diterima, namun barang tidak sesuai dengan deskripsi atau lainnya maka jangan buru-buru memilih tombol “Pesanan Diterima“. Hal ini untuk memudahkan proses pengembalian dana yang sudah dibayarkan.

Silakan Chat atau hubungi penjual terlebih dahulu, siapa tahu penjual sedang banyak pekerjaan atau hal lainnya yang menyebabkan tidak fokus terhadap barang yang dipesan. Lakukan pengajuan pengembalian dana dengan bahasa yang sopan dan jangan terbawa emosi, nantinya penjual bisa menanggapi pengajuan pengembalian dana tersebut dengan lebih baik.

Cara Memasukkan Dana yang Dikembalikan Shopee

Jika pengajuan pengembalian dana Shopee berhasil dilakukan, selanjutnya tinggal pilih dana tersebut akan dimasukkan kemana. Ada dua pilihan yang bisa digunakan, yaitu bisa dimasukkan ke rekeining ataupun ke akun ShopeePay.

Dari kedua pilihan tersebut bisa digunakan sesuai dengan keinginan pengguna. Adapun cara untuk memasukkan dana yang dikembalikan Shopee adalah sebagai berikut.

1. Pengembalian Dana Shopee ke Rekening

Untuk memasukkan dana yang dikembalikan Shopee ke rekening, syaratnya adalah nomor rekening tersebut sudah terdaftar di akun Shopee. Dengan memasukkan dana pengembalian Shopee ke rekening, pengguna bisa melakukan penarikan dana lewat ATM jika sewaktu-waktu membutuhkan dana tunai.

Apabila sudah mendaftarkan nomor rekening di akun Shopee, maka tinggal ikuti langkah-langkah berikut untuk memasukkan dana yang dikembalikan Shopee ke rekening.

  • Pertama, silakan buka Aplikasi Shopee.
  • Jika sudah Login, maka akan muncul tampilan utama Shopee kemudian pilih menu “Saya“.
  • Selanjutnya pilih menu “Pengaturan” dilanjut dengan memilih “Kartu / Rekening Bank“.
  • Kemudian pilih “Tambah Rekening Bank” dan masukkan semua data-data yang diminta oleh pihak Shopee.
  • Jika semua sudah dimasukkan dengan benar kemudian pilih “Selanjutnya“.
  • Setelah itu, silakan ikuti proses berikutnya hingga selesai.

2. Pengembalian Dana Ke ShopeePay

Bagi pengguna Shopee yang tidak memiliki rekening, maka jangan khawatir dana yang dikembalikan Shopee akan masuk kemana. Dana yang dikembalikan oleh Shopee biasanya akan secara otomatis masuk ke ShopeePay.

Namun untuk menggunakan ShopeePay, syaratnya harus melakukan aktivasi terlebih dahulu. Jika dana yang dikembalikan Shopee masuk ke ShopeePay, maka dana tersebut bisa langsung digunakan untuk berbelanja kebutuhan lainnya di Shopee.

Akhir Kata

Itulah cara pengajuan pengembalian dana di Shopee yang bisa dilakukan. Cara pengembalian dana tersebut juga mudah dilakukan tergantung pada kondisi pesanan di Shopee.

Jika pengajuan pengembalian dana Shopee berhasil, maka dana tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya sesuai dengan keinginan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ketahui juga Cara Kredit HP di Shopee Pada informasi sebelumnya dari Cicilan.