37 Syarat Buka Rekening BCA 2024 : Biaya & Setoran Awal

Ada jutaan nasabah Bank BCA yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kesuksesan ini tak lepas dari inovasi Bank BCA dalam menghadirkan layanan perbankan terbaik kepada seluruh nasabahnya. Nah bagi anda yang tertarik menjadi nasabah BCA, silahkan simak informasi syarat buka rekening BCA pada artikel cicilan.id di bawah ini.

Persyaratan buka rekening BCA tergantung jenis tabungan yang dililih. Ada lebih dari lima jenis tabungan yang disediakan Bank BCA. Anda tinggal memilihnya sesuai kebutuhan transaksi dan fasilitas perbankan yang nantinya didapatkan.

Bank BCA menyediakan beragam fasilitas perbankan yang memudahkan nasabah bertransaksi. Salah satunya adalah Mobile Banking (M-Banking). Melalui fasilitas perbankan tersebut, nasabah BCA bisa bertransaksi lewat hp menggunakan aplikasi BCA Mobile. Selain itu, tersedia pula fasilitas Internet Banking, SMS Banking, dan masih banyak lagi lainnya.

Bisa dikatakan salah satu keuntungan membuka rekening BCA adalah mendapatkan fasilitas perbankan yang lengkap. Apalagi Bank BCA memiliki jaringan ATM yang sangat luas dan tesebesar di seluruh Indonesia sehingga semua transaksi bisa dilakukan secara mudah dan cepat.

Untuk mendapatkan semua fasilitas perbankan tersebut, maka anda harus terlebih dahulu membuka rekening Bank BCA. Cara membuatnya sangat mudah. Anda bisa membuatnya secara online atau datang langsung ke kantor cabang terdekat. Namun sebelum itu, silahkan persiapkan terlebih dahulu syarat buka rekening BCA berikut ini.

Syarat Buka Rekening Bank BCA

Persyaratan Buka Rekening Bank BCA

1. Tahapan BCA

Tahapan BCA adalah produk tabungan yang menawarkan kemudahan transaksi dengan berbagai layanan perbankan yang disediakan Bank BCA. Bagi yang tertarik membuat tabungan ini maka harus menyiapkan biaya setoran awal minimum Rp. 500.000. Biayanya memang cukup mahal, namun nasabah Tahapan BCA akan mendapatkan limit transaksi yang sebanding dengan biaya tersebut.

Syarat buka rekening Tahapan BCA sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kartu identitas berupa KTP atau NPWP sebagai syarat utama. Sedangkan syarat lainnya hanya perlu membayar biaya setoran awal. Setelah itu anda bisa langsung melakukan pembukaan rekening secara online atau lewat kantor cabang.

Selain persyaratan di atas, masih ada syarat lainnya yang bisa anda simak berikut ini.

  1. Calon nasabah adalah perorangan atau yayasan
  2. Memiliki kartu identitas berupa eKTP atau Paspor bagi WNA
  3. NPWP (Jika Memiliki)
  4. Setoran Awal Minimum Rp. 500.000
  5. Setoran Minimum Selanjutnya Rp. 50.000
  6. Saldo Minimum Ditahan Rp. 50.000
  7. Saldo Rata-rata Minimum Per Bulan Rp. 100.000

Nah itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syaratnya sangat simple karena sejatinya hanya butuh kartu identitas (KTP). Kemudian bagaimana dengan biaya administrasi yang dibebankan setiap bulannya? Untuk biaya adminstrasi tergantung jenis kartu debit yang dipilih pada saat membuka rekening.

Setiap jenis kartu debit (kartu atm) memiliki biaya admin berbeda-beda. Bank BCA juga menyediakan kartu debit berlogo Mastercard dan GPN yang otomatias mempengaruhi biaya admin yang harus dibayarkan setiap bulannya. Dimana biayanya adalah sebagai berikut

JENIS KARTU DEBIT  BIAYA ADMIN PER BULAN
Paspor BCA Mastercard Blue Rp. 10.000
Paspor BCA Mastercard Gold Rp. 17.000
Paspor BCA Mastercard Platinum Rp. 20.000
Paspor BCA GPN Blue Rp. 14.000
Paspor BCA GPN Gold Rp. 16.000
Paspor BCA GPN Platinum Rp. 19.000

2. Tahapan Xpresi

Syarat Membuat ATM BCA

Tabungan Tahapan Xpresi merupakan salah satu produk unggulan Bank BCA. Kelebihan tabungan ini adalah memiliki biaya admin bulanan yang terjangkau dan syarat buka rekening yang mudah. Untuk membuka rekening Tahapan Xpresi, anda hanya perlu membayar setoran awal minimum sebesar Rp. 50.000.

Menariknya lagi, tabungan Tahapan Xpresi tersedia untuk semua umur. Anda bisa membuka rekening Tahapan Xpresi untuk anak usia di bawah 12 tahun ataupun usia yang lebih dewasa. Tentu syaratnya berbeda dan untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

1. Usia Lebih dari 17 Tahun

  1. Identitas Diri Asli (KTP/Paspor)
  2. NPWP (jika ada)

2. Usia 12-17 Tahun

  1. Kartu Pelajar Asli/Surat Keterangan dari Sekolah Asli)
  2. Identitas Diri salah satu Orang Tua (KTP/Paspor)
  3. Membawa NPWP salah satu Orang Tua (Jika Ada)
  4. Surat Persetujuan salah satu Orang Tua untuk Pembukaan Rekening
  5. Formulir Data Nasabah Perorangan (untuk data salah satu Orang Tua)

3. Usia di Bawah 12 Tahun

  1. Identitas Diri salah satu Orang Tua (KTP/Paspor) Asli
  2. Akte Kelahiran Anak/Kartu Keluarga/Kartu Identitas Anak
  3. NPWP salah satu Orang Tua (Jika Ada)

Bagi yang tertarik membuat rekening untuk anak maka Tahapan Xpresi merupakan pilihan paling tepat. Apalagi syarat buka rekening BCA ini sangat mudah dan didukung setoran awal ringan serta biaya adminstrasi terjangkau. Adapun biayanya sialhkan simak di bawah ini.

Keterangan Biaya
Setoran Awal Minimum Rp. 50.000
Setoran Minimum Selanjutnya Rp. 50.000
Saldo Minimum Ditahan Rp. 10.000
Biaya Administrasi Per Bulan Rp. 7.500
Penutupan Penutupan Rekening Rp. 10.000

3. Tahapan Gold

Persyaratan Buka Rekening BCA

Bank BCA menyediakan produk tabungan yang dikhususkan untuk para pebisnis. Tabungan tersebut adalah Tahapan Gold. Kelebihan tabungan ini adalah memiliki limit transaksi lebih besar dibanding tabungan BCA lainnya sehingga cocok bagi para pebisnis yang selalu melakukan transaksi setiap harinya.

Selain limit transaksi lebih besar, nasabah Tahapan Gold juga mendapatkan informasi mutasi rekening lebih lengkap berisi nominal transaksi, saldo, nama penerima & pengirim serta informasi pembayaran dan berita. Tak hanya itu, nasabah juga mendapatkan layanan info via SMS dan email.

Dengan semua keuntungan di atas maka Tahapan Gold merupakan solusi paling tepat untuk kebutuhan bisnis. Lalu apa saja syarat buka rekening tabungan BCA tersebut? Untuk mengetahui syaratnya silahkan simak di bawah ini

  1. Berusia lebih dari 17 Tahun atau sudah Menikah
  2. Warga Negara Indonesia
  3. Membawa identitas diri asli (KTP/Paspor)
  4. Membawa NPWP
  5. Setoran Awal Minimum Rp. 10.000.000
  6. Setora minimum selajutnya Rp. 50.000
  7. Saldo minimum ditahan Rp. 50.000
  8. Saldo rata-rata minimum per bulan Rp. 10.000.000

Yah, anda harus menyiapkan uang minimal Rp. 10 Juta sebagai salah satu syarat buka rekening BCA Tahapan Gold. Syaratnya cukup memberatkan bagi sebagian besar orang. Oleh karena itulah tabungan ini hanya dikhususkan untuk para pebisnis atau kalangan profesional. Kemudian untuk masalah biaya admin perbulan silahkan simak tabel berikut ini.

JENIS KARTU DEBIT  BIAYA ADMIN PER BULAN
Paspor BCA Blue Rp. 10.000
Paspor BCA Gold Rp. 17.000
Paspor BCA Platinum Rp. 20.000

4. Simpanan Pelajar

Selain tabungan Tahapan BCA Xpresi, Bank BCA juga menyediakan produk tabungan yang dikhususkan untuk pelajar. Tabungan tersebut bernama Simpanan Pelajar (Simpel). Kelebihan tabungan ini adalah bebas administrasi bulanan dan setoran awal hanya Rp. 5.000. Lalu apa saya syarat buka rekening BCA tersebut? Untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

Usia 12 – 17 Tahun

  1. Kartu Pelajar Asli/Surat Keterangan dari Sekolah Asli
  2. Identitas diri salah satu Orang Tua (KTP/Paspor)
  3. Membawa NPWP salah satu Orang Tua (Jika Ada)
  4. Surat Persetujuan salah satu Orang Tua untuk Pembukaan Rekening
  5. Formulir Data Nasabah Perorangan (untuk data salah satu Orang Tua)

Usia di Bawah 12 Tahun  

  1. Identitas Diri salah satu Orang Tua (KTP/Paspor) Asli
  2. Akte Kelahiran Anak/Kartu Keluarga/Kartu Identitas Anak
  3. NPWP salah satu Orang Tua (Jika Ada)
  4. Kartu Pelajar (Jika Ada)
  5. Formulir Data Nasabah Perorangan (untuk data salah satu Orang Tua)

Tabungan BCA Simpanan Pelajar bisa sebagai sarana edukasi untuk mengajari anak menabung sejak dini. Proses pembukaan rekening Simpel bisa dilakukan di kantor cabang atau di sekolah yang telah bekerjasama dengan Bank BCA.

Menariknya, tabungan BCA ini bebas biaya administrasi bulanan dan saldo yang mengendap cuma Rp. 5.000. Kemudian untuk biaya lainnya silahkan simak tabel berikut ini.

Keterangan Biaya
Setoran Awal Minimum Rp. 5.000
Setoran Minimum Selanjutnya Rp 1.000
Saldo Minimum Ditahan Rp 5.000
Biaya Administrasi Per Bulan Gratis
Saldo Maksimum Rp 20.000.000

5. TabunganKu

Bagi yang mencari tabungan bebas biaya admin bulanan maka bisa memilih tabungan BCA TabunganKu. Nasabah TabunganKu tidak akan dikenakan biaya admininstrasi bulanan sehingga bisa berkonsentrasi menabung tanpa perlu takut saldo terpotong. Syarat buka rekening BCA ini juga sangat mudah. Dimana syaratnya adalah sebagai berikut.

  1. Rekening TabunganKu hanya dalam bentuk Rupiah
  2. Rekening ini hanya tersedia untuk nasabah perorangan
  3. Saldo minimum yang ditahan sebesar Rp. 20.000
  4. Tidak diperbolehkan membuka rekening joint account
  5. Setoran awal minimum Rp. 20.000
  6. Biaya penutupan rekening Rp. 20.000
  7. Gratis biaya admin bulanan

Setoran awal rekening BCA ini hanya sebesar Rp. 20 Ribu sehingga tidak memberatkan nasabah yang tertarik membuat rekening TabunganKu. Selain mendapatkan buku tabungan, nasabah TabunganKu juga mendapatkan kartu ATM yang bisa digunakan untuk bertransaksi di semua gerai ATM BCA.


Kesimpulan

Masih ada beberapa jenis tabungan yang disediakan Bank BCA seperti Tabungan Berjangka, Laku, Deposito, Tapres, dll. Siilahkan datang langsung ke kantor cabang terdekat atau membuka website resmi bca.co.id agar bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai syarat buka rekening BCA.

Cukup sekian informasi cicilan.id pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang tertarik membuat tabungan BCA. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA dan beragam artikel perbankan lainnya.

Alecia

Founder dan CEO cicilan.id yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di Bank Swasta dan mengetahui seluk beluk dunia pinjaman di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *