4 Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Yang Sudah Dibayar

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Yang Sudah Dibayar memang wajib di lakukan untuk mengetahui pembayaran sudah masuk atau belum. Ada beberapa cara untuk mengetahui tagihan sudah dibayarkan atau belum secara online maupun offline.

Mengecek tagihan listrik pada bulan lalu yang sudah dibayar memang perlu dilakukan. Apalagi jika saat membayar listrik tiba-tiba tagihannya membengkak yang berbeda dari bulan sebelumnya sehingga membuat kita penasaran dan ingin membandingkan dengan tagihan listrik bulan sekarang.

Selain itu, pelanggan juga perlu mengecek jumlah KWH listrik yang dipakai untuk membandingkan lebih banyak penggunaan pada bulan sebelumnya atau pada bulan sekarang sehingga para pelanggan PLN bisa mengevaluasi apa yang menyebabkan tagihan listrik menjadi bengkak.

Kemudahan dalam melakukan pembayaran tagihan listrik memang sudah mengikuti jaman, seperti contoh Bayar Tagihan Listrik Lewat ATM Mandiri bisa dengan beberapa langkah. Nah, bagi pelanggan yang ingin mengetahui cara-cara untuk mengecek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar maka bisa simak ulasan berikut ini.

Ada beberapa cara untuk digunakan dalam mengecek tagihan listrik yang sudah dibayar pada bulan lalu. Cara-caranya juga mudah untuk dilakukan, cukup menggunakan Smartphone dan pelanggan tidak perlu datang ke kantor PLN untuk mengeceknya sehingga jika ingin mengecek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Tutorial Cara Cek Tagihan Listrik

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Yang Sudah DibayarCara-cara tersebut bisa dilakukan menggunakan aplikasi PLN Mobile, Melalui Website, Melalui SMS ataupun Telepon. Nah, daripada penasaran dengan cara-cara untuk mengecek tagihan listrik tersebut, maka bisa ikuti cara-cara dari CICILAN.ID berikut ini.

1. Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Cara Cek Tagihan Listrik Bulan Lalu Yang Sudah Dibayar Atau BelumCara yang pertama untuk mengecek tagihan listrik yang sudah dibayar pada bulan lalu yaitu bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile. Untuk menggunakan cara ini syaratnya harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu dengan mengunduhnya di PLay Store ataupun App Store tergantung Smartphone yang digunakan.

Setelah berhasil mengunduhnya kemudian lakukan registrasi untuk membuat akun pada aplikasi tersebut dengan memasukkan nomor ID pelanggan, email dan juga nomor HP. Jika pembuatan akun sudah berhasil, maka tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengecek tagihan listrik yang sudah dibayar pada bulan sebelumnya.

  1. Pertama buka aplikasi PLN Mobile.
  2. Setelah itu login untuk masuk ke halaman utama aplikasi.
  3. Jika sudah berhasil masuk, selanjutnya pilih menu “Informasi“.
  4. Lalu pilih menu “Informasi Tagihan dan Token Listrik“.
  5. Kemudian pada menu tersebut muncul kolom untuk diisi ID Pelanggan.
  6. Jika ID Pelanggan sudah dimasukkan dengan benar, selanjutnya tinggal pilih “Cek Tagihan“.
  7. Kemudian pada aplikasi tersebut nantinya akan menampilkan status tagihan listrik beserta besaran nominalnya.

2. Melalui Website

PLN OnlineSelanjutnya yaitu menggunakan website resmi PLN untuk mengecek berapa tagihan listrik yang sudah dibayar pada bulan lalu. Dengan cara ini, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu sehingga akan lebih mudah untuk mengeceknya.

Cukup dengan buka browser kemudian masuk ke website resmi PLN lalu ikuti arahannya sampai mendapatkan informasi tagihan listrik tersebut. Agar lebih jelas, ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, silakan buka website resmi PLN dengan mengetik “https://pelanggan.pln.co.id/infohistorypln.html“.
  2. Selanjutnya lakukan pendaftaran untuk membuat akun baru dengan mengisi Nama, Alamat Email yang masih aktif, Nomor HP dan ID Pelanggan atau Nomor meteran.
  3. Setelah itu buatlah sandi dengan kombinasi angka dan huruf minimal sebanyak 8 karakter lalu masukkan kembali kata sandi tersebut untuk konfirmasi.
  4. Kemudian centang kotak kecil pada bagian bawah kata sandi untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
  5. Jika sudah kemudian pilih “Daftar“.
  6. Setelah itu untuk melanjutkan registrasi, pelanggan PLN akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui email.
  7.  Apabila pendaftaran akun sudah selesai maka tinggal Login dengan memasukkan alamat email dan password kemudian isi kata sesuai yang ada pada gambar.
  8. Jika sudah kemudian tinggal pilih “Masuk” lalu pilih menu “Informasi tagihan listrik / pembelian token” yang terletak dipojok kiri bagian atas.
  9. Setelah itu nantinya akan muncul informasi tagihan listrik dibulan lalu sampai dengan 6 bulan kebelakang yang berupa rincian “Tanggal pembayaran jumlah KWH” serta “Denda” jika ada.
  10. Jika ingin melihat lebih detail lagi rincian tagihannya maka bisa pilih “Info tagihan” pada kolom paling kanan.
  11. Setelah itu akan muncul total semua tagihan seperti RP PTL (Rupiah Pemakaian Tenaga Listrik) dan RP PPJ (Rupiah Pajak Penerangan Jalan). Jadi total tagihan listrik yang harus dibayar adalah jumlah RP PTL ditambah dengan RP PPJ maka akan ketemu hasil tagihan listriknya.
  12. Selesai.

3. Telepon ke Call Center PLN di 123

Call Center PLNCara cek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar juga bisa dilakukan melalui telepon. Dengan melalui telepon, pelanggan PLN bisa mengetahui apakah tagihan listrik yang sudah dibayar pada bulan lalu.

Caranya adalah dengan menghubungi Call Center PLN di 123, namun sebelum melakukan panggilan ke call center 123 sebaiknya masukkan kode area terlebih dahulu agar CS bisa memproses pengecekkan, misalkan kode area Semarang adalah 0274 maka cara melakukan panggilannya

adalah (0274) 123 kemudian tunggu hingga terhubung dengan CS. Jika sudah terhubung, maka bisa sampaikan bahwa akan mengecek tagihan listrik PLN yang sudah dibayar pada bulan lalu dan selanjutnya pelanggan akan menapatkan informasi secara detail dari pihak CS PLN.

4. Melalui SMS ke 8123

SMS PLNCara yang terakhir yaitu bisa melalui SMS untuk mengecek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar. Caranya cukup dengan ketik REK <spasi> Nomor ID pelanggan kemudian kirim ke 8123 kemudian tinggal tunggu hingga mendapat SMS balasan dari PLN.

Setelah mendapatkan SMS balasan kemudian buka SMS tersebut yang berisi informasi tentang tagihan listrik secara detail. Tarif yang diberikan untuk melakukan SMS ini akan dikenakan tarif sebesar Rp500/ SMS.

Akhir Kata

Itulah cara-cara yang bisa dicoba untuk mengecek tagihan listrik yang sudah dibayar pada bulan lalu. Dari beberapa cara yang sudah disebutkan diatas, pelanggan PLN bisa memilih mana cara yang paling efektif untuk mengecek tagihan listrik yang sudah dibayar pada bulan lalu.

Selain itu dengan adanya cara-cara tersebut, para pelanggan PLN jadi bisa mengontrol pemakaian listriknya agar tidak membengkak saat pembayaran. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ketahui juga “Penyebab Pengajuan KUR BRI Ditolak dan Solusinya” yang mungkin bermanfaat saat pengajuan KUR BRI kamu di tolak.

Restiana Dewi

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *