6 Cara Mendapatkan mToken BTN & Aktivasi Terbaru

Setiap nasabah Bank BTN pastinya akan diberikan fasilitas layanan berupa Internet Banking yang berguna untuk melakukan transaksi secara online. Nah untuk menikmati layanan tersebut, nasabah BTN harus mendapatkan mToken terlebih dahulu agar proses transaksi menggunakan Internet Banking bisa berjalan dengan lancar.

Apa itu mToken? mToken merupakan nomor unik yang bersifat sangat rahasia dan hanya nasabah yang bersangkutan saja yang berhak mengetahuinya karena nomor unik ini berfungsi sebagai pengaman tambahan pada setiap transaksi keuangan. Selain itu mToken juga terbatas waktunya sehingga harus cepat digunakan untuk melakukan transaksi, jika tidak maka harus mengulanginya lagi dari awal.

Dengan adanya mToken ini, nasabah BTN bisa melakukan transaksi seperti, transfer, pembelian, pembayaran cek saldo dan lainnya dengan mudah melalui Internet Banking. Kemudahan ini hampir sama dengan Cara Daftar M-Banking BTN Online tanpa harus ke Bank.

Namun, mToken BTN terkadang tidak bisa masuk kedalam HP yang digunakan karena ada penyebab yang menjadikan mToken BTN tidak bisa masuk kedalam HP tersebut sehingga akan membuat bingung saat akan memasukkan mToken tersbut pada kolom yang sudah tersedia. Beberapa penyebab tersebut adalah sebagai berikut.

  • Terdapat gangguan jaringan atau ada maintenance dari pihak BTN.
  • Nomor HP yang digunakan pada saat melakukan registrasi Internet Banking BTN berbeda dengan yang terpasang pada HP nasabah.
  • Pulsa di nomor HP yang digunakan untuk registrasi kurang dari Rp500,- sedangkan untuk setiap mToken yang dikirimkan memiliki biaya Rp500,-/SMS.

Ketentuan Menggunakan mToken

Cara aktivasi mToken BTNUntuk mendapatkan mToken, nasabah harus melakukan registrasi dan juga aktivasi mToken terlebih dahulu yang bisa dilakukan di kantor cabang BTN terdekat. Setiap ada permintaan mToken maka sistem akan mengirimkan SMS yang berisi mToken kepada nomor HP yang didaftarkan pada saat registrasi.

Namun, ada hal yang harus diketahui bahwa satu mToken hanya bisa digunakan untuk 1x transaksi, kecuali pada pembayaran kolektif seperti pembayaran BPJS. Selain itu, mToken juga memiliki masa berlaku yang terdapat di SMS Stok mToken.

Tidak hanya itu saja, setiap melakukan permintaan mToken maka mToken sebelumnya akan hangus dan tidak bisa digunakan kembali. Saat memasukkan mToken juga harus selalu diperhatikan jangan sampai salah sebanyak 3x karena jika sampai salah sebanyak 3x maka secara otomatis User ID akan terblokir.

Nah jika ingin menggunakannya kembali maka nasabah harus menghubungi Call Center BTN atau datang langsung ke kantor cabang BTN untuk membuka blokir tersebut. Perlu kamu ketahui bahwa satu nomor HP hanya bisa digunakan untuk satu User ID sehingga usahakan untuk selalu menggunakan nomor HP tersebut agar transaksi bisa dilakukan dengan lancar.

Cara Mendapatkan mToken BTN

Cara Mendapatkan mToken BTN TerbaruAda beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan mToken BTN. Cara mendapatkan mToken BTN adalah dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di kantor cabang BTN.

Selain itu sebelum melakukan registrasi, siapkan terlebih dahulu beberapa dokumen pendukung seperti, Buku Tabungan BTN, KTP dan juga kartu ATM. Bagi nasabah BTN yang ingin melakukan registrasi mToken BTN maka bisa ikuti langkah-langkah CICILAN.ID berikut ini.

  1. Pertama, datang langsung ke kantor cabang Bank BTN terdekat.
  2. Selanjutnya ambil nomor antrean pada bagian CS lalu tunggu hingga dipanggil.
  3. Setelah dipanggil kemudian menuju ke bagian CS BTN dan sampaikan bawa akan melakukan registrasi mToken BTN.
  4. Jika sudah kemudian pihak CS akan meminta beberapa dokumen seperti yang sudah disebutkan sebelumnya lalu nasabah akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran nomor HP yang akan digunakan untuk mToken Internet Banking BTN.
  5. Setelah itu kemudian CS akan melakukan registrasi mToken.
  6. Setelah proses registrasi selesai maka nasabah akan menerima SMS yang berisi nomor aktivasi mToken.

Cara Aktivasi mToken BTN

Jika sudah berhasil mendapatkan nomor untuk aktivasi mToken BTN maka segera lakukan aktivasi mToken BTN melalui Internet Banking. Jika mToken BTN berhasil diaktifkan maka sudah bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi.
Bagi yang ingin tahu cara mengaktifkan mToken BTN maka bisa simak cara-cara berikut ini.

  1. Pertama buka Internet Banking BTN dan lakukan login.
  2. Setelah berhasil masuk ke halaman utama Internet Banking kemudian cari menu untuk aktivasi mToken.
  3. Jika sudah ketemu maka tinggal masukkan nomor aktivasi mToken BTN sesuai dengan nomor yang diterima melalui SMS.
  4. Pastikan saat memasukkan nomor aktivasi mToken sudah benar. Jika sudah benar maka tinggal pilih “Kirim“.
  5. Setelah itu nasabah akan mendapatkan notifikasi jika proses aktivasi mToken sudah berhasil.

KESIMPULAN

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan mToken BTN. Dengan adanya cara tersebut, nasabah BTN bisa mempersiapkan terlebih dahulu dokumen yang diperlukan untuk melakukan registrasi mToken BTN.

Jika mToken sudah berhasil didapatkan maka nasabah sudah bisa melakukan berbagai transaksi melalui Internet Banking dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ketahui juga “Cara Menonaktifkan Shopee Paylater” pada artikel cicilan.id sebelumnya.

Restiana Dewi

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *