Lompat ke konten

5 Penyebab Pinjaman BRI Ceria Ditolak dan Solusinya

Pinjaman BRI Ceria Ditolak

Bank BRI memiliki produk pinjaman digital bernama BRI Ceria. Pinjaman ini bisa digunakan sebagia metode pembayaran di beberapa merchant seperti Tokopedia, BliBli, Bukalapak. dan berbagai merchant lainnya. Nah yang sudah mengajukan pinjaman BRI Ceri namun ditolak maka wajib mengetahui penyebabnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan pengajuan pinjaman BRI ditolak. Biasanya disebabkan oleh persyaratan tidak lengkap. Bank BRI memang memberikan persyaratan tertentu yang wajib dipenuhi agar pengajuan BRI Ceria bisa disetujui. Jika ada satu syarat yang tidak terpenuhi maka kami jamin pinjaman akan ditolak.

Asalkan semua persyaratan lengkap maka kesempatan untuk mengajukan pinjaman BRI Ceria terbuka lebar. Menariknya, Bank BRI menawarkan pinjaman dengan limit mulai dari Rp. 500 Ribu sampai dengan Rp. 20 Juta. Sedangkan untuk jangka waktu pinjaman BRI Ceria adalah 1-12 bulan. Limit yang diberikan cukup besar dan didukung suku bunga cukup rendah.

Bunga pinjaamn BRI Ceria hanya sebesar 1.42% flat per bulan atau setara 26.95% effective per tahun. Bunganya memang lebih besar jika dibanding KUR BRI. Meskipun begitu, bunga BRI Ceria tergolong cukup ringan jika dibanding pinjaman online lainnya seperti Akulaku, Home Credit, ShopeePaylater, dan masih banyak lagi lainnya.

Melalui pinjaman ini nasabah bisa mengajukan pinjaman untuk pembiyaan transaksi di berbagai merchant. Metodenya memang sama dengan ShopeePaylater, namun didukung bunga lebih rendah. Inilah alasan kenapa banyak orang lebih memilih BRI Ceria.

Bagi yang tertarik mengajukan pinjaman BRI Ceria dan ternyata ditolak jangan berkecil hati. Anda tetap bisa mengajukan pinjaman ulang dengan memenuhi semua persyaratan yang ditentukan Bank BRI. Namun sebelum itu silahkan terlebih dahulu menyimak penyebab pinjaman BRI Ceria ditolak pada artikel cicilan.id berikut ini.

Penyebab Pinjaman BRI Ceria Ditolak

Pinjaman BRI Ceria Ditolak

1. Riyawat Kredit Buruk

Bank BRI akan terlebih dahulu meninjau kelayakan nasabah dengan mengecek riyawat kredit melalui catatan SLIK OJK. Jika selama ini memiliki riyawat kredit buruk maka pengajuan BRI Ceria bisa ditolak. Bisa dikatakan inilah penyebab utama kenapa pengajuan ditolak. Jadi pastikan anda memiliki riyawat kredit yang baik sebelum mengajukan pinjaman.

SLIK OJK menjadi patokan semua pinjaman online dalam menentukan kelayakan nasabah. Semua catatan pinjaman perbankan maupun pinjaman online akan tercatat di SLIK OJK sehingga pihak bank bisa dengan mudah mengecek riyawat kredit nasabah.

2. Belum Memiliki Rekening BRI

Salah satu syarat agar bisa mengajukan BRI Ceria adalah harus memiliki rekening BRI. Bagi yang belum maka harus membuatnya terlebih dahulu. Setelah itu barulah bisa mengajukan pinjaman. Inilah yang membedakan BRI Ceria dengan pinjaman online lainnya.

Untungnya cara membuat rekening BRI sangatlah mudah. Anda tinggal datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa kartu identitas serta biaya setoran awal. Nah untuk mengetahui prosedur secara lengkap, silahkan simak pada artikel berikut “Cara Buka Rekening BRI“.

3. Foto KTP Tidak Jelas.

Saat mengajukan pinjaman BRI Ceria, nasabah wajib mengupload foto KTP. Foto yang diupload harus terlihat dengan jelas agar pengajuan bisa disetujui. Selain itu, nasabah wajib menggunakan KTP sebagai bukti identitas.

Kesalahan mengupload bukti identitas juga bisa menjadi penyebab pengajuan BRI Ceria ditolak. Jadi pastikan memiliki e-KTP sebelum mengajukan pinjaman online dari Bank BRI tersebut.

4. Foto Selfie Tidak Jelas

Selain KTP, nasabah juga harus melakukan foto diri atau selfie saat mengajukan pinjaman melalui aplikasi BRI Ceria. Pastikan mengambil foto sesuai dengan frame yang tersedia. Foto juga harus terlihat jelas agar pengajuan disetujui.

Bisa saja foto selfie yang diupload kurang jelas sehingga mengakibatkan pengajuan ditolak. Nantinya pihak BRI Ceria akan mengecek, apakah foto selfie mirip dengan foto yang ada di KTP atau tidak.

5. Data Diri Kurang Lengkap atau Tidak Sesuai Identitas

Penyebab selanjutnya adalah karena data yang dimasukan kurang lengkap atau tidak sesuai dengan kartu identitas. Nantinya nasabah harus mengisi semua formulir saat mengajukan pinjaman seperti alamat, nama lengkap, tanggal lahir, dll.

Pastikan semua data yang dimasukan harus lengkap dan benar agar pengajuan bisa disetujui. Semua data harus sesuai dengan yang tertera pada kartu identitas.

Kesimpulan

BRI Ceria berbeda dengan pinjaman bank BRI lainnya. Pinjaman ini hanya dikhususkan sebagai pembayaran transaksi di e-commerce ataupun merchant lainnya yang telath bekerjasam dengan Bank BRI. Wajar apabila ada yang asabah yang pengajuannya ditolak karena berarti tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan Bank BRI.

Sebenarnya syarat pengajuan BRI Ceria cukup mudah. Yang paling penting harus memiliki rekening BRI dan memenuhi beberapa persyaratan lainnya seperti berumur minimal 21 tahun dan maksimal 50 tahun serta memiliki kartu identitas berupa e-KTP.

Apabila semua persyaratan lengkap maka kami jamin pengajuan pinjaman bisa dengan mudah disetujui. Jika ditolak maka berarti ada syarat yang tidak lengkap atau tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan bank BRI.

Nah demikianlah informasi seputar penyebab pengajuan pinjaman BRI Ceria ditolak. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda yang tertarik mengajukan pinjaman BRI Ceria. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Menyelesaikan Pinjaman Online ilegal dan beragam artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *