2 Perbandingan Bunga Kredivo VS Akulaku : Mencari Terbaik

Trend penggunaan aplikasi pinjaman online memang mengerucut pada dua nama yang paling populer yakni Kredivo dan Akulaku. Dengan ketenaran kedua tak heran jika banyak yang menanyakan Bunga Kredivo VS Akulaku yang benar.

Ada dua nama aplikasi kredit online yang populer di Indonesia yaitu, Akulaku dan Kredivo. Kedua aplikasi kredit ini sangat sengit persaingannya karena sama-sama memiliki layanan pinjaman tunai dan cicilan yang dilakukan secara online.

Selain itu, kedua aplikasi ini juga sama-sama memiliki keunggulan yaitu, pengajuan di Akulaku lebih mudah di ACC daripada di Kredivo yang menjadikan Akulaku sering dijadikan sebagai alternatif bagi yang pengajuannya ditolak oleh Kredivo. Kredivo belakangan ini juga terkenal dengan fitur Pinjaman Jumbo Kredivo yang cukup menarik.

Sedangkan Kredivo memiliki keunggulan yaitu, banyaknya Merchant yang bekerjasama dengan Kredivo dan sudah ada sekitar 1000 lebih Mercahant yang bekerjasama dengan Kredivo, baik offline maupun online.Namun, banyak yang bilang bahwa bunga kredit online lebih besar jika dibandingkan dengan bunga pinjaman di Bank. Anggapan tersebut memang benar, akan tetapi tidak semua pinjaman online menerapkan bunga yang terlalu besar.

Walaupun demikian, para konsumen juga harus tetap waspada agar tidak terjerat pinjaman online yang mencapai jutaan dan harus diteliti suku bunganya terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman serta jangan sampai memilih tempat pinjaman online yang tidak transparan mengenai bunga yang ditetapkan.

Perbedaan Bunga Kredivo VS Akulaku

Denda AkulakuSemua aplikasi pinjaman online pastinya memiliki skema sendiri-sendiri. Namun jika sudah resmi dan memiliki badan hukum yang kuat mereka jelas akan di awaso oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai lembaga resmi yang mengurusi hal tersebut di Tanah Air.

Ada beberapa perbedaan yang cukup mendasar dari Kredivo VS Akulaku yang wajib di ketahui jika akan menggunakan layanan ini. Untuk itu, dibawah ini akan dijelaskan mengenai suku bunga yang diberikan oleh Akulaku dan Kredivo, simak penjelasan CICILAN.ID berikut ini.

1. Bunga Akulaku

Dalam hal bunga yang diberikan oleh Akulaku memang belum diketahui kepastiannya, hal ini karena Akulaku tidak sepenuhnya memberikan informasi termasuk dalam hal bunga. Dalam website Akulaku pun tidak ditemukan berapa bunga yang dikenakan oleh Akulaku.

Pada Play Store memang terdapat deskripsi tentang penjelasan besaran bunga di Akulaku, namun deskripsi tersebut belum jelas kepastiannya. Aplikasi kredit yang satu ini termasuk kedalam aplikasi pinjaman online yang tidak transparan sehingga ketika menetapkan bunga yang besar ditutup-tutupi dengan informasi yang kurang jelas agar tidak terlihat besaran bunganya.

Akulaku menetapkan bunga sebesar 1,5% dari pokok pinjaman dan biaya admin bulanan yang dikenakan adalah sebesar 1% dari pokok pinjaman serta denda keterlambatan adalah sebesar 1% per hari. Sebagai contoh, jika mengajukan pinjaman sebesar 2 juta dengan tenor 6 bulan, maka tagihan yang harus dibayar setiap bulan adalah sebesar 383,3 ribu.

Jadi, total dari seluruh pembayaran adalah sebesar 2,3 juta dengan APR sebesar 52,1%. Sedangkan untuk suku bunga tahunan maksimumnya bisa mencapai 55,35% sudah termasuk biaya bunga bulanan dan biaya admin bulanan.

2. Bunga Kredivo

Berbeda dengan Akulaku, Kredivo lebih terbuka dan lebih jelas informasinya sehingga besaran bunga yang dikenakan di Kredivo lebih mudah diketahui. Kredivo selalu menyampaikan informasi baik melalui postingan Blog ataupun email Newsletter sehingga terkesan tidak ada yang disembunyikan termasuk tentang besaran bunga yang dikenakan oleh Kredivo.

Bunga yang diberikan Kredivo untuk cicilan 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan adalah sebesar 2,95% per bulan yang merupakan suku bunga paling kecil dibandingkan dengan aplikasi pinjaman lainnya yang berlaku untuk kredit online maupun pinjaman online. Pada per 10 Juli 2020 lalu, Kredivo malah menurunkan suku bunganya lagi menjadi 2,6% per bulan yang menjadikan Kredivo menjadi aplikasi pinjaman online paling rendah suku bunganya di Indonesia.

Sebagai contoh, jika mengajukan pinjaman sebesar 1 juta dengan tenor 12 bulan, maka akan dikenakan bunga sebesar 2,6% per bulan dan denda keterlambatan adalah sebesar 3%. Jadi, jumlah yang harus dibayarkan per bulannya adalah sebesar 109,3 ribu sehingga total pembayaran harus dibayarkan adalah sebesar 1,31 juta dalam satu tahun.

Untuk presentase bunga tahunan maksimal (APR) di Kredivo adalah sebesar 53,36% sedikit lebih kecil dari APR Akulaku. Kredivo memiliki jumlah limit kredit maksimal bisa mencapai 30 juta sedangkan limit kredit maksimal di Akulaku adalah sebesar 20 juta sehingga para pengguna bisa memilih mana yang terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Dilihat dari suku bunga tahunan maksimal (APR) yang diberikan, Kredivo memang lebih rendah jika dibandingkan dengan Akulaku. Dengan demikian, para konsumen bisa mempertimbangkan terlebih dahulu mana yang lebih baik sebelum melakukan pinjaman sesuai dengan kemampuan.

Kesimpulan

Perusahaan pinjaman uang baik itu offline maupun online sebaiknya memberikan informasi suku bunga yang jelas agar konsumen tidak bingung. Selain itu jangan takut jika konsumen batal untuk meminjam karena jika butuh, maka konsumen akan tetap menerima konsekuensinya walaupun bunga yang dikenakan lebih besar.

Itulah ulasan tentang bunga Akulaku dan Kredivo yang sudah dijelaskan. Dengan adanya ulasan diatas, diharapkan para konsumen lebih bijak lagi dalam memilih aplikasi pinjaman online agar tidak terjebak dengan suku bunga yang besar.

Jangan sampai terlilit hutang banyak karena bunga lebih besar yang menyebabkan hidup akan menjadi lebih susah karena harus melunasi hutang dan bunga yang besar tersebut. Semoga bermanfaat, simak pula Keringanan Angsuran BAF pada info cicilan sebelumnya.

Restiana Dewi

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *