Lompat ke konten

15 Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah diterima

Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee

Bagi pengguna Shopee, penting sekali untuk mengetahui cara ajukan pengembalian barang di Shopee. Seperti yang sudah kita ketahui, Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar yang ada di Indonesia dan memiliki banyak produk atau barang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Meskipun demikian, terkadang ada saja barang yang tidak sesuai dengan deskripsi, salah ukuran atau hal lainnya yang menyebabkan barang tersebut harus dikembalikan. Maka dari itu, bagi yang belum tahu tentang cara mengajukan pengembalian barang di Shopee, maka bisa simak ulasan berikut ini.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan pengembalian barang di Shopee. Namun, sebelum melakukan pengajuan pengembalian barang, sebaiknya siapkan terlebih dahulu foto barang yang akan dikembalikan dan juga video unboxing.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk menguatkan alasan pengembalian barang di Shopee. Pastikan juga jangan buru-buru menekan tombol “Pesanan Diterima” karena jika menekan tombol tersebut maka dana akan dikirimkan ke penjual oleh pihak Shopee.

Maka dari itu, jika pesanan sudah sampai maka jangan jangan langsung menekan tombol “Pesanan Diterima”. Lakukan terlebih dahulu video unboxing ketika menerima pesanan dan lihat secara teliti kondisi barang tersebut jangan sampai ada cacat atau rusak.

Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee

Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah diterimaDengan demikian, kamu bisa memastikan apakah barang tersebut akan dikembalikan atau tidak. Jika mendapatkan barang pesanan yang tidak sesuai dan ingin mengembalikannya, maka bisa melakukan pengajuan pengembalian barang di Shopee seperti yang akan dijelaskan Cicilan.id berikut ini.

  1. Pertama, silakan buka aplikasi Shopee yang sudah terintal di Smartphone kamu.
  2. Setelah masuk pada halaman utama Shopee, selanjutnya tinggal pilih menu “Saya” pada pojok kanan sebelah bawah.
  3. Kemudian pada menu “Pesanan Saya” bisa dipilih opsi “Dikirim“. Silakan pilih barang yang akan dikembalikan.
  4. Jika sudah, maka akan muncul tampilan “Rincian Pesanan“.
  5. Nah, kamu bisa pilih “Ajukan Pegembalian“.
  6. Setelah itu, pada kolom “Alasan” silakan pilih alasan yang jelas agar pengajuan pengembalian bisa diterima.
  7. Jangan lupa untuk memasukkan foto barang karena hal ini akan menjadi bukti yang kuat untuk mendukung alasan pengembalian barang.
  8. Selanjutnya, isilah keterangan pada kolom “Keterangan“.
  9. Jika sudah, maka tinggal pilih “Jasa Kirim“.
  10. Pilihlah jasa kirim yang tersedia pada menu tersebut dan pilih yang terdekat dari tempat kamu.
  11. Setelah itu, masukkan alamat email kamu yang sedang digunakan saat ini pada kolom “Alamat Email Anda“.
  12. Pastikan semua sudah diisi dengan lengkap dan benar.
  13. Jika sudah, selanjutnya tinggal pilih “KONFIRMASI” lalu “Kirimkan“.
  14. Kemudian tunggu hingga pengajuan pengembalian barang diterima.
  15. Jika diterima, maka dana kamu akan dikembalikan ke akun Shopee Pay atau rekening Bank.

Ketika kamu mengajukan pengembalian barang di Shopee, jangan lupa untuk memasukkan nomor resinya. Jika kamu tidak memasukkan nomor resinya, maka dana tidak akan dikembalikan ke kamu meskipun barang yang dikembalikan sampai ke penjual.

Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk mencatat atau memasukkan nomor resi tersebut ketika melakukan pengembalian barang. Biasanya, waktu pengembalian barang di Shopee maksimalnya adalah selama 5 hari sejak pengajuan pengembalian barang disetujui oleh penjual dan pihak Shopee.

Beberapa Syarat dan Ketentuan untuk Mengajukan Pengembalian Barang di Shopee

CICILAN.IDMeskipun kamu sudah mengetahui cara untuk mengajukan pengembalian barang di Shopee, namun kamu juga harus mengetahui syarat dan ketentuannya. Jika sudah memenuhi syarat tersebut, maka bisa dipastikan pengajuan pengembalian barang di Shopee bisa diterima.

Adapun syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk pengembalian barang di Shopee adalah sebagai berikut.

  • Produk yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi, rusak, salah ukuran atau lainnya yang disebabkan oleh kesalahan penjual.
  • Belum melewati waktu garansi pengembalian barang dari Shopee.
  • Memiliki bukti yang kuat seperti foto dan video barang yang akan dikembalikan.
  • Adanya kesepakatan antara pembeli dan penjual terlebih dahulu sebelum pengembalian.
  • Pengembalian barang harus disetujui terlebih dahulu oleh penjual terkait.
  • Penjual memiliki hak untuk menolak pengajuan pengembalian barang dengan alasan “Berubah Pikiran“.
  • Jika barang sedah diterima, jangan langsung menekan tombol “Pesanan Diterima” agar pengajuan pengembalian barang bisa dilakukan.
  • Dana akan masuk ke Shopee Pay atau rekening Bank jika penjual sudah menerima barangnya.
  • Dana yang masuk akan disesuaikan dengan metode pembayaran pada saat proses Chekout produk tersebut.

Akhir Kata

Itulah cara ajukan pengembalian barang di Shopee yang bisa dicoba. Dengan mengetahui cara tersebut, maka kamu tidak khawatir lagi dengan barang yang tidak sesuai dengan keinginan kamu dan dana kamu bisa kembali.

Meskipun ribet namun nyatanya masih ada Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah diterima. Dimana kamu bisa mengikuti langkah-langkah diatas dengan mudah.

Meskipun barang yang tidak sesuai dengan pesanan bisa dikembalikan, namun proses mengembalikannya sedikit ribet dan harus bersabar karena harus menunggu sampai pengajuan pengembalian barang tersebut diterima. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, wajib tahu Cara Cek Sisa Angsuran Indomobil Finance Secara Online seperti ulasan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version