Lompat ke konten

Cara Bayar Tagihan BRI Ceria dan Denda Telat Bayar

Cara Bayar Tagihan BRI Ceria

BRI Ceria merupakan pinjaman digital yang dikhususkan untuk nasabah BRI. Melalui pinjaman ini, nasabah bisa mengajukan pinjaman dengan limit mulai dari Rp. 500 Ribu sampai dengan Rp. 20 Juta.

Bagi yang sudah mengajukan pinjaman BRI Ceria maka harus membayar tagihan secara tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo agar tidak dikenakan denda keterlambatan. Namun yang jadi pertanyaan, bagaimanakah cara bayar tagihan BRI Ceria?

Sebelum membahas mengenai cara bayar pinjaman BRI Ceria, mari kita terlebih dahulu mengulas sedikit tentang layanan pinjaman online dari Bank BRI tersebut. BRI Ceria termasuk layanan pinjaman online yang tergolong baru.

BRI Ceria menawarkan kemudahan pengajuan dengan syarat yang mudah dan proses cepat. Namun sayang pinjaman ini hanya tersedia di beberapa merchant saja seperti Tokopedia, Dinomarket, dan Panorama JTB.

Saat ini merchant BRI Ceria memang terbatas. Namun kedepannya akan semakin banyak yang bekerjasama dengan Bank BRI untuk menghadirkan metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit.

Yah, dengan BRI Ceria nasabah bisa membeli barang secara online tanpa perlu memiliki kartu kredit. Pembayaran akan dilakukan menggunakan limit pinjaman BRI Ceria yang didapatkan saat melakukan pengajuan.

Besaran limit setiap pengguna berbeda-beda. Maksimal mencapai Rp. 20 Juta. Dengan limit sebesar itu maka nasabah BRI bisa membeli berbagai barang seperti gadget, laptop, furniture, dan berbagai barang lainnya.

Menariknya lagi, BRI Ceria memiliki bunga sangat kecil. Bunga pinjaman ini hanya sebesar 1.42% flat per bulan ata setara 26.95 per tahun. Selain itu, BRI Ceria menawarkan tenor pinjaman mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan.

Tenor yang diberikan cukup panjang sehingga nasabah BRI tidak akan terlalu berat dalam membayar tagihan BRI Ceria. Cara bayarnya juga mudah dan untuk mengetahui bagaimana cara bayar tagihan BRI Ceria silahkan simak informasi cicilan.id berikut ini.

Cara Bayar Tagihan BRI Ceria

Cara Bayar Cicilan BRI Ceria

Pinjaman BRI Ceria hanya diberikan kepada nasabah BRI yang memiliki rekening BRI, kartu ATM, rekening payroll BRI dan e-TKP. Selain itu, pinjaman ini hanya diberikan kepada nasabah yang berusia minimal 21 tahun dan maksimal 50 tahun.

Jika memenuhi persyaratan tersebut maka bisa mengajukan pinjaman melalui aplikasi BRI Ceria yang bisa didownload di Play Store. Kemudian tinggal melakukan registrasi dan mengajukan limit pinjaman.

Setelah berhasil mendapatkan limit pinjaman maka bisa menggunakannya untuk berbelanja di Tokopedia ataupun merchant lainnya. Nantinya pengguna akan diberikan opsi untuk memilih tenor pinjaman dan bisa mengetahui besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Untuk mengetahui besaran cicilan juga bisa melalui menu Tagihan pada aplikasi BRICeria. Pada menu tersebut anda bisa melihat detail tagihan secara lengkap, termasuk tanggal jatuh tempo.

Kemudian untuk pembayaran tagihan akan dilakukan secara autedebet melalui nomor rekening BRI yang digunakan saat mendaftar BRI Ceria. Jadi pastikan saldo rekening mencukupi untuk membayar semua tagihan.

Lalu bagaimana jika tidak memiliki saldo direkening BRI? Apabila tidak memiliki saldo maka anda harus melalukan transfer ke nomor rekening yang dimiliki melalui ATM, M-Banking ataupun setor tunai langsung ke Bank.

Denda Tidak Bayar Tagihan BRI Ceria

Denda Telat Bayar BRI Ceria

Seperti yang kami sampaikan di atas, tagihan BRI Ceria harus dibayarkan secara tepat waktu paling lambat pada tanggal jatuh tempo. Lalu bagaimana jika telat bayar atau bahkan tidak bisa membayar tagihan BRI Ceria?

Bagi yang tidak bisa membayar tagihan maka akan mendapatkan notifikasi pembayaran yang dikirimkan lewat email, sms dan push-notification. Jika tetap tidak bayar maka akan dilakukan penagihan lewat telepon.

Yang jadi masalah bukanlah metode penagihan yang dilakukan Bank BRI, melainkan denda yang dibebankan karena terjadi keterlambatan. Dimana dendanya adalah sebesar 3% dari total outstanding balance atau maksimal Rp. 150.000.

Selain denda, keterlambatan pembayaran BRI Ceri juga akan mempengaruhi kualitas pinjaman pada SLIk OJK serta mengurangi penilaian credit scoring.

Pihak BRI juga berhak melakukan penagihan langsung ke alamat rumah jika tidak membayar tagihan BRI Ceria hingga berbulan-bulan. Terlebih jika jumlah tagihan yang harus dibayarkan tergolong besar.

Kesimpulan

Semua resiko di atas menjadi konsekuensi jika telat membayar tagihan pinjaman online BRI Ceria. Agar terhindar dari hal tersebut maka bayarlah tagihan secara tepat waktu dan pastikan memiliki saldo rekening BRI yang mencukupi.

Nah cukup sekian informasi seputar cara bayar tagihan BRI Ceria dan denda yang dibebankan jika telat bayar. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mencairkan Limit Kredivo dan beragam artikel keuangan dan kredit perbankan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *