3 Cara Cek Tagihan PBB Online Semua Daerah

Cara Cek Tagihan PBB Online Semua Daerah

Untuk kamu yang memiliki tanah dan bangunan maka sudah sewajibnya melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Dimana sekarang ada cara mudah untuk bisa Cek Tagihan PBB Online di hp dengan cepat.

Pajak tahunan seperti pajak PBB sendiri merupakan pajak wajib tahunan bagi pemilik tanah maupun bangunan. Agar mempermudah para pewajib pajak kini sudah ada cara online untuk bisa melakukan pembayaran pajak secara online.

Cara ini lah yang bisa kamu pilih sebagai opsi menarik untuk melakukan pembayaran pajak. Cara bayar pajak PBB online juga bisa menjadi opsi untuk mengecek tagihan pajak PBB untuk kamu yang hanya ingin cek taguhan saja.

Besaran PBB juga berbeda-beda tergantung dengan Nilai Jual Objek Pajak, Nilai Jual Objek Tidak Kena Pajak, dan Nilai Jual Kena Pajak. Setelah wajib pajak mendapatkan surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) maka dalam kurun waktu 6 bulan wajib sudah di bayarkan.

Hampir sama mudahnya dengan Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan untuk cek tagihan PBB juga ada banyak opsi. Mulai dari menggunakan situs pajak, Mini market sampai dengan ecommerce seperti toko online yang ada.

Tutorial Cek Tagihan PBB Online

Dengan kemudahan teknologi, kini untuk cek tagihan PBB sudahlah sangat mudah dengan cara online. Dengan demikian kamu ga perlu repot ke kantor pajak hanya untuk cek tagihan PBB.

Untuk bisa mengecek tagihan kamu hanya perlu menyiapkan NIK untuk nantinya di masukan ke situs. Jadi sangat mudah sekali, untuk cara-caranya bisa ikuti proses dari cicilan.id yang bisa kamu pilih.

1. Via Website Pajak

Cara Cek Bayar PBB OnlineSetiap daerah memiliki website pajak tertentu yang bisa di akses oleh semua kalangan masyarakat. Situs atau web inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk bisa cek tagihan PBB secara online.

  • Sebagai contoh untuk kawasan Jabodetebak bisa mengakses : https://pajakonline.jakarta.go.id/esppt

Kamu bisa melanjutkan dengan klik menu pada bagian pojok kanan atas pada menu e-Sppt PBB untuk mengetahui pajak online. Cukup isikan no NIK serta akan muncul semua informasi pajak atas nama pemilik tersebut.

2.Via Toko Online (E-commerce)

CICILANSelanjutnya kamu bisa cek tagihan PBB secara online dengan menggunakan aplikasi toko online. Ada banyak sekali aplikasi toko online yang mendukung fitur pembayaran PBB di dalamnya.

Salah satu Toko Online yang mendukung adalah Tokopedia. Dimana di tokopedia kamu bisa cek PBB secara mudah dan juga cepat. Kemudahan menggunakan tokopedia adalah dengan adanya fitur langsung untuk melakukan pembayaran.

  1. Buka Aplikasi Tokopedia
  2. Pada halaman utama pilih menu Top Up dan Tagihan
  3. Lanjutkan Scroll kebawah lalu pilih menu Layanan Pemerintah
  4. Lalu pilih menu Bayar SPT Bulanan
  5. Pada menu selanjutnya silahkan pilih menu Pajak online
  6. Sedangkan untuk bagian bawah kamu bisa masukan kode billing
  7. Lalu tekan Cek Tagihan, maka dengan otomatis informasi tagihan PBB akan muncul

Jadi itu dia urutan mudah cek tagihan PBB via aplikasi toko online Tokopedia. Dimana cara yang satu ini bisa kamu aplikasikan dengan mudah dan juga cepat dibandingkan beberapa cara lainnya.

3. Bayar dan Cek Via Gerai Retail

Cek Tagihan PBB OnlineCara selanjutnya kamu juga bisa cek dan bayar tagihan PBB Via Indomaret dan Alfamart. Kamu bisa mendatangi alfamart dan juga indomaret untuk melakukan pembayaran PBB.

Dimana kedua gerai Online tersebut saat ini mendukung fitur pembayaran PBB. Silahkan bawa data diri lalu bilang ke kasir akan melakukan pembayaran tagihan pajak bumi.

Proses pembayaran baik di Indomaret maupun alfamart sendiri sama-sama mudah dan juga cepat. Jangan lupa setelah melakukan pembayaran kamu bisa melanjutkan meminta bukti pembayaran berupa struk transaksi.

AHIR KATA

Jadi itu dia beberapa opsi yang mungkin akan menarik bisa kamu lakukan untuk bisa cek PBB secara online. Selain bisa mengecek kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan cara-cara diatas, atau hanya sekedar cek tagihan.

Dengan adanya cara ini di harapkan para pewajib pajak tidak lagi telak dalam melakukan pembayaran kewajiban pajak ke negara. Demikian informasi kali ini, ketahui juga “Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah diterima” mungkin akan sangat berguna untuk pengguna shopee.

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *