5 Cara Mengajukan Pembatalan di Shopee Paling Lengkap

Cara mengajukan pembatalan di Shopee memang perlu kita ketahui, apalagi bagi yang sering belanja online melalui markerplace yang satu ini. Hal ini perlu dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan pada saat pembelian dan harus membatalkan pesanan tersebut.

Dengan mengetahui cara mengajukan pembatalan di Shopee, maka kamu tidak perlu khawatir jika ingin membatalkan pesanan. Nah untuk penjelasan lebih lanjut, bisa simak ulasan tentang cara mengajukan pembatalan di Shopee seperti berikut ini.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajukan pembatalan di Shopee dengan mudah. Cara tersebut bisa dilakukan baik dari pembeli maupun penjual yang ingin melakukan pembatalan dikarenakan ada hal yang membuat pesanan harus dibatalkan.

Untuk bisa melakukan pembatalan jelas harus ada mekanismenya. Terlebih jika barang yang dibeli sudah datang. Sama seperti Cara Mengambil Uang dari ShopeePay Via Indomaret yang juga menggunakan beberapa tahapan.

Selain itu, pembatalan pesanan di Shopee juga bisa dilakukan ketika sudah dibayar ataupun belum dibayar sehingga akan memudahkan bagi para pengguna Shopee yang akan membatalkan pesanan. Adapun cara-cara untuk melakukan pembatalan di Shopee, bisa kamu simak seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

Cara Mengajukan Pembatalan di Shopee

Pembatalan di Shopee Paling LengkapUntuk bisa mengajukan pembatalan di Shopee memanghlah harus memiliki alasan yang kuat. Meskipun sebenarnya mengajikan pembatalan di shopee bisa dengan mudah jika tau mekanismenya.

Pembatalan pembayaran shopee memang sudah di atur kusus dengan baik. Oleh sebeb itu untuk detialnya kamu bisa ikuti langkah berikut ini dari Cicilan menggenai Mekanisme & Cara Mengajukan Pembatalan di Shopee.

1. Cara Pembatalan Pesanan di Shopee yang Belum Dibayar

Cara yang pertama adalah jika kamu memiliki pesanan di Shopee yang belum dibayar, namun ingin membatalkannya. Jika kamu mengalami hal seperti itu, maka pesanan akan secara otomatis hangus dan tidak akan dilanjutkan lagi.

Untuk cara pembatalannya adalah dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee.
  2. Jika sudah masuk pada halaman utama Shopee, selanjutya tinggal pilih menu “Saya“.
  3. Setelah itu, pilih status barang “Belum Bayar” kemudian pilih produk yang akan dibatalkan.
  4. Jika sudah, silakan pilih “Batalkan Pesanan” lalu konfirmasi pembatalan tersebut dengan memilih “Ya“.
  5. Setelah dikonfirmasi, maka produk yang sudah dipesan akan terhapus secara otomatis dari riwayat belanjaan.

Jika pesanan belum di bayarkan memang akan sangat mudah sekali untuk melakukan pembatalan. Dimana kamu hanya perlu mengakses menu batalkan pesanan pada menu belum bayar di aplikasi shopee.

2. Cara Pembatalan Pesanan yang Sudah Dibayar di Shopee

Cara Mengajukan Pembatalan di ShopeeCara ini dilakukan jika pesanan sudah dibayar, namun pesanan tersebut belum juga dikirim. Untuk cara pembatalan yang satu ini bisa dilakukan oleh pembeli ataupun penjual. Adapun tata cara pembatalannya adalah sebagai berikut.

  • Cara Mengajukan Pembatalan Pesanan di Shopee oleh Pembeli

Bagi kamu yang sudah membayar pesanan namun belum juga dikirim, maka cara mengajukan pembatalan pesanannya adalah seperti berikut.

  1. Silakan buka aplikasi Shopee yang sudah terinstal di Smartphone kamu.
  2. Kemudian pada halaman utama, silakan pilih menu “Saya” yang terletak dibagian pojok kanan sebelah bawah.
  3. Setelah itu pilih opsi “Dikemas” pada menu “Pesanan Saya“.
  4. Kemudian pilih pesanan yang akan dibatalkan lalu pilih “Batalkan Pesanan“.
  5. Jika sudah, silakan konfirmasi pembatalan pesanan tersebut dengan memilih “Ya“.
  6. Setelah proses pembatalan dilakukan, selanjutnya tinggal tunggu dana yang sudah dibayarkan akan dikembalikan oleh pihak Shopee ke akun Shopee Pay milikmu.

Proses pembatalan pembayaran shopee mamang harus di sesuikan dengan keadaan. Jika barang sudah di kirim atau dalam proses jelas berbeda saat barang dalam kondisi masih dalam list pembelian.

  • Cara Mengkonfirmasi Pembatalan Pesanan oleh Penjual

Jika penjual mendapati pembatalan pesanan, maka cara mengkonfirmasinya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Shopee kemudian masuk ke akun.
  2. Setelah masuk ke halaman utama Shopee kemudian pilih menu “Saya“.
  3. Selanjutnya pilih “Toko Saya” yang terletak disebalah kiri atas.
  4. Kemudian masuk ke halaman “Penjualan Saya” lalu pilih barang dalam kondisi “Perlu Dikirim“.
  5. Setelah itu pilih produk yang dibatalkan kemudian pilih “Jawab“.
  6. Silakan tulis alasan pembatalan.
  7. Jika sudah, selanjutnya tinggal pilih “Konfirmasi“.
  8. Setelah dikonfirmasi, maka proses pembatalan akan segera dilakukan.

3. Pengajuan Pembatalan di Shopee Jika Pesanan Sudah Dikirim

Jika pesanan sudah dikirim, namun kamu baru melakukan pengajuan pembatalan pesanan biasanya tidak bisa dilakukan. Hal tersebut dikarenakan penjual sudah mengirimkan pesanan kamu dan sudah sampai ke kurir.

Cara untuk membatalkannya adalah jika pesanan sudah sampai dan kamu mengembalikan pesanan tersebut dengan alasan barang tidak sesuai. Jika ingin mengembalikan pesanan, kamu harus konfirmasi ke penjual terlebih dahulu melalui fitur Chat.

4. Cara Pembatalan Pesanan Secara Otomatis di Shopee

Pembatalan secara otomatis akan terjadi jika salah satu dari penjual atau pembeli tidak menanggapi pesanan tersebut. Biasanya, pesanan akan secara otomatis dibatalkan jika pembeli tidak membayar pesanan dalam waktu yang sudah ditentukan, yaitu selama 1×24 jam atau sehari.

Selain itu, pembatalan pesanan secara otomatis juga bisa terjadi jika penjual tidak menanggapi pesanan dalam waktu beberapa hari. Dengan begitu, uang yang sudah dibayarkan oleh pembeli akan langsung di refund ke pembeli melalui Shopee Pay.

5. Cara Pembatalan Pesanan COD di Shopee

Pembatalan pesanan melalui COD juga bisa dilakukan. Namun dengan catatan, bahwa produk yang sudah dipesan belum dikirim oleh penjual. Berikut ini adalah langkah-langkah pembatalan pesanan COD di Shopee.

  1. Langkah yang pertama yaitu, buka aplikasi Shopee di Smartphone kamu.
  2. Selanjutnya pilih menu “Saya” kemudian pilih “Beli“.
  3. Setelah itu, silakan buka menu “Dikemas” dan pilih produk pesanan kamu yang akan dibatalkan.
  4. Kemudian konfirmasi pembatalan tersebut dengan pilih “Ya” dan pembatalan akan segera diproses.

6. Ketentuan Pembatalan Pesanan di Shopee

Ada beberapa ketentuan yang harus kamu perhatikan ketika akan melakukan pembatalan di Shopee. Apa saja ketentuannya? Simak penjelasan berikut ini.

  • Apabila barang pesanan masih dalam menu “Belum Dibayar” maka kamu bisa memilih barang yang akan dibatalkan.
  • Apabila pesanana masih dalam menu “Dikemas” maka kamu tidak bisa memilih barang yang akan dibatalkan alias dibatalkan semua.
  • Pembatalan hanya bisa dilakukan sekali saja untuk setiap pesanan.

Akhir Kata

Itulah cara pengajuan pembatalan di Shopee yang bisa dilakuakan. Jika ingin membatalkan pesanan Shopee, sebaiknya perhatikan ketentuannya terlebih dahulu agar tidak gagal paham.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, serta berguna jika ingin mengejukan pembatalan belanja di shopee. Ketahui juga Cara Pinjam Uang di Bank BRI Jaminan BPKB Motor yang mungkin akan berguna untuk kamu.

Restiana Dewi

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *