7 Cara Mengetahui KPR Disetujui atau Tidak

Bagi kamu yang penasaran dengan status pengajuan KPR disetujui atau tidak, maka silakan simak cara mengetahui KPR yang disetujui berikut ini. Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang banyak orang ingin memilikinya, terutama bagi yang sudah menikah.

Namun, untuk membeli rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga kebanyakan orang mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) sebagai jalan alternatif untuk mendapatkan rumah. Meskipun demikian, ada banyak proses yang harus kamu selesaikan ketika mengajukan KPR tersebut.

Proses mengajukan KPR yaitu, mulai dari memilih Bank yang menyedikan KPR, melengkapi berkas-berkas, melakukan wawancara dan lain sebagainya. Setelah melewati proses tersebut, maka kamu tinggal menunggu acc dari pihak Bank terhadap KPR yang kamu ajukan.

Pengajuan KPR di setiap bank mungkin berbeda-beda. Seperti Syarat KPR BNI Griya yang juga memiliki syarat-syarat yang berbeda jika dibandingkan dengan KPT Bank lainnya.

Namun, tidak sedikit calon debitur yang merasa cemas dengan pengajuan KPR yang sudah dilakukan apakah diterima atau malah ditolak pengajuan tersebut. Adapun cara mengetahui pengajuan KPR yang disetujui atau tidak, maka kamu bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengetahui KPR Disetujui

Cara Mengetahui KPR DisetujuiAda berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui KPR yang disetujui. Cara-cara ini bisa dijadikan sebagai patokan, walaupun setiap Bank yang menyediakan KPR memiliki waktu tertentu untuk memproses persetujuan KPR.

Caranya yaitu, bisa melalui reaksi dari pihak Bank kepada kamu dan bisa juga melalui aplikasi. Agar lebih jelas, silakan simak CICILAN.ID menggenai cara untuk mengetahui KPR yang disetujui berikut ini.

1. Perhatikan Reaksi dari Pihak Bank Saat Wawancara

Setelah memberikan berkas pengajuan KPR, maka kamu akan berhadapan langsung dengan pihak Bank untuk melakukan wawancara. Dalam proses wawancara, nantinya kamu akan ditanya oleh pihak Bank untuk mengonfirmasi ulang dari berkas-berkas yang kamu ajukan sebelumnya.

Pertanyaan tersebut yaitu, mulai dari utang piutang, status pekerjaan, slip gaji, komitmen pembayaran hingga rumah yang akan dibeli. Nah, dari wawancara tersebut perhatikan reaksi dari pihak Bank, jika pihak Bank yakin dengan jawaban kamu maka bisa dipastikan pengajuan KPR kamu disetujui.

2. Pihak Bank Menghubungi Lebih Cepat dari Waktu yang Ditentukan

Jika wawancara sudah selesai dilakukan, maka kamu tinggal menunggu kepastian yang bisa berlagsung selama 14 hari kerja. Apabila semua urusan berjalan dengan lancar, maka kamu akan dihubungi oleh pihak Bank lebih cepat dari waktu yang ditentukan.

Dari hal tersebut, bisa dipastikan pengajuan KPR kamu akan disetujui oleh pihak Bank karena nantinya kamu akan diundang untuk mendapatkan SP3K (Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit). Namun, jika kamu belum juga dihubungi oleh pihak Bank, maka jangan cemas dulu karena setiap Bank memiliki putusan yang berbeda-beda.

3. Melalui Aplikasi Status Pengajuan KPR

Cara ini merupakan cara yang mudah untuk mengetahui KPR disetujui atau tidak. Cara melihat status pengajuannya pun mudah, yaitu cukup dengan memasukkan nomor referensi pengajuan KPR dan juga tanggal lahir kamu.

Jika sudah dimasukkan, selanjutnya tinggal pilih “Cek Status KPR Saya” kemudian tunggu hasilnya muncul pada aplikasi tersebut. Sayangnya, cara ini hanya bisa dilakukan pada Bank tertentu saja sperti BCA dan tidak banyak Bank lainnya yang menyediakan layanan ini.

4. Melalui Rekening Koran

Cara terakhir yaitu, bisa melalui rekening koran untuk mengetahui KPR disetujui atau tidak. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan bagi para MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) yang mengajukan KPR.
Apabila terjadi pemindah bukuan dari rekening koran tersebut, itu berarti KPR Subsidi yang kamu ajukan telah dibayar oleh pemerintah kepada developer. Itu tandanya pengajuan KPR kamu disetujui oleh pihak Bank meskipun belum ada kabar dari Bank tempat kamu mengajukan KPR.

Itulah cara mengetahui KPR disetujui atau tidak yang bisa kamu coba. Agar pengajuan KPR kamu disetujui, maka ada tips yang bisa kamu coba seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

Tips Supaya Pengajuan KPR Diterima

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar KPR yang kamu ajukan bisa diterima oleh pihak Bank. Lalu, seperti apa tips-tips tersebut? Silakan simak penjelasannya berikut ini.

  1. Pastikan nama kamu bersih dan tidak memiliki masalah di catatan BI Cheking.
  2. Melengkapi semua berkas yang menjadi syarat untuk mengajukan KPR.
  3. Memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan.
  4. Memiliki kondisi keuangan yang sehat dan juga alokasi dana yang teratur.
  5. Menjawab dengan jujur dan juga tegas pada saat proses wawancara agar pihak Bank yakin dengan jawaban kamu.
  6. Usahakan untuk memilih pihak Bank yang sesuai dengan keinginan kamu.
  7. Memilih developer yang sudah mempunyai legalitas dan sudah terpercaya.

Jika kamu mengikuti tips-tips yang sudah desebutkan diatas, maka bisa dipastikan pengajuan KPR kamu bisa diterima dan kamu bisa mendapatkan rumah impian kamu.

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang cara mengetahui KPR disetujui yang bisa kamu coba. Dengan mengetahui caranya, maka kamu tidak perlu cemas menunggu hasil apakah disetujui atau tidak dari KPR yang kamu ajukan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan tips-tips yang sudah disebutkan diatas agar pengajuan KPR kamu bisa diterima. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ketahui juga Cara Menghubungi CS Akulaku Tanpa Pulsa pada informasi sebelumnya.

Restiana Dewi

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *