7 Cara Mengurus ATM BCA Yang Hilang : Syarat & Biaya

Bagaimana cara mengurus ATM BCA yang hilang? Langkah pertama adalah jangan panik. Jika panik maka tidak akan menyelesaikan masalah. Lebih baik mencari penyebab kenapa kartu ATM bisa hilang. Setelah mengetahui penyebabnya, maka tinggal mengurus penggantian kartu ATM.

Sebelum mengurus penggantian kartu ATM di kantor cabang, anda harus terlebih dahulu melakukan pemblokiran kartu. Ada dua cara memblokir kartu ATM BCA yang hilang. Pertama adalah melalui Halo BCA, lalu yang kedua melalui fasilitas m-BCA.

Pemblokiran kartu ATM parlu dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan kartu. Sudah banyak kasus pembobolan rekening yang disebabkan kartu ATM hilang. Hal tersebut bisa terjadi karena nasabah tidak langsung memblokir kartu yang hilang.

Setelah Kartu ATM BCA berhasil terblokir, maka fasilitas e-channel yang terhubung dengan Kartu ATM BCA seperti M-Banking dan Internet Banking tidak bisa digunakan sementara waktu. Anda bisa kembali menggunakannya jika sudah mendapatkan kartu ATM yang baru.

Cara Blokir Kartu ATM BCA Hilang

Bayar Cicilan Adira Lewat BCA Mobile

Anda tidak perlu panik ketika kartu ATM hilang. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memblokir kartu ATM agar tidak bisa digunakan oleh orang lain. Selain itu, pemblokiran juga mengakibatkan semua layanan e-channel yang terhubung dengan kartu ATM BCA tidak bisa diakses sementara waktu.

Untungnya cara blokir kartu ATM BCA yang hilang sangat mudah. Dimana caranya silahkan simak di bawah ini.

1. Menghubungi Halo BCA

Cara yang pertama adalah menghubungi Halo BCA di nomor 1500888. Silahkan hubungi nomor tersebut, kemudian jelaskan permasalahan anda kepada petugas Halo BCA.  Nantinya anda diminta untuk menginformasikan nomor rekening dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Setelah itu petugas Halo BCA akan memblokir kartu ATM yang hilang agar tidak bisa lagi digunakan. Pemblokiran kartu lewat Halo BCA tidak dikenakan biaya, namun anda harus menyiapkan pulsa yang cukup sampai proses pemblokiran selesai.

2. Melalui Fasilitas m-BCA

Bagi nasabah yang sudah mengaktifkan layanan m-Banking BCA maka bisa melakukan pemblokiran kartu dengan cara lebih mudah. Sebab proses pemblokir kartu bisa dilakukan secara manual melalui aplikasi BCA Mobile. Nah untuk mengetahui langkah-langkahnya, silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan buka aplikasi BCA mobile.
  2. Kemudian pilih menu m-BCA.
  3. Setelah itu masukan kode akses BCA mobile.
  4. Berikutnya pilih menu Akun Saya
  5. Lalu pilih dan tekan tombol “Blokir
  6. Setelah itu tinggal masukan “PIN m-BCA
  7. Kemudian akan muncul notifikasi bahwa pemblokiran Kartu ATM BCA telah berhasil

Selain lewat BCA Mobile, anda juga bisa melakukan pemblokiran kartu melalui menu adminstrasi yang tersedia pada layanan internet banking BCA (www.klikbca.com). Selain itu, pemblokiran kartu juga bisa dilakukan di kantor Cabang BCA dengan membawa dokumen persyaratan yang terdiri dari KTP dan buku rekening tabungan.

Cara Mengurus ATM BCA Yang Hilang

Cara Mengurus Kartu ATM BCA Hilang

Hanya ada dua syarat mengurus kartu ATM BCA yang hilang, yakni membawa KTP dan Buku Tabungan. Lalu bagaimana jika KTP juga hilang? Jika kartu identitas hilang maka anda harus harus membuat Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian atau menggunakan reski KTP.

Setelah mempersiapkan semua persyaratan tersebut maka tinggal datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk mengurus penggantian kartu ATM yang hilang. Prosedurnya sangat mudah, namun akan dikenakan biaya penggantian kartu ATM berdasarjkan jenis kartu debit yang dimiliki.

Nah untuk mengetahui cara serta prosedur mengurus ATM BCA yang hilang, silahkan simak informasi berikut.

  1. Silahkan terlebih dahulu memblokir kartu ATM yang hilang dengan cara di atas.
  2. Setelah kartu diblokir, kemudian tinggal datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa buku tabungan dan KTP. Jika kartu identitas hilang maka harus terlebih dahulu membuat surat keterangan dari kepolisian atau menggunakan resi KTP
  3. Kemudian ambil nomor antrian untuk bertemu petugas customer service BCA
  4. Setelah itu beritahukan permasalahan anda bahwa ingin mengurus kartu ATM yang hilang
  5. Kemudian petugas customer service akan memeriksa dokumen persyaratan yang sudah dipersiapkan
  6. Jika sudah memenuhi syarat maka proses penggantian kartu ATM akan dilakukan.
  7. Selanjutnya anda akan diminta untuk membuat biaya penggantian kartu ATM BCA yang hilang.

Biaya pergantian Kartu ATM BCA Hilang

Penggantian kartu ATM BCA yang hilang akan dikenakan biaya sesuai dengan jenis kartu ATM yang dimiliki nasabah. Dimana biayanya adalah sebagai berikut.

JENIS KARTU ATM BIAYA 
Silver/Blue Rp. 10.000
Gold Rp. 15.000
Platinum Rp. 20.000
Xpresi Rp. 25.000

Biaya di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Kami sarankan untuk terlebih dahulu menghubungi Halo BCA di nomor 1500888 untuk mengetahui biaya penggantian kartu terbaru serta informasi mengenai syarat dan cara mengurus kartu ATM BCA yang hilang.

Akhir Kata

Setelah mengetahui cara mengurus kartu ATM BCA yang hilang, maka sekarang anda tidak perlu panik apabila mengalami masalah ini. Yang paling penting kartu yang hilang harus diblokir terlebih dahulu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila sudah diblokir maka saldo yang tersimpan di rekening akan aman.

Untuk mendapatkan kembali kartu ATM yang hilang maka harus meminta penggantian kartu ATM baru di kantor cabang. Proses penggantiannya sangat mudah, karena hanya perlu membawa persyaratan berupa kartu identitas dan buku rekening.

Nah demikianlah informasi mengenai cara mengurus kartu ATM BCA yang hilang. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengetahui Kredit Motor di Acc atau Tidak dan beragam artikel lainnya seputar dunia kredit dan perbankan di Indonesia.

Alecia

Founder dan CEO cicilan.id yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di Bank Swasta dan mengetahui seluk beluk dunia pinjaman di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *