Lompat ke konten

10 Syarat dan Cara Mengurus ATM BRI Yang Hilang

Cara Mengurus ATM BRI Yang Hilang

Kehilangan kartu ATM BRI menjadi masalah yang cukup serius. Namun anda tidak perlu panik, karena cara mengurus ATM BRI yang hilang cukup mudah. Yang paling penting anda harus terlebih dahulu mengetahui syarat dan prosedurnya. Nah untuk mengetahui apa saja syaratnya silahkan simak informasi cicilan.id berikut ini.

Ada dua faktor yang menyebabkan kartu ATM hilang. Yang pertama adalah karena kelalaian nasabah, lalu yang kedua karena menjadi korban kejahatan seperti pencurian, penjambretan dan penipuan. Apapun penyebabnya, syarat dan cara mengatasi kartu ATM BRI yang hilang tetap sama.

Yang harus dilakukan pertama kali saat kartu ATM hilang adalah memblokir kartu ATM. Hal ini wajib dilakukan agar kartu ATM tidak digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawabah sehingga membahayakan saldo yang tersimpan di rekening. Setiap bank memiliki metode pemblokiran kartu berbeda-beda.

Untungnya cara blokir kartu ATM BRI sangat mudah. Pemblokiran bisa dilakukan secara online melalui aplikasi mobile banking ataupun lewat Call Center. Nah setelah kartu berhasil diblokir, maka selanjutnya tinggal mencoba cara mengurus ATM BRI yang hilang pada artikel di bawah ini.

Syarat dan Cara Mengurus ATM BRI Yang Hilang

Syarat Mengurus Kartu ATM BRI Hilang

1. Blokir Kartu Yang Hilang

Langkah pertama untuk mengurus kartu ATM BRI yang hilang adalah melakukan pemblokiran kartu. Bagi yang sudah mengaktifkan mobile banking maka bisa memblokir kartu melalui aplikasi BRImo. Namun bagi yang belum mengaktifkannya, maka bisa lakukan pemblokiran melalui Call Center dengan menghubungi nomor 14017 / 1500017.

Anda juga bisa melaporkan kehilangan kartu kepada petugas Call Center dan bertanya secara langsung bagaimana cara mengurus kartu ATM BRI yang hilang. Sayang layanan Call BRI tidak gratis. Anda harus menyiapkan pulsa yang cukup agar panggilan telepon tidak terputus.

Apabila kartu yang hilang kembali ditemukan maka anda bisa mengaktifkannya kembali dengan menghubungi Call Center atau via aplikasi BRImo. Akan tetapi jika kartu yang hilang tidak ditemukan, maka anda harus membuat kartu ATM baru di kantor cabang.

2. Minta Surat Keterangan Kehilangan

Salah satu syarat agar bisa mengurus kartu ATM BRI yang hilang adalah harus meminta surat kehilangan dari kantor kepolisian. Hal ini wajib dilakukan karena sebagai bukti bahwa kartu ATM benar-benar hilang. Soal biaya tergantung dari kebijakan setiap kantor kepolisian. Namun pengalaman kami tidak dikenakan biaya sama sekali.

Pada surat kehilangan tersebut akan dijelaskan penyebab kartu hilang dan perkiraan lokasinya. Setelah berhasil membuat surat kehilangan, maka selanjutnya tinggal datang ke kantor cabang untuk membuat kartu ATM yang baru.

3. Datang Ke Kantor Cabang

Sebelum datang ke kantor cabang, pastikan anda mempersiapkan beberapa syarat mengurus ATM BRI yang hilang. Dimana persyaratannya adalah sebagai berikut

  1. Kartu Identitas sesuai dengan yang terterapa pada rekening
  2. Membawa buku tabungan
  3. Membawa Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
  4. Membayar biaya penggantian kartu ATM BRI yang hilang

Syarat mengurus ATM BRI yang hilang memang mudah. Anda hanya perlu membawa kartu identitas, buku tabungan, dan surat kehilangan. Setelah itu tinggal datang ke kantor cabang BRI terdekat dan mengikuti setiap prosedur di bawah ini.

  1. Silahkan datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa semua persyaratan di atas
  2. Kemudian ambil nomor antrian untuk untuk bertemu Customer Service BRI
  3. Setelah dipanggil, kemudian beritahukan tujuan anda datang ke kantor cabang. Silahkan beritahukan bahwa ingin mengurus kartu ATM yang hilang
  4. Berikutnya serahkan semua persyaratan ke petugas Customer Service BRI
  5. Kemudian CS BRI akan memproses permintaan anda.
  6. Setelah itu anda akan mendapatkan kartu ATM baru dan harus membayar biaya penggantian Kartu ATM. Untuk biayanya tergantung dari jenis kartu ATM yang anda miliki.

Biaya penggantian kartu ATM yang hilang tergantung dari jenis kartu ATM yang dimiliki nasabah. Masalah biaya tidak perlu khawatir karena tetap terjangkau dan biasanya akan langsung dipotong dari saldo rekening.

Setelah berhasil mendapatkan kartu ATM yang baru maka kartu tersebut bisa langsung digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM ataupun melakukan pembayaran di merchant.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kartu ATM agar tidak kembali hilang. Meskipun cara mengurus ATM BRI yang hilang cukup mudah, namun akan memakan banyak waktu karena karena harus datang ke kepolisian untuk membuat surat kehilangan dan mengurus penggantian kartu di kantor cabang.

Akhir Kata

Nah itulah syarat serta cara mengurus ATM BRI yang hilang. Cara mengurusnya memang sangat mudah karena hanya perlu datang ke kantor cabang dengan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan. Setelah prosesnya selesai maka anda akan mendapatkan kartu ATM yang baru.

Penggantian kartu ATM yang hilang sayangnya tidak gratis. Namun hal tersebut tak jadi masalah selama biayanya tetap terjangkau. Cukup sekian informasi cicilan.id pada kesempatan kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengurus ATM BRI Tertelan dan beragam artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *