KUR BRI 100 Juta 2022 : Syarat & Angsuran Per Bulan

Syarat dan Tabel Angsuran KUR BRI 100 Juta

KUR BRI bisa menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan pinjaman hingga 100 Juta di tahun 2022. Bunga rendah dan syarat mudah menjadi alasan utama kenapa harus memilih KUR BRI. Hanya saja pinjaman ini dikhususkan untuk nasabah yang memiliki usaha kecil menengah atau UMKM.

Pinjaman KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan program Pemerintah yang dibuat untuk membantu para UMKM dalam mengembangkan bisnis ataupun sebagai investasi. Pinjaman ini memiliki bunga jauh lebih rendah dibanding pinjaman perbankan lainnya karena mendapatkan subsidi bunga dari Pemerintah.

Bunga yang dibebankan kepada nasabah hanya sebesar 6% per tahun. Dengan bunga serendah itu maka cicilan KUR BRI tidak akan memberatkan para nasabah. Selain itu, KUR BRI juga menawarkan pinjaman untuk para UMKM yang memiliki bisnis online, namun maksimal pinjamannya cuma Rp. 50 Juta.

Bagi yang penasaran dengan KUR BRI Online, bisa menyimak informasi sebelumnya mengenai syarat pengajuan KUR BRI Online. Mengingat plafond yang ditawarkan cuma 50 Juta, maka pinjaman tersebut tidak cocok untuk UMKM yang membutuhkan pinjaman Rp. 100 Juta.

Untuk mendapatkan pinjaman KUR BRI 100 Juta maka harus mengajukan pinjaman ke kantor cabang BRI terdekat. Proses pengajuannya sangat mudah. Begitu pula dengan proses pencairan dana pinjaman yang bisa memakan waktu kurang dari 1 Minggu. Nah bagi yang tertarik mengajukan pinjaman KUR BRI 100 Juta, silahkan simak persyaratannya berikut ini.

Syarat Pengajuan KUR BRI 100 Juta

Syarat KUR BRI 100 Juta

Proses pengajuan KUR BRI 100 Juta bisa dilakukan di kantor cabang BRI terdekat. Saat pengajuan jangan lupa untuk membawa semua persyaratan yang dibutuhkan. Syaratnya sangat mudah karena hanya perlu membawa persyaratan dokumen sebagai berikut.

  1. Fotocopy KTP Suami dan Istri
  2. Fotocopy Kartu Keluarga
  3. Fotocopy Surat Nikah
  4. Fotocopy Agunan (Sertifikat/BPKB)
  5. NPWP
  6. Surat Keterangan Usah/Izin Usaha

Nah itulah beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Selain syarat tersebut, nasabah wajib memiliki usaha yang produktif dan layak. Bentuk usaha akan dibuktikan dengna Surat Keterangan Usaha yang diterbitkan oleh kelurahan ataupun instansi terkait lainnya.

Lama usaha yang dijalani minimal 6 bulan. Jika kurang dari itu maka pengajukan KUR BRI akan ditolak. Selain itu, nasabah tidak boleh sedang menerika kredit dari perbankan kecuali kredit dalam bentuk KPR, KKB dan Kartu Kredit.

Jika sebelumnya masih ada tunggakan cicilan dari bank lain ataupun pinjaman dari Bank BRI maka wajib dilunasi terlebih dahulu. Jika sudah lunas maka barulah bisa mengajukan pinjaman KUR BRI 100 Juta. Tak hanya itu, nasabah juga wajib menyiapkan dokumen agunan.

Nasabah bisa menggunakan Sertifikat Tanah atau BPKB Mobil yang nilainya setara dengan jumlah pinjaman. Nantinya dokumen asli akan disimpan oleh pihak bank sebagai jaminan. Setelah lunas, barulah jaminan dikembalikan.

Jika memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan Bank BRI, maka pengajuan bisa di ACC. Namun sebelum itu, nasabah harus terlebih dahulu menentukan jangka waktu cicilan yang diinginkan. Dimana maksimum masa pinjaman adalah 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan 5 tahun untuk Kredit Investasi.

Nantinya akan ada proses survey ke lokasi usaha untuk menentukan kelayakan nasabah. Jika memang layak maka tinggal menunggu pencairan dana yang akan langsung ditransfer ke rekening Bank BRI. Itu artinya nasabah wajib memiliki rekening BRI jika ingin mengajukan pinjaman KUR BRI 100 Juta.

Bunga dan Angsuran KUR BRI 100 Juta

 

Syarat dan prosedur pengajuan KUR BRI 100 Juta tergolong sangat mudah. Asalkan syaratnya lengkap maka pengajuan bisa dengan mudah disetujui oleh pihak Bank BRI. Lalu bagaimana dengan besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan? Jika mengajuan pinjaman 100 Juta maka cicilannya adalah sebagai berikut.

  • 12 Bulan : Rp. 8.606.643
  • 18 Bulan : Rp. 5.823.849
  • 24 Bulan : Rp. 4.432.057
  • 36 Bulan : Rp. 3.042.188
  • 48 Bulan : Rp. 2.348.354
  • 60 Bulan : Rp. 1.933.604

Silahkan kalian hitung sendiri berapa total pinjaman yang harus dibayarkan sampai cicilan lunas. Yah, jumlahnya memang relatif kecil jika dibanding pinjaman Bank BRI lainnya. Inilah kenapa banyak pengusaha UMKM yang lebih memilih KUR BRI untuk mengembangkan bisnisnya.

Berapapun nominal pinjaman yang anda ajukan, bunganya sama saja. Dimana bunga KUR BRI 100 Juta adalah sebesar 6% per tahun. Dengan bunga sekecil itu maka KUR BRI merupakan pilihan paling tepat bagi para UMKM yang membutuhkan modal bisnis ataupun investasi.

Kesimpulan

Bagi yang tertarik mengajukan pinjaman KUR BRI silahkan datang langsung ke kantor cabang terdekat atau menghubungi marketing KUR BRI. Kami jamin proses pengajuannya akan sangat cepat, selama semua persyaratan terpenuhi.

Cukup sekian informasi seputar pinjaman KUR BRI Rp. 100 Juta. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang tertarik mengajukan pinjaman tersebut. SImak pula informasi lainnya mengenai  Cara Menyelesaikan Kredit Macet dan beragam artikel lainnya.

Founder dan CEO cicilan.id yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di Bank Swasta dan mengetahui seluk beluk dunia pinjaman di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *