4 Pinjaman Bank BNI Dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Bank BNI merupakan salah satu Bank milik BUMN yang memiliki beberapa pilihan produk pinjaman dengan menyesuaikan keadaan masyarakat Indonesia. Untuk mengajukan pinjaman ke Bank BNI pastinya harus ada agunan atau jaminan agar pengajuan pinjaman tersebut bisa diterima.

Diantara agunan atau jaminan tersebut yaitu, bisa berupa BPKB, Sertifikat tanah ataupun Sertifikat rumah yang bisa kamu gunakan sebagai syarat mengajukan pinjaman. Jika kamu butuh dana besar untuk berbagai kebutuhan seperti untuk biaya sekolah, renovasi rumah, modal usaha atau lainnya maka kamu bisa menggunakan sertifikat rumah sebagai jaminannya.

Dengan menggunakan sertifikat rumah sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman di BNI maka proses pengajuannya akan lebih mudah dan tidak banyak persyaratan sehingga kamu bisa mendapatkan dana pinjaman dengan lebih cepat. Nah, dalam Bank BNI ada salah satu produk yang persyaratannya menggunakan jaminan sertifikat rumah, produk tersebut yaitu BNI Griya Multiguna yang bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman.

Selain itu, produk BNI Griya Multiguna juga memiliki berbagai macam keunggulan yang bisa nikmati dan kamu gunakan. Untuk mengetahui apa saja persyaratan dan cara mengajukan pinjaman ke Bank BNI menggunakan jaminan sertifikat rumah, maka silakan simak ulasan berikut ini.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ada produk Bank BNI yang persyaratannya menggunakan jaminan sertifikat rumah yaitu BNI Griya Multiguna. Produk ini memiliki jangka waktu angsuran sampai dengan 10 tahun dan menariknya, dana pinjaman dari produk ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan bahkan bisa digunakan untuk keperluan konsumtif.

Pinjaman Bank BNI dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Cara Pinjaman Bank BNI Dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Syarat dan Ketentuan Mengajukan Pinjaman Bank BNI

Untuk bisa mendapatkan pinjaman melalui produk BNI Griya Multiguna ini, kamu harus melengkapi persyaratannya agar pengajuan pinjaman bisa disetujui. Nah untuk mengetahui apa saja syarat-syaratnya, maka bisa simak penjelasan CICILAN.ID seperti berikut.

  1. WNI (Warga Negara Indonesia).
  2. Usia minimal saat pengajuan adalah berusia 21 tahun dan untuk usia maksimal saat kredit lunas adalah berusia 55 tahun bagi Karyawan serta berusia 65 tahun bagi Wiraswasta dan Profesional.
  3. Mengisi formulir pengajuan pinjaman.

Setelah semua syarat wajib terpenuhi maka selanjutnya adalah dengan Melengkapi Persyaratan Dokumen dokumen ini juga di siapkan selain syarat utama. Adapun dokumen syaratnya adalah  berikut ini:

  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • Fotokopi KTP (Bagi yang sudah menikah menggunakan fotokopi KTP Suami dan Istri sertakan juga fotokopi Surat Nikah).
  • Fotokopi NPWP milik pribadi atau SPT PPH 21.
  • Fotokopi Surat Ijin Usaha / Legalitas Usaha dari instansi yang berwenang untuk pengusaha dan wiraswasta.
  • Fotokopi Ijin Praktek / Profesi untuk wiraswasta dan pengusaha.
  • Fotokopi Dokumen Jaminan seperti, IMB, Sertifikat dan Bukti lunas PBB pada tahun terakhir.
  • Surat Keterangan Kerja dan Slip gaji untuk pegawai tetap (asli).
  • Fotokopi Rekening gaji 3 bulan terakhir bagi pegawai tetap.
  • Fotokopi Laporan keuangan dari 2 tahun terakhir untuk pengusaha dan wiraswasta.
  • Fotokopi Rekening Koran dari 6 bulan terakhir untuk profesional dan wiraswasta.
  • Pas foto pemohon berukuran 3×4 (Jika sudah menikah, sertakan foto suami / istri).

Biaya-Biaya BNI Griya Multiguna

Ada beberapa biaya yang harus dikelurkan ketika kamu mengajukan pinjaman pada produk BNI Griya Multiguna ini. Biaya-biaya tersebut bisa dilihat pada penjelasan berikut ini.

  1. Biaya Provisi, biaya jenis ini akan dikenakan biaya sebesar 1% dari maksimal kredit eenmalig.
  2. Biaya Administrasi, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp750 ribu hingga Rp2 juta.
  3. Biaya Appraisal dan Notaris, jumlah biayanya akan ditentukan kemudian.
  4. Biaya Asuransi Kebakaran dan Asuransi Jiwa, nominal biayanya akan ditentukan kemudian.

Cara Mengajukan Pinjaman Bank BNI Dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Setelah mengetahui produk pinjaman BNI yang menggunakan jaminan sertifikat rumah beserta syarat-syaratnya, selanjutnya tinggal mengajukan pinjaman dengan datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat. Brikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengajukan pinjaman di Bank BNI, simak penjelasannya.

  1. Pertama, datangi kantor cabang BNI terdekat sambil membawa persyaratan dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya.
  2. Setelah sampai di kantor cabang BNI kemudian sampaikan kepada petugas satpam tentang maksud kedatangan kamu, nantinya akan diambilkan nomor antrean pada bagian CS.
  3. Jika sudah kemudian tunggu hingga dipanggil.
  4. Setelah dipanggil, selanjutnya langsung menuju pada bagian CS untuk menyampaikan bahwa akan mengajukan pinjaman menggunakan jaminan sertifikat rumah.
  5. Kemudian oleh petugas CS akan diminta untuk mengisi formulir dan meminta persyaratan berkas dokumen.
  6. Jika sudah maka petugas CS akan melakukan pengecekkan data diri dan lainnya untuk memastikan bahwa persyaratan sudah lengkap atau belum. Jika sudah lengkap, nanti akan disurvei untuk memastikan layak mendapatkan pinjaman atau tidak dan kamu bisa pulang lebih dulu.
  7. Selanjutnya tunggu hingga ada petugas dari BNI untuk melakukan survei. Jika petugas BNI sudah datang ke rumah kamu untuk melakukan survei dengan berbagai pertanyaan, maka jawablah dengan jawaban yang meyakinkan agar pengajuan kamu bisa diterima.
  8. Apabila sudah dinyatakan layak untuk mendapatkan pinjaman, selanjutnya pihak BNI akan menghubungi kamu untuk datang kembali ke kantor cabang BNI guna melakukan penandatanganan dan persetujuan pengajuan pinjaman.
  9. Jika sudah melakukan tanda tangan dan sudah menyetujui semua ketentuannya, maka dana pinjaman akan segera dicairkan melalui rekening kamu dengan waktu yang tidak lama.

Akhir Kata

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mangajukan Pinjaman Bank BNI dengan jaminan sertifikat rumah. Dengan adanya cara tersebut, kamu bisa menyiapkan terlebih dahulu persyaratannya sehigga proses pengajuan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Jadi BNI menyedialan pinjaman BNI Griya Multiguna untuk opsi terbaik pengguna yang ingin melakukan pinjaman dengan sertifikat rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ketahui juga Cara Pembayaran Rupiah Cepat di Alfamart pada ulasan Cicilan.id sebelumnya.

Restiana Dewi

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *