Lompat ke konten

5 Pinjaman Modal Nikah di Bank BRI Terbaru 2024

Pinjaman Modal Nikah di Bank BRI

Pinjaman Modal Nikah di Bank BRI bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat. Dimana BRI menawarkan pinjaman jenis ini kusus untuk para nasabah mereka yang sudah memenuhi syarat dari BRI.

Pernikahan memang tidak jauh dari yang namanya biaya, apalagi di jaman sekarang ini banyak orang yang ingin pernikannya mirip pernikahan kalangan para artis. Tentunya, biaya yang dibutuhkan tidak sedikit dan harus mempersiapkan jauh-jauh hari untuk mengumpulkan modal.

Bagi yang ingin menikah, namun belum punya cukup uang untuk merayakannya jangan khawatir karena sekarang ini sudah ada modal untuk pernikahan yang bisa didapatkan melalui KTA (Kredit Tanpa Agunan). Cara ini bisa diandalkan dan syartanya pun cukup mudah karena tidak perlu jaminan untuk mendapatkan modal pernikahan tersebut.

Sebelum lanjut ke poin-poin penting, sebaiknya ketahui dahulu apa saja yang harus dipehatikan ketika menggunakan KTA sebagai modal nikah. Meskipun terlihat mudah, namun harus hati-hati dalam menggunakan KTA BRI tersebut dan mungkin harus ketahui secara lebih detail tentang apa itu KTA.

KTA sendiri merupakan sebuah produk dari Bank dimana nasabah bisa meminjam sejumlah uang untuk berbagai keperluan tanppa harus memberikan jaminan. Biasanya, jaminan yang diberikan berupa Pinjaman jaminan sertifikat rumah, Pinjaman jaminan BPKB mobil, Pinjaman jaminan BPKB motor dan jaminan lainnya sesuai dengan yang dimiliki dan jumlah uang yang akan di pinjam.

Mekanisme Pinjaman Modal Nikah di Bank BRI

Cara Pinjaman Modal Nikah di Bank BRIWalaupun KTA tidak menggunakan jaminan, namun bukan berarti tidak ada syarat sama sekali saat menggunakan produk ini. Produk KTA ini ditujukan untuk para nasabah yang memiliki usia produktif yaitu mulai dari umur 21 tahun hingga umur 60 tahun.

Selain itu, nasabah juga harus memiliki komponen kredit berupa catatan kemampuan untuk mengelola keuangan yang terdapat dalam buku tabungan di Bank tertentu. Dengan demikian, KTA bisa diterima atau tidak karena berdasarkan analisis nilai dari kemampuan dalam membayar dana yang akan dipinjam. Simak beberapa rangkuman menarik dari CICILAN.ID berikut ini menggenai Pinjaman Modal Nikah di Bank BRI Terbaru yang pastinya akan sangat bermanfaat.

1. Menentukan Bank Terlebih Dahulu

Sebelum mengajukan pinjaman KTA, sebaiknya tentukan terlebih dahulu Bank mana yang memberikan layanan terbaik untuk KTA. Beberapa Bank sudah menyediakan layanan KTA ini, salah satu Bank tersebut adalah Bank BRI yang juga bisa menjadi rekomendasi bagi nasabah yang ingin melakukan pijaman KTA untuk keperluan nikah.

Salah satu poin untuk menentukan kesehatan pembayaran KTA nasabah adalah kenyamanan yang ditawarkan oleh pihak Bank. Jadi, jangan salah pilih saat menentukan Bank yang akan diajukan pinjaman KTA untuk berbagai keperluan.

2. Memiliki Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit akan menjadi poin penting karena bisa menjadi bahan untuk menganalisis dan memantau pola pembayaran calon nasabah dari Bank penyedia KTA. Batas minimum kartu kredit paling tidak sudah berjalan selama 1 tahun sehingga memudahkan saat menganalisa pembayaran kartu kredit tersebut. Jadi, kepemilikan kartu kredit juga sangat berguna sebagai bahan pertimbangan untuk mendapatkan pinjaman KTA.

3. Persiapkan Syarat-Syarat yang Diperlukan

Meskipun pinjaman KTA tidak menggunakan jaminan, namun tidak menutup kemungkinan ada syarat-syarat yang diperlukan untuk mendapatkan pinjaman KTA tersebut. Maka dari itu, berikut ini adalah sayarat-syarat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu agar proses pinjaman KTA bisa berjalan dengan lancar.

  1. Fotokopi KTP.
  2. Fotokopi Kartu Kredit.
  3. Fotokopi Slip Gaji.
  4. Fotokopi SIUP.
  5. Fotokopi NPWP (jika ada).
  6. Dokumen pelengkap lainnya.

Persyaratan diatas kemungkinan juga bisa bertambah sesuai dengan kebijakan dari bank BRI selaku penyelanggara. Untuk lebih lengkap silahkan tanyakan menggenai Mekanisme Pinjaman Modal Nikah di Bank BRI dengan menghubungi call center atau kantor bank BRI terdekat.

4. Cara Mengajukan Pinjaman KTA

Setelah semua persyaratan sudah disiapkan, langkah selanjutnya bisa datang langsung ke Bank BRI atau via online untuk melakukan pendaftaran. Beberapa Bank biasanya sudah menyediakan fasilitas pengajuan KTA secara online untuk memudahkan para calon nasabah.

Bagi calon nasabah yang tidak ingin ribet dan terlalu lama di Bank, maka bisa melakukan pendaftaran melalui online untuk mengisi formulir yang sudah disediakan. Sedangkan bagi calon nasabah yang bingung atau tidak tahu cara mendaftar lewat online, maka bisa datang langsung ke Bank untuk mengisi formulir pengajuan KTA yang sudah disiapkan.

5. Melakukan Survei dan Verifikasi

Pada tahapan ini, Bank akan melakukan survei dengan mendatangi rumah atau kantor calon nasabah. Hal ini dilakukan untuk mengecek kelengkapan persyaratan pengajuan KTA dan merupakan tahap wawancara dimana calon nasabah akan dimintai keterangan oleh pihak Bank.

Setelah semua survei selesai dan disetujui oleh pihak Bank, maka tinggal tunggu kabar dari Bank apakah pengajuan KTA diverifikasi atau tidak dan jika pengajuan tersebut disetujui, maka pencairan dana bisa dilakukan satu hingga dua minggu setelah proses survei dan administratif selesai dilakukan.

KESIMPULAN

Pinjaman KTA memang dinilai lebih fleksibel untuk berbagai macam keperluan termasuk sebagai modal untuk menikah. Namun, sebaiknya gunakan pinjaman KTA tersebut dengan lebih bijak karena mungkin akan mengalami keberatan dalam pembayaran yang biasanya pihak Bank akan menerapkan suku bunga yang banyak jika jangka waktu pinjaman lebih lama.

Maka dari itu, saat memilih jangka waktu pinjaman usahakan dalam waktu yang pendek agar bunga yang harus dibayarkan tidak terlalu banyak. Selain itu, pelunasan KTA juga tidak bisa sesuka hati kerana jika calon nasabah memiliki uang yang banyak tetap tidak bisa melunasi KTA dalam sekali jadi, namun harus sesuai dengan perjanjian awal saat mengajukan KTA.

Demikian ulasan yang bisa dijelaskan tentang cara pinjaman pernikahan di Bank BRI. Sebelum mengajukan pinjaman KTA sebagai modal nikah, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu 5 poin yang perlu diperhatikan seperti, Jangan tutupi cicilan dengan Kartu Kredit, Jangan melewati batas waktu, Lakukan pinjaman dalam jumlah kecil, Memilih jangka waktu yang pendek dan Lakukan survei pada produk KTA terlebih dahulu.

Dengan memperhatikan 5 poin tersebut, maka saat menajukan pinjaman KTA bisa menjadi lebih hati-hati karena bunga yang harus dibayarkan tidak sedikit. Semoga bermanfaat baca juga informasi penting lainnya seperti Biaya Administrasi KUR BNI yang mungkin cukup bermanfaat untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *