13 Proses Pencairan Dana Multiguna Home Credit Terbaru

Proses Pencairan Dana Multiguna Home Credit masih banyak di pertanyakan oleh nasabah Home Credit padahal proses ini sebenarnya mudah. Setelah semua syarat terpenuhi dan melakukan pengajuan sebenarnya proses pencairan sendiri cukuplaah cepat.

Berdiri sejak tahun 2013, PT Home Credit Indonesia (HCI) ini sudah memiliki beberapa cabang di kota-kota besar di seluruh Indonesia dengan menawarkan Home Credit multiguna. HCI ini merupakan salah satu perusahan finance yang menyediakan dana pinjaman tunai untuk berbagai kebutuhan yang dilakukan secara online.

Selain itu, HCI juga menyediakan pembiayaan multiguna dan menawarkan pembiayaan non tunai mulai dari peralatan elektronik hingga furniture. Tidak hanya itu saja, Home Credit multiguna juga memberikan pinjaman tunai untuk keperluan lainnya seperti untuk pendidikan, renovasi rumah dan bahkan untuk liburan pun bisa menggunakan Home Credit multiguna ini.

Home Credit multiguna menawarkan pinjaman dana tunai melalui produknya yang bernama Dompet Online Multiguna (DONA) yang memberikan pinjaman tunai tanpa jaminan melalui aplikasi online. Dalam aplikasi Home Credit ini menyediakan pinjaman mulai dari 3 juta, 5 juta, 10 juta, 15 juta hingga 25 juta dengan tenor maksimal hingga 42 bulan.

Menariknya, siapapun boleh mengajukan pembiayaan multiguna ini dengan tujuan yang jelas sehingga jika sudah tahu tujuan meminjam uang, maka bisa langsung mengajukan pinjaman multiguna di aplikasi Home Credit. Namun, sebelum lanjut ke proses pencairan dana multiguna Home Credit, sebaiknya ketahui dahulu Biaya pinjaman, Bunga dan Dendanya.

Kamu perlu tahu kalau Biaya Administrasi merupakan Biaya administrasi yang diberlakukan oleh Home Credit yaitu sebesar 199 ribu. Pastinya biaya administrasi tersebut akan mempengaruhi beban pinjaman para nasabah.

Biaya Premi Asuransi adalah Tujuan biaya premi asuransi ini untuk memberikan perlindungan kepada para nasabah dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, rawat inap dan meninggal dunia selama dalam masa cicilan. Selain itu, ada biaya pembayaran cicilan sebesar 5 ribu dan biaya pelunasan awal mencapai 150 ribu.

Proses Pencairan Dana Multiguna Home Credit

Proses Pencairan Dana Multiguna Home Credit Terbaru

Suku bunga yang diberikan perbulanya di Home Credit tergantung dari jumlah pinjaman dan tenor yang diambil dengan suku bunga rata-rata antara 2% hingga 4%. Angka tersebut pastinya lebih rendah jika dibandingkan dengan bunga di fintech P2P yang mencapai 24% perbulannya.

Syarat Pengajuan Pinjaman Home Credit Multiguna Tanpa Jaminan kali ini mungkin bisalah menjadi salah satu hal yang cukup wajib kamu ketahui. Berikut CICILAN.ID sampaikan syarat terbaru dari Home Credit untuk pengajuan pinjaman.

  1. Berkewarganegaraan Indonesia.
  2. Memiliki usia minimal 21 tahun atau 19 tahun (jika sudah menikah) dan usia maksimal hingga 55 tahun.
  3. Memiliki e-KTP.
  4. Mempunyai penghasilan tetap.
  5. Mempunyai rekening Bank yang masih aktif dan dalam 3 bulan terakhir melakukan minimal 1 kali transaksi.

Setelah syarat-syarat diatas sudah dipenuhi, maka bisa lanjut ke cara pengajuannya. Berikut cara-caranya.

  1. Pertama, buka aplikasi Play Store di Smartphone kemudian cari aplikasi Home Credit Indonesia.
  2. Setelah ketemu lalu unduh dan instal aplikasi tersebut.
  3. Jika sudah, maka buka aplikasi tersebut dan masuk ke menu “DONA”.
  4. Setelah itu, pilih tujuan pemakaian dana tunai lalu plih “Daftar”.
  5. Apabila sudah, maka akan diminta untuk menentukan plafon pinjaman mulai dari 3 juta hingga 25 juta dengan maksimal tenor hingga 42 bulan.
  6. Jika jumlah plafon pinjaman sudah ditentukan, selanjutnya akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan foto sambil memegang KTP.
  7. Selain itu, data lengkap juga harus diisi seperti nama, tempat dan tanggal lahir, nomor KTP, nomor telepon, jumlah penghasilan, alamat/domisili dan pernyataan ada atau tidak cicilan kredit lain yang dimiliki.
  8. Jika formulir sudah diisi semua, maka Home Credit akan meminta akses ke rekening Bank atau transportasi online yang dimiliki seperti Gojek atau Grab.
  9. Setelah semua proses diatas selesai dilakukan, selanjutnya akan menerima rangkuman seputar informasi pengajuan pinjaman dana tunai dan profil peminjam.
  10. Baca informasi tersebut dengan seksama, setelah itu pastikan data yang sudah diisi sudah benar dan sesuai.
  11. Apabila sudah benar dan sesuai, maka tinggal pilih “Ajukan Pinjaman”.
  12. Sebelum melangkah ketahap akhir, sebaiknya baca terlebih dahulu perjanjian dan ketentuan pengajuan pembiayaan multiguna Home Credit dengan teliti.
  13. Apabila setuju dengan perjanjian dan ketentuan tersebut, maka bisa pilih “Setuju”.

Proses pengajuan pinjaman sudah selesai kemudian pihak Home Credit akan memproses pengajuan tersebut sekitar 30 menit. Apabila dana tunai sudah didapatkan, maka wajib menyampaikan kwitansi pembelian barang atau jasa agar tujuan penggunaan dana tersebut bisa diketahui.
Hal ini harus dilakukan karena sebagai bentuk verifikasi, apabila kwitansi tidak disampaikan maka akan dikenakan penalti satu kali cicilan. Penalti tersebut wajib dibayarkan pada cicilan bulanan yang paling akhir.

Pencairan Dana Home Credit

Home Credit Multiguna membutuhkan waktu hingga 3×24 jam setelah pengajuan pinjaman disetujui dan waktu tersebut yang termasuk cepat cair. Tanda tangan kontrak untuk peminjam akan dilakukan secara elektronik melalui link yang dikirimkan melalui SMS atau email.

Setelah mengklik link yang diberikan melalui SMS atau email, selanjutnya bisa melakukan tandatangan kontrak dengan menggunakan kode OTP (One Time Password). Jika sudah dilakukan, maka dana akan dicairkan melalui rekening Bank yang sudah disertakan oleh peminjam pada syarat pengajuan pinjaman Home Credit.

Itulah ulasan seputar proses pencairan dana multiguna Home Credit yang sudah dijelaskan. Home Credit multiguna bisa menjadi solusi bagi yang membutuhkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan.

Namun, perlu hati-hati terutama saat membaca perjanjian kontraknya jangan sampai ada masalah dikemudian hari. Semoga bermanfaat simak juga informasi menarik lainnya seperti Pinjaman Modal Nikah Di Bank BRI pada artikel sebelumnya dari cicilan.

Restiana Dewi

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *