22 Syarat KUR Bank BJB 2024 : Bunga & Tabel Angsuran Pinjaman

Bank BJB memiliki beragam produk pinjaman yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Nah bagi nasabah yang membutuhkan modal kerja, investasi, dan untuk menjadi TKI maka bisa memilih pinjaman KUR Bank BJB.

Pinjaman ini memiliki memiliki bunga sangat ringan karena mendapatkan subsidi dari Pemerintah. Namun tidak semua nasabah bisa mengajukan pinjamanan tersebut karena ada beberapa syarat KUR Bank BJB yang harus dipenuhi.

Soal persyaratan tidak perlu khawatir karena syarat KUR Bank BJB tergolong mudah. Bank BJB juga membagi pinjaman ini menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR TKI.

Setiap jenis KUR memiliki plafond pinjaman berbeda-beda. Maksimal mencapai Rp. 500 Juta sama halnya dengan KUR BRI ataupun KUR Mandiri. Selain maksimal pinjaman yang besar, KUR Bank BJB juga memiliki jangka waktu pinjaman yang tergolong lama.

Nasabah bebas memilih jangka waktu pinjaman sesuai kebutuhan. Namun sebelum itu, silahkan simak terlebih dahulu semua syarat pinjaman KUR Bank BJB yang kami sampaikan pada artikel cicilan.id berikut ini.

Syarat KUR Bank BJB

Syarat KUR Bank BJB

Pinjaman ini tersedia untuk nasabah Perorangan dan Badan Usaha. Syarat yang dibutuhkan sedikit berbeda, namun sama-sama mudah dan tidak akan memberatkan nasabah yang mengajukan pinjaman KUR Bank BJB.

Salah satu syarat wajib agar bisa mengajukan pinjaman ini adalah harus memiliki usaha aktif dan produktif yang layak mendapatkan pinjaman.

Untuk membuktikan usaha yang diajukan, nasabah harus membuat Surat Keterangan Usaha. Surat tersebut bisa didapatkan di Kelurahan ataupun diterbitkan oleh pejabat yang berwenang.

Apabila nekat mengajukan KUR Bank BJB tanpa memiliki usaha kami yakin 100% pengajuan akan ditolak. Selain itu masih ada beberapa persyaratan lainnya yang bisa anda simak pada ulasan berikut ini.

Persyaratan Perorangan

  1. Pas photo calon debetur dan pasangan apabila sudah menikah
  2. Fotocopy E-KTP calon debitur & pasangan
  3. Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
  4. Fotocopy Surat Nikah/ Surat Cerai/Surat Kematian (Jika Ada)
  5. Untuk pengajuan di atas Rp. 50 Juta wajib menyertakan fotocopy KTP
  6. Calon debetur tidak sedang menerima kredit perbankan lainnya, kecuali kartu kredit, KPR, dan kredit kendaraan bermotor
  7. Istri/suami peserta KUR yang tercatat, baik itu perorangan, anggota kelompok tidak dapat dibiayai oleh KUR
  8. Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan ataupun yang diterbitkan oleh pejabat yang berwenang
  9. Dokumen jaminan atau agunan berupa BPKB atau SHM beserta kelengkapan pendukung

Persyaratan Badan Usaha

  1. Akta Pendirian dan perubahannya
  2. Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga atau anggaran dasar lainnya yang dipersamakan dengan hal tersebut
  3. eKTP Pengurus Badan Usaha
  4. eKTP Penjamin (jika agunan bukan atas nama badan usaha)
  5. eKTP Pasangan Penjamin (jika agunan bukan atas nama badan usaha)
  6. NPWP atas nama badan usaha
  7. Seluruh ijin atau legalitas usaha yang dimiliki masih berlaku
  8. Hasil Rapat Anggota Tahunan (minimal 2 periode terakhir) serta penetapan sususan pengurus yang telah dilegalisasi oleh instansi yang berwenang (khusus bagi koperasi)
  9. Khusus PT menyertakan Surat Keputusan MenHUM & HAM RI beserta perubahannya
  10. Khusus PT harus menyeratakan Hasil RUPS terakhir
  11. Dokumen pembayaran pajak usaha berikut SPT Tahunan dan rekening listrik, telepon dan air, untuk tempat usaha (minimal bulan terakhir)
  12. Laporan keuangan tahunan minimal 2 tahun terakhir dan laporan keuangan periode terakhir
  13. Dokumen jaminan asli dan kelengkapannya

Silahkan mempersiapkan semua syarat KUR Bank BJB di atas. Syaratnya tidak terlalu sulit karena hanya perlu menyiapkan dokumen identitas, jaminan, dan persyaratan umum lainnya.

Pinjaman ini memang mengharuskan nasabah memiliki jaminan. Nilai jaminan harus setara dengan jumlah pinjaman. Jenis jamian nyang digunakan bisa berupa SHM atua BPKB kendaraan bermotor.

Nantinya jaminan akan dikembalikan setelah kredit lunas. Nah berbicara mengenai waktu pelunasan, Bank BJB menawarkan jangka waktu pinjaman maksimum 36 bulan untuk Modal Kerja dan 60 Bulan untuk Investasi.

Nah setelah semua persyaratan lengkap maka tinggal mengajukan pinjaman ke kantor cabang Bank BJB terdekat. Namun sebelum itu, silahkan simak terlebih dahulu tabel angsuran KUR Bank BJB berikut ini.

Tabel Angsuran KUR Bank BJB

Tabel Angsuran KUR Bank BJBTabel angsuran KUR Bank BJB di atas hanya sebatas referensi. Besaran angsuran dan bunga bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan yang dikeluarkan Bank BJB. Namun untuk saat ini bunga pinjaman KUR Bank BJB hanya sebesar 6% per tahun.

Dengan bunga hanya 6% per tahun, maka otomatis angsuran KUR Bank BJB menjadi lebih ringan. Bunga tersebut berlaku untuk semua jenis KUR Bank BCA dengan maksimal pinjaman hingga Rp. 500 Juta.

Pada tabel di atas kami hanya memberikan rincian angsuran untuk KUR Mikro yang memiliki limit pinjaman Rp. 10 Juta sampai dengan Rp. 50 Juta. Selain itu, Bank BJB juga menawarkan KUR Kecil dengan masimum pinjaman sebagai berikut

  • KUR Super Mikro : s/d Rp. 10.000.000
  • Usaha Mikro : Rp. 10.000.000 – Rp. 50.000.000
  • Usaha Kecil : Rp. 50.000.000 -d 500.000.000
  • KUR TKI : Rp. 25.000.000

Prosedur Pengajuan

Setelah mengetahui semua syarat KUR Bank BJB maka tinggal mengajukan pinjaman ini. Cara pengajuannya sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan semua persyaratan di atas, lalu bawa ke kantor cabang terdekat.

Sesampainya di kantor cabang, silahkan bertemu langsung dengan petugas Bank BJB. Kemudian serahkan semua dokumen persyaratan untuk ditinjau dan diverifikasi. Jika memenuhi semua persyaratan maka tinggal menunggu proses survey ke lokasi usaha.

Pihak Bank BJB akan melakukan survey untuk menentukan kelayakan nasabah, apakah pantas mendapatkan pinjaman atau tidak. Apabila disetujui maka nasabah bisa langsung mendapatkan uang pinjaman sesuai dengan nominal pinjaman yang diajukan.

Uang akan ditransfer langsung ke rekening nasabah. Namun biasanya tidak 100% karena akan dipotong biaya administrasi dan provisi, sesuai kebijakan Bank BJB. Setelah itu tinggal membayar angsuran setiap bulannya sampai jangka waktu yang dipilih.

Kesimpulan

Nah demikianlah informasi seputar syarat pengajuan pinjaman KUR Bank BJB beserta tabel angsuran per bulan. Silahkan anda mencoba mengajukan pinjaman ini jika telah memenuhi semua persyaratan di atas.

Kami tidak menjamin pengajuan akan disetujui, karena tergantung dari kelayakan masing-masing nasabah. Cukup sekian informasi cicilan.id pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Mengembalikan Limit Kredit Akulaku dan beragam artikel lainnya.

Founder dan CEO cicilan.id yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di Bank Swasta dan mengetahui seluk beluk dunia pinjaman di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *