18 Syarat KUR Bank Jateng dan Tabel Angsuran 2021

Syarat KUR Bank Jateng

Bank Jateng memiliki beragam jenis pinjaman dan salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Syarat pengajuan pinjaman KUR Bank Jateng tergolong mudah sehingga bisa menjadi solusi bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang membutuhkan pinjaman modal.

Pinjaman KUR Bank Jateng hanya dikhususkan untuk perorangan atau badan usaha yang memiliki usaha aktif dan produktif. Ada dua jenis pinjaman yang ditawarkan, yakni KUR Mikro dan KUR Ritel.

Perbedaan KUR Mikro dan KUR Ritel terletak dari jumlah plafond kredit yang bisa didapatkan nasabah. Untuk KUR Mikro memiliki plafond maksimal Rp. 25 Juta. Sedangkan KUR Ritel memiliki plafond kredit Rp. 25 Juta s/d Rp. 500 Juta.

Nominal pinjaman KUR Bank Jateng memang relatif besar dan tidak berbeda jauh dengan KUR Mandiri serta KUR BRI yang sudah kami sampaikan pada artikel sebelumnya. Nah untuk mengetahui apa saja syarat pinjaman KUR Bank Jateng silahkan simak di bawah ini

Syarat Pengajuan Pinjaman KUR Bank Jateng

Syarat Pengajuan Pinjaman Bank Jateng

Syarat KUR Bank Jateng

Agar pengajuan pinjaman KUR Bank Jateng di setujui, maka nasabah harus terlebih dahulu menyiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi, mulai dari kartu identitas, hingga agunan yang digunakan sebagai jaminan.

Nilai agunan harus sesuai dengan nilai pinjaman. Apabila anda mengajukan pinjaman dengan nilai Rp. 20 Juta maka jaminan yang digunakan harus setara. Jika nilainya kurang maka pengajuan pinjaman tidak akan disetujui.

Untuk jaminan bisa menggunakan BPKB Kendaraan bermotor atau Sertifikat Tanah (SHM). Jaminan yang digunakan harus asli dan nantinya akan disimpan oleh pihak Bank. Setelah pinjaman lunas, barulah jaminan akan dikembalikan ke nasabah.

Selain jaminan, masih ada beberapa syarat KUR Bank Jateng lainnya. Bagi yang penasaran ingin mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan, silahkan simak informasi cicilan.id berikut ini.

Plafon Kredit

  1. Plafond Kredit KUR Mikro : Rp.25 Juta
  2. Plafond Kredit KUR Ritel  : Rp.25 Juta -Rp.500 juta

Jangka Waktu Pinjaman

  1. Modal Kerja : Mikro 3 tahun dan Ritel 4 tahun
  2. Investasi : Mikro 5 tahun dan Ritel 5 tahun

Syarat Perorangan

  1. Mengisi formulir aplikasi pengajuan pinjaman KUR Bank Jateng
  2. Fotocopy KTP Suami dan Istri
  3. Pas Foto Suami dan Istri
  4. Fotocopy Kartu Keluarga
  5. Surat Keterangan Usaha/ SIUP
  6. Fotocopy NPWP untuk pinjaman di atas 50 Juta Rupiah.
  7. Jaminan SHM + SPPT atau BPKB Kendaraan bermotor yang asli

Syarat Badan Usaha

  1. Mengisi formulir aplikasi pengajuan pinjaman KUR
  2. Surat Keterangan Usaha/ SIUP
  3. Akte Pendirian dan Akte Perubahan
  4. Fotocopy KTP Pengurus
  5. Fotocopy NPWP
  6. Jaminan SHM + SPPT atau BPKB Kendaraan bermotor yang asli
  7. Laporan Keuangan

Silahkan menenuhi semua syarat KUR Bank Jateng di atas. Setelah semuanya siap, maka tinggal mengajukan pinjaman ke kantor cabang Bank Jateng terdekat.

Proses pengajuan pinjaman KUR Bank Jateng sebenarnya cukup mudah. Setelah mengajukan pinjama di kantor cabang Bank Jateng, nantinya akan ada pihak dari Bank yang meninjau lokasi usaha dan menilai apakah layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

Namun sebelum itu anda harus terlebih dahulu menentukan jumlah pinjaman dan jangka waktu pinjaman. Sebagai referensi kami akan memberikan tabel angsuran pinjaman KUR Bank Jateng yang bisa anda simak di bawah ini.

Tabel Angsuran KUR Bank Jateng

Tabel Angsuran KUR Bank Jateng

Salah satu keuntungan KUR Bank Jateng adalah memiliki suku bunga yang ringan. Namun besaran suku bunga bisa berubah sewaktu-waktu, berkisar antara 6% sampai 7% per tahun. Sedangkan untuk bunga perbulan sekitar 0.26%.

Yah, bunganya memang ringan sehingga tidak memberatkan pelaku usaha mikro dan kecil (UMKM) yang membutuhkan pinjaman modal. Terlebih syarat KUR Bank Jateng tidak terlalu ribet. Yang paling penting memiliki usaha aktif dan sudah dilengkapi Surat Keterangan Usaha/ SIUP.

Nasabah bisa memilih jangka waktu pinjaman mulai dari 12 bulan sampai 60 bulan. Semakin lama jangka waktu yang dipilih maka bunga yang dibebankan akan semakin besar. Meskipun begitu, bunga KUR Bank Jateng tetap lebih rendah dibanding pinjaman lainnya.

Kesimpulan

Selain Bank Jateng masih banyak bank lainnya yang menawarkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR). Salah satunya adalah Bank BRI yang bisa kalian simak persyaratannya pada artikel berikut “Syarat KUR BRI“.

Sama halnya dengan KUR BRI, pinjaman KUR Bank Jateng juga mendapatkan subsidi kredit dari Pemerintah sehingga bunganya lebih ringan dibanding kredit perbankan lainnya.

Dengan bunga yang lebih rendah dan syarat pengajuan yang mudah, tentu pinjaman ini sangat cocol bagi nasabah yang memiliki usaha dan membutuhkan modal kerja ataupun untuk investasi.

Nah demikianlah informasi singkat mengenai syarat pengajuan kur Bank Jateng yang dilansir dari bankjateng.co.id. Apabila masih ada pertanyaan, silahkan datang langsung ke kantor cabang Bank Jateng terdekat atau hubungi 14066 (Call Center & Pengaduan).

Founder dan CEO cicilan.id yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di Bank Swasta dan mengetahui seluk beluk dunia pinjaman di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *