32 Syarat KUR BRI 2021 dan Cara Pengajuan Pinjaman

Syarat KUR BRI 2021

Semua bank milik BUMN memiliki program Kredit Usaha Rakyat atau yang kita kenal dengan nama KUR. Pinjaman tersebut juga tersedia untuk nasabah Bank BRI dan untuk mengetahui apa saja syarat pinjaman KUR BRI silahkan simak informasi cicilan.id berikut ini.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan pinjaman yang dikhususkan untuk usaha mikro atau UMKM yang mencari pinjaman kredit modal atau kredit investasi. Menariknya, nasabah Bank BRI bisa mengajukan pinjaman hingga Rp. 500 Juta dengan syarat yang tergolong mudah.

Syarat pengajuan KUR BRI tergantung dari jenis pinjaman yang diajuak. Ada tiga jenis pinjaman yang tersedia, yakni KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR Mikro. Ketiganya memiliki limit pinjaman berbeda-beda.

Untuk pinjaman terbesar adalah KUR Kecil. Pinjaman tersebut memungkinkan nasabah Bank BRI untuk mengajuan pinjaman dengan limit kredit mulai dari Rp. 50 Juta sampai dengan Rp. 500 Juta.

Selain limit pinjaman yang besar, KUR BRI juga memiliki kelebihan bunga yang ringan. Bunga KUR BRI jauh lebih ringan dibanding pinjaman Bank BRI lainnya. Sebab KUR BRI mendapatkan subsidi dari Pemerintah yang dikhususkan untuk para UMKM.

Bagi anda yang memiliki usaha produktif dan membutuhkan pinjaman modal atau investasi maka tidak ada salahnya mengajukan pinjaman KUR BRI. Namun sebelum itu silahkan simak terlebih dahulu syarat KUR BRI berikut ini.

Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI 2021

Cara dan Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Keuntungan

Ada banyak sekali keuntungan apabila mengajukan pinjaman KUR BRI. Sebelum membahas mengenai persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman tersebut, silahkan simak terlebih dahulu beberapa keuntungan yang didapatkan berikut ini.

  1. Memiliki suku bunga sangat rendah dengan suku bunga efektif per tahun sebesar 6%
  2. Syarat pengajuan KUR BRI tergolong mudah
  3. Proses pengajuan pinjaman cepat
  4. Limit pinjaman mencapai Rp. 500 Juta
  5. Bebas biaya administrasi dan provisi
  6. Jangka waktu cicilan hingga 60 bulan

Masih banyak keuntungan lainnya jika mengajukan pinjaman KUR BRI. Yang pasti pinjaman tersebut memiliki syarat yang mudah dan proses pengajuan yang cepat.  Lalu apa saja syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman KUR BRI?

Syarat KUR BRI

Seperti yang kami sampaikan di atas, syarat pengajuan pinjaman Bank BRI tergantung dari jenis pinjaman yang dipilih nasabah. Nasabah bisa memilih KUR Mikro, KUR Kecil, atau KUR TKI.

Setiap jenis pinjaman juga memiliki plafond kredit berbeda-beda dan untuk mengetahuinya silahkan simak di bawah ini.

1. KUR Mikro

KUR Mikro menjadi pinjaman KUR BRI dengan plafond terendah. Nasabah hanya bisa mengajukan pinjaman maksimal Rp. 25 Juta dengan jangka waktu pinjaman mencapai 5 tahun.

Meskipun plafon pinjaman KUR BRI Mikro tergolong rendah, namn syarat pengajuan pinjaman ini sangat mudah. Untuk mengetahuinya silahkan simak berikut ini.

  1. Memiliki usaha produktif dan layak mendapatkan pinjaman KUR BRI
  2. Usaha telah berjalan aktif minimal 6 bulan
  3. Nasabah tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  4. Usia nasabah harus di atas 21 tahun atau minimum 18 tahun bagi yang sudah menikah
  5. Menyerahkan fotocopy KTP Suami dan Istri
  6. Menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga
  7. Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan
  8. Jangka waktu pinjaman untuk jenis pinjaman Kredit Modal Kerja (KMK) maksimum mencapai 3 Tahun
  9. Jangka waktu pinjaman untuk Kredit Investasi (KI) maksimum 5 tahun
  10. Suku bunga efektif sebesar 6% per tahun
  11. Bebas biaya administrasi dan provisi

2. KUR TKI

Jenis pinjaman KUR BRI yang kedua adalah KUR TKI. Pinjamaman ini dikhususkan untuk membiayai keberangkatan calon TKI yang ditempatkan di Singapura, Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

KUR TKI memiliki limit maksimum pinjaman sebesar Rp. 25 Juta atau berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah. Bagi yang tertarik mengajukan pinjaman KUR BRI ini silahkan simak syaratnya di bawah ini.

  1. Dikhususkan untuk calon TKI yang akan berangkat bekerja ke luar negeri dengan negara penempatan Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia
  2. Menyerahkan kartu Identitas berupa fotocopy KTP dan Kartu Keluarga
  3. Memiliki Surat perjanjian kerja dengan pengguna jasa
  4. Menyerahkan Surat perjanjian penempatan
  5. Passpor
  6. Visa
  7. Maksimum Pinjaman KUR TKI sebesar Rp. 25 Juta atau berdasarkan ketentuan yang ditetapkan pemerintah
  8. Maksimum jangka waktu pinjaman mencapai 3 tahun atau berdasarkan kontrak kerja
  9. Suku bunga efektif sebesar 6% per tahun
  10. Bebas biaya administrasi dan provisi

3. KUR Kecil

Bagi yang membutuhkan modal kerja atau investasi dalam jumlah besar kami sarankan untuk mengajukan pinjaman KUR Kecil Bank BRI. Pasalnya pinjaman ini memiliki plafond kredit mencapai Rp. 500 Juta.

Meski maksmum pinjaman yang diberikan lebih besar, namun syarat pengajuan KUR BRI Kecil tidak berbeda jauh dengan jenis pinjaman lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini.

  1. Memiliki usaha yang telah aktif minimal 6 bulan dan layak mendapatkan pinjaman perbankan
  2. Nasabah tidak sedang menerima kredit perbankan, kecuali untuk kredit konsumtif seperti Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Pembiayaan Rumah, dan Kartu Kredit
  3. Usia minimal 21 tahun atau minimum 18 tahun bagi yang sudah menikah
  4. Menyerahkan fotocopy KTP Suami dan Istri
  5. Menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga
  6. Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan
  7. Maksimum pinjaman sebesar Rp. 50 Juta sampai Rp. 500 Juta
  8. Jangka waktu pinjaman maksimum 4 Tahun untuk jenis pinjaman Kredit Modal Kerja (KMK) dan 5 Tahun untuk Kredit Investasi
  9. Suku bunga efektif 6% per tahun
  10. bebas biaya administrasi dan provisi
  11. Menyerahkan agunan asli sesuai dengan peraturan bank

Nah itulah beberapa syarat pengajuan KUR BRI. Nasabah harus menyiapkan semua persyaratan di atas dan beberapa persyaratan lainnya yang telah ditetapkan pihak Bank BRI.

Nantinya pihak Bank BRI akan memberitahukan semua persyaratan yang dibutuhkan saat proses pengajuan pinjaman. Selain itu, nasabah harus menyiapkan agunan asli yang memiliki nilai setara pinjaman.

Jenis agunan yang bisa digunakan adalah Sertifkat Tanah atau BPKB Kendaraan bermotor dengan nilai setara pinjaman. Lalu bagaimana cara mengajuan pinjaman Bank BRI tersebut?

Cara Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Cara Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Setelah memenuhi semua persyaratan di atas, maka selanjutnya tinggal mengajukan pinjaman KUR BRI di kantor cabang BRI terdekat. Nantinya anda akan menemui petugas yang mengurusi pinjaman KUR.

Petugas akan memberitahukan semua syarat yang dibutuhkan dan memintah anda untuk melengkapinya. Setelah pengajuan diproses maka pihak Bank akan meninjau lokasi usaha dan memastikan akan pengajuan diterima atau tidak.

Jika usaha dianggap layak mendapatkan pinjaman dan telah memenuhi semua persyaratan KUR BRI maka kami yakin pengajuan akan disetujui. Anda tinggal menunggu uang cair yang akan langsung ditransfer ke rekening BRI.

Setelah mendapatkan pinjaman, anda harus membayar cicilan setiap bulan. Pembayaran cicilan akan dilakukan secara auto debit dari nomor rekening yang telah didaftarkan saat mengajuan KUR BRI.

Kesimpulan

Sebelum mengajuan pinjaman ke kantor cabang BRI terdekat, kami sarankan untuk terlebih dahulu menghubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017 atau melihat informasi selengkapnya di bri.co.id/kur. Siapa tahu ada peraturan yang berubah terkait syarat dan cara pengajuan KUR BRI.

Bunga KUR BRI juga bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk saat ini bunganya adalah sebesar 0.2% dengan suku bunga efektif 6% per tahun. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan hubungi Call Center BRI atau datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat.

Cukup sekian informasi cicilan.id pada kesempatan kali ini. Semoga membantu nasabah Bank BRI yang ingin mengajukan pinjaman KUR. Simak pula artikel mengenai “Cara Pinjaman Uang di Bank BCA” dan “Syarat KUR Bank Mandiri” yang kami sampaikan pada pembahasan sebelumnya.

Founder dan CEO cicilan.id yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di Bank Swasta dan mengetahui seluk beluk dunia pinjaman di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *