Terlambat Bayar Shopee PayLater : Resiko, Bunga & Denda

Para pengguna Shopee yang sudah memiliki Shopee Paylater pada metode pembayarannya, maka penting sekali untuk mengetahui denda telat bayar Shopee Paylater. Hal ini perlu dilakukan agar tidak sampai telat ketika Terlambat Bayar Shopee PayLater karena ada denda yang dikenakan.

Jika melebihi batas waktu yang sudah ditentukan untuk membayar tagihan Shopee Paylater, maka akan terkena denda yang menjadikan pengeluaran akan berambah banyak. Maka dari itu, selalu usahakan untuk membayar tagihan Shopee Paylater dengan tepat waktu agar terhindar dari denda.

Dengan adanya Shopee Paylater, pembayaran akan semakin mudah karena sistem pembayarannya bisa dibayar bulan depan atau bisa dicicil mulai dari 3 hingga 12 bulan lamanya. Hal tersebut tentunya akan sangat menguntungkan bagi kamu yang belum gajian.

Atau tidak memiliki cukup uang untuk membeli barang yang diinginkan. Prosesnya mungkin akan sama ribetnya dengan “Cara Ajukan Pengembalian Barang di Shopee” butuh beberapa langkah yang perlu di lakukan.

Meskipun demikian, kamu harus selalu tepat waktu ketika melakukan pembayaran agar tidak dikenakan denda. Nah, bagi kamu yang belum mengetahui berapa denda yang dikenakan pada Shopee Paylater, maka silakan simak ulasan berikut ini.

Resiko Terlambat Bayar Shopee PayLater

Resiko Terlambat Bayar Shopee PayLaterSelain Bank Syariah, setiap sistem perbankan pasti akan mengenakan denda jika ada keterlambatan ketika membayar cicilan. Seperti halnya pada Shopee Paylater yang akan memberikan denda kepada penggunanya jika mengalami keterlambatan membayar cicilan.

Besaran denda yang dikenakan pada Shopee Paylater adalah sebesar 5% dari seluruh total tagihan. Maka dari itu, semakin besar total tagihannya maka semakin besar pula denda yang harus dibayar.

Sebagai contoh, kamu memesan barang pada 28 Januari 2021 dan pada tanggal 15 Februari 2021 muncul tagihan sebesar Rp 100 ribu sesuai dengan harga barang yang dipesan. Pada tanggal 25 Februari 2021 adalah tanggal jatuh temponya.

Jika kamu melebihi tanggal jatuh tempo tersebut maka kamu sudah terkena denda.

Karena denda yang dikenakan adalah sebesar 5% dari total tagihan, maka cara menghitungnya adalah 5% x R p100 ribu = Rp5 ribu. Jadi, total biaya yang harus dikeluarkan untuk melunasi tagihan dan denda tersebut adalah sebesar Rp105 ribu.

Mengajukan Cicilan Telat Bayar Shopee Paylater

Jika kamu mengalami keterlambatan ketika membayar tagihan Shopee Paylater hingga lebih dari 1 bulan, maka secara otomatis denda yang dikenakan akan bertambah banyak. Dengan demikian, pastinya kamu akan merasa keberatan karena harus membayar denda tersebut.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ternyata denda yang dibebankan juga bisa dicicl sehingga akan mengurangi beban tagihanmu. Adapun cara untuk mengajukan cicilan telat bayar Shopee Paylater adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, buka Aplikasi Shopee milikmu.
  2. Setelah masuk pada halaman utama aplikasi Shopee, selanjutnya pilih menu “Saya” pada pojok kanan bagian bawah.
  3. Kemudian, silakan cari dan pilih menu “Shopee Paylater“.Denda Terlambat Bayar Shopee PayLater
  4. Jika sudah, maka pada tampilan Shopee Paylater akan muncul pemberitahuan bahwa “Kamu mendapatkan biaya keterlambatan karena tagihanmu telah melewati jatuh tempo“.
  5. Kemudian untuk mengajukan cicilan telat bayarnya yaitu dengan cara pilih “Bayar Sekarang“.
  6. Setelah itu akan muncul rincian tagihan beserta denda yang harus dibayar.
  7. Selanjutnya langsung saja pilih “Bayar Sekarang“.
  8. Jika sudah, kemudian akan menuju ke tampilan dimana kamu bisa melakukan cicilan denda dengan minimal sebesar Rp20 ribu.
  9. Silakan masukkan nominal cicilan sesuai keinginan kamu asalkan jangan dibawah Rp 20 ribu.
  10. Jika sudah, maka pada bagian atas akan muncul keterangan bahwa sisa tagihan menjadi berkurang sesuai dengan jumlah cicilan yang dimasukkan.
  11. Setelah itu tinggal masuk ke “Metode Pembayaran” dan silakan pilih metode pembayaran yang kamu inginkan, bisa melalui Shopee Pay, Indomaret ataupun Transfer Bank.
  12. Bagi yang tidak memiliki rekening Bank dan tidak memiliki saldo di Shopee Pay, maka gunakanlah Indomaret sebagai metode pembayarannya.
  13. Silakan pilih Indomaret lalu “Konfirmasi“.
  14. Setelah itu pilih “Bayar Sekarang” dan kamu akan mendapatkan sebuah kode pembayaran kemudian silakan Screenshot kode pembayaran tersebut.
  15. Jika sudah, selanjutnya tinggal menuju ke Indomaret terdekat lalu sampaikan kepada petugas kasir bahwa akan membayar Shopee.
  16. Setelah itu, petugas kasir akan meminta kode bayar dan tunjukkanlah kode bayar yang sebelumnya sudah di screenshot.
  17. Jika sudah, maka petugas kasir akan memberitahukan informasi seperti nama dan total tagihan yang harus dibayar.
  18. Silakan bayar sesuai dengan total tagihan tersebut.
  19. Terakhir, tinggal tunggu untuk mendapatkan struk pembayaran sebagai bukti pembayaran yang sah.
  20. Selesai.

Resiko Telat Bayar Shopee Paylater

Ada beberapa resiko yang bisa didapatkan jika sampai telat bayar Shopee Paylater. Selain terkena denda, ada juga resiko lain yang lebih berat.

Apa saja resikonya? Silakan simak penjelasan berikut ini.

  • Akun Shopee Paylater akan dibekukan sehingga kamu tidak bisa menggunakan Shopee Paylater sebelum melunasi tagihan yang telat bayar.
  • Akan tercatat pada laporan SLIK OJK karena Shopee Paylater merupakan pinjaman online legal yang diawasi oleh OJK.
  • Jika kamu mengalami keterlambatan pembayaran, maka nama kamu akan tercatat di laporan SLIK OJK.
  • Bisa didatangi oleh debtcollector untuk mempertanggung jawabkan perbuatan kamu.

Akhir Kata

Itulah denda telat bayar Shopee Paylater yang perlu kamu katahui. Dengan mengetahui berapa denda yang dikenakan pada Shopee Paylater, maka kamu bisa lebih berhati-hati agar jangan sampai melewati batas waktu pembayaran yang sudah ditentukan.

Jika melewati batas waktu pembayaran, maka akan ada resiko yang harus diterima. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi yang belum tahu berapa besaran denda yang diberikan pada Shopee Paylater. Pembaca CICILAN.ID wajib tahu juga Biaya Tutup Rekening Mandiri Semua Jenis Tabungan pada ulasan sebelumnya.

Restiana Dewi

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *