5 Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data Dengan Mudah

berbagai keluhan menggenai pinjaman online ilegal memang sedang meresahkan belakangan ini. Bagaimana tidak ulah Pinjol (Pinjaman Online) kerap menyebarkan data yang tidak pantas ke kontak kita. Sebenarnya ada kiat atau Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data dengan mudah.

Trend pinjaman online atau pinjol memang tengah meresahkan dengan sebar data yang terkesan tidak manuasiawi. Proses ini sangat membuat nasabah pinjaman online menjadi semakin tidak tenang karena data yang di sebar biasanya tidak pantas.

Data yang di sebar ke kontak kita biasanya berisikan banyak hal yang tidak pantas. Mulai dari ancaman sampai dengan tuduhan lainnya akan di alami saat Pinjaman Online ilegal beraksi menyebarkan data.

Yang lebih ironis lagi adalah saat data yang di sebar ke kontak yang kita miliki. Alih alih menutupi pinjaman online, justru berbagai kontak yang ada di HP akan menjadi tau, seperti yang kita ketahui umumnya kontak HP berisikan kontak keluarga dan kerabat.

Jika kamu belum terjerat pinjaman online baik legal maupun ilegal, alangkah baiknya untuk jangan punya keinginan untuk melakukan pinjaman. Urusan yang lebih pelik seperti Hapus Data di Pinjol juga nantinya bakalan menjadi hal yang perlu di selesaikan setelah pinjaman berahir.

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Cara Supaya Pinjol Tidak Sebar DataAda beberapa kiat yang mungkin perlu kamu ketahui jika sedang berusan dengan pinjaman online ilegal. Seperti kiat agar pinjol tidak sebar data ke no hp yang ada di kontak kita.

Kamu perlu beberapa langkah mudah untuk bisa mengatasi hal itu semua. Mulai dari tutup akses kontak sampai hal lainnya yang perlu di lakukan untuk mengantisipasi sebar data pinjaman online.

1. Jangan Telat Bayar Angsuran

Langkah pertama adalah dengan tidak telat atau terlambat dalam melakukan pembayaran angsuran pinjaman online. Langkah ini merupakan langkah jitu jika ingin pihak pinjol tidak menyabarkan data kita ke pengguna lainnya.

Dengan terlambat melakukan angsuran maka pihak pinjol biasanya akan bergerak cepat untuk segera menyebarkan data sebagai ancaman. Oleh karena itu usahakan lunasi kewajiban jika sudah melakukan pinjaman.

2. Jangan Berikan Akses Kontak Aplikasi Pinjol

Kamu juga bisa memblokir akses kontak aplikasi pinjaman online. Dengan demikian nantinya dari pihak pinjol akan tidak bisa mengakses semua kontak yang ada di HP kita.

  1. Buka Pengaturan di Smartphone
  2. Pilih atau cari menu aplikasi
  3. Lanjutkan cari aplikasi pinjaman online yang akan di cabut aksesnya
  4. Jika sudah ketemu maka silahkan buka menu Izin aplikasi
  5. Silahkan cabut atau nonaktifkan izin aplikasi, dengan cara tap
  6. Maka dengan otomatis izin aplikasi membaca data akan dengan otomatis di nonaktifkan
  7. Selesai

Dengan cara diatas niscaya pihak pinjol tidak bisa mengakses kontak atau noh HP kerabat kita. Namun hal ini akan terasa percuma jika kamu sebelumnya akses izin aplikasi pinjol sudah di aktifkan.

3. Laporkan Pinjol Yang Sebar Data

Jika pihak pinjaman online sudah mulai menyebarkan data dan hal yang meresahkan maka segera laporkan ke pihak yang berwajib. Kamu juga bisa melaporkan tindakan pinjaman online yang meresahkan ke pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pada umumnya pihak pinjaman online ilegallah yang berani melakukan sebar data yang tidak bermoral. Oleh karena itu kamu harus selektif melakukan pengecekan bisinis pinjol sebelum mengajukan pinjaman.

4. Lunasi Kewajiban

Agar pihak pinjaman online tidak menyebarkan data memang kita perlu menjadi “anak baik” dengan melunasi pinjaman tepat waktu. Dengan melunasi pinjaman tepat waktu pasti pihak pinjol tidak akan melakukan ancaman tanpa dasar.

Jika kita dalam kondisi sadar saat sedang melakukan pinjaman online, maka sudah menjadi kewajiban untuk melunasinya. Jangan ada niat untuk mengambil uang pinjaman online ilegal, yang nantinya justru berakibat panjang & Merepotkan.

5. Tidak Pinjam Uang di Pinjol iLegal

Ada banyak kemudahan menggunakan aplikasi pinjaman online. Salah satunya adalah mudahnya melakukan pinjaman dengan cepat dan langsung cair.

Kebanyakan dari nasabah pinjaman online ilegal tidak melakukan krosecek lebih jauh menggenai bunga, Denda, Total bayar, kredibilitas perusahaan pinjol dan lainnya. Hal ini lah yang kemudian baru di sesali jika sudah terlambat melakukan pembayaran lalu mengetahui konsekuensis.

AHIR KATA

Mungkin itu saja 5 kiat sederhana menggenai bagaimana Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data dengan benar. Jika sudah terlanjur berusuran dengan pinjaman online ilegal kamu di harapkan segera mengahiri hubungan sebagai nasabah.

Namun sebagai catatan mengahiri kerjasama sebagai nasabah saat semua kewajiban sudah terpenuhi. Kegiatan menyebarkan data merupakan kegiatan dan tentunya melanggar hukum, jika ada pinjol seperti ini kamu bisa membuat laporan ke pihak terkait.

Jadi itu dia langkah yang mungkin akan bisa bermanfaat untuk mengatasi pinjaman online ilegal yang sebar data. Ketahui juga Cara Agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak seperti ulasan Cicilan.id sebelumnya.

Restiana Dewi

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *