6 Cara Perpanjang Pegadaian Online Terbaru 2024

Cara Perpanjang Pegadaian Online Terbaru

Kemajuan teknologi seperti sekarang ini memberikan berbagai macam kemudahan yang sudah dirasakan oleh para penggunanya dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah pada Pegadaian yang sudah menawarkan layanan serta fasilitas online untuk para nasabahnya agar lebih mudah dalam melakukan transaksi ataupun lainnya.

Pegadaian merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki usaha inti di bidang jasa penyaluran kredit kepada masyarakat Indonesia dengan dasar hukum Gadai. Selain itu, Pegadaian juga menjadi satu-satunya badan usaha yang memiliki izin untuk melaksanakan aktivitas lembaga keuangan yang berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana kepada masyarakat Indonesia.

Berbagai macam layanan yang ditawarkan oleh Pegadaian, salah satu layanannya yaitu dengan mengeluarkan aplikasi Pegadaian Mobile. Aplikasi tersebut dimaksudkan untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi ataupun melakukan perpanjangan Pegadaian secara online sehingga tidak perlu datang ke kantor Pagadaian setempat untuk melakukan perpanjangan.

Seperti halnya ketika nasabah akan menggadaikan surat tanah di Pegadaian atau gadai STNK motor di Pegadaian, maka bisa memanfaatkan aplikasi Pegadaian Mobile ini untuk memprosesnya. Agar lebih mengenal tentang aplikasi Pegadaian Mobile ini maka simak penjelasan berikut ini.

Sebelum mengetahui cara untuk melakukan perpanjangan pegadaian secara online, sebaiknya kenali dulu aplikasi Pegadaian Mobile sebagai salah satu layanan yang ditawarkan oleh pihak Gadai. Adanya aplikasi Pegadaian Mobile akan memudahkan bagi para nasabah Pegadaian yang menggunakan aplikasi ini karena selain praktis, banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan melalui aplikasi Pegadaian Mobile ini.

Selain itu, nasabah juga bisa menjadi agen multi pembayaran online untuk Pegadaian dengan aplikasi Pegadaian Mobile ini sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk nasabah yang menjadi agen. Prosesnya mudah hampir sama dengan Cara Kredit Motor di Pegadaian pada awal pengajuan.

Banyak keunggulan lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini diantaranya yaitu, pendaftaran yang dilakukan gratis, bisa digunakan untuk berbisnis, aplikasinya mudah diunduh, keuntungan penjualan bisa langsung diterima oleh nasabah dan masih banyak keunggulan lainnya yang bisa dinikmati dalam aplikasi ini.

Tutorial Cara Perpanjang Pegadaian Online

PegadaianFitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini juga banyak, yaitu bisa digunakan untuk pembayaran tagihan seperti PDAM, pembayaran tagihan Telkom Group (Flexi, Speedy dan PTSN), penjualan pulsa all operator dan pembayaran TV berlangganan.

Selain itu, aplikasi Pegadaian Mobile juga memberikan fitur untuk pembayaran tagihan kartu pascabayar atau Kartu Hallo sehingga nasabah hanya dirumah saja untuk melakukan pembayaran tagihan kartu tersebut tanpa harus pergi ke ATM atau tempat lainnya untuk membayar semua tagihan.

Nah, setelah mengetahui semua keunggulan dan fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi Pegadaian Mobile maka bisa lanjut ke cara untuk perpanjang pegadaian secara online. Simak ulasannya detail CICILAN.ID berikut ini menggenai Cara Perpanjang Pegadaian Online yang benar.

Adanya pandemi ini menjadikan pemerintah harus memutar otak untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Salah satu upayanya adalah dengan menjaga jarak, menghindari kerumunan dan lainnya sehingga untuk keluar rumah menjadi tidak bebas.

Maka dari itu, pihak Pegadaian memberikan layanan yang bisa dilakukan secara online berupa aplikasi yang bernama Pegadaian Mobile. Dengan adanya aplikasi ini, nasabah bisa lebih mudah dalam melakukan transaksi tanpa harus datang ke kantor cabang Pegadaian setempat.

Seperti pada lembaga penyedia jasa pinjaman lainnya, Pegadaian juga ada masa akhir pembayaran atau yang biasa disebut dengan istilah jatuh tempo. Maka dari itu, nasabah yang memiliki pinjaman di Pegdaian harus membayar angsurannya sebelum jatuh tempo.

Namun apabila sudah mendekati masa jatuh tempo dan nasabah belum bisa membayar angsurannya, maka nasabah bisa memperpanjang masa jatuh temponya. Perpanjangan masa jatuh temponya adalah 4 bulan, jadi jika dalam 4 bulan nasabah belum bisa membayar angsuran maka nasabah bisa mengajukan perpanjangannya kembali setiap 4 bulan sekali dan dalam periode tersebut nasabah bisa membayar pinjaman pokoknya saja.

Untungnya, Pegadaian telah menyediakan layanan baru yaitu Pegadaian Mobile untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi dan juga bisa digunakan untuk mengajukan perpanjangan secara online melalui aplikasi Pegadaian Mobile ini. Sehingga bagi nasabah yang ingin perpanjang pegadaian maka bisa menggunakan aplikasi Pegadaian Mobile.

Cara Perpanjang Pegadaian OnlineUntuk menggunakan aplikasi ini syaratnya nasabah harus mengunduhnya di Play Store terlebih dahulu dan untuk mengaktifkannya nasabah harus datang ke kantor Pegadaian terdekat. Nah, bagi nasabah yang masih belum tahu cara untuk mengaktifkan aplikasi tersebut maka bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama unduh terlebih dahulu aplikasi Pegadaian Mobile di Play Store.
  2. Jika sudah berhasil diunduh, selanjutnya datangi kantor Pegadaian terdekat untuk melakukan aktivasi.
  3. Setelah sampai di kantor Pegadaian kemudian tanyakan kepada petugas Satpam bahwa akan melakukan aktivasi Pegadaian Mobile dan natinya akan diarahkan menuju ke Teller Pegadaian untuk proses aktivasi jika tidak ada antrean.
  4. Jika sudah kemudian Teller akan meminta nomor telepon nasabah untuk diregistrasikan. Nomor telepon yang sudah diregistrasikan tersebut nantinya akan menjadi nomor tujuan oleh pihak Pegadaian ketika nasabah melakukan transaksi ataupun saat akun mengalami masalah.
  5. Setelah proses registrasi selesai maka nasabah akan mendapatkan print out password yang akan digunakan sebagai password di aplikasi Pegadaian Mobile untuk melakukan aktivasi.
  6. Jika aktivasi Pegadaian Mobile sudah berhasil maka nasabah sudah bisa menggunakan aplikasi ini untuk perpanjang Pegadaian secara online.

Langkah-Langkah Perpanjang Pegadaian Online Melalui Aplikasi Pegadaian Mobile

Setelah aplikasi Pegadaian Mobile di aktivasi, selanjutnya lakukan perpanjang Pegadaian secara online melalui aplikasi tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, buka aplikasi Pegadaian Mobile dan lakukan login.
  2. Setelah berhasil masuk ke halaman utama aplikasi kemudian buke menu “Pembayaran Transaksi Gadai”.
  3. Jika sudah kemudian lakukan pembayaran menggunakan beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih seperti, Mobile Banking, Internet Banking atau transfer melalui ATM.
  4. Untuk melakukan perpanjangan Gadai, nasabah bisa membayar sebagian dahulu dan nasabah baru bisa mengajukan perpanjangan Pegadaian.
  5. Selesai.

Akhir Kata

Itulah cara untuk perpanjang Pegadaian secara online yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Pegadaian Mobile. Dengan adanya cara tersebut, nasabah Pegadaian tidak perlu datang ke kantor saat melakukan perpanjangan Pegadaian karena bisa dilakukan secara online.

Meskipun untuk mengaktifkan aplikasi Pegadaian Mobile harus datang ke kantor Pegadaian terlebih dahulu, namun nasabah bisa mendapatkan banyak manfaat dengan aplikasi tersebut jika sudah di aktivasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ketahui juga “Kenapa Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan Padahal Sudah Aktif?” yang dibahas secara detail pada ulasan sebelumnya.

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *