5 Syarat Pelunasan KPR BTN Terbaru 2024

Bank BTN hadir dengan menawarkan program KPR untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan hunian dengan cara dicicil. Dengan program tersebut tentunya akan meringankan beban masyarakat karena proses pembelian bisa dicicil dengan tenor yang sangat lama.

Yang namanya kredit memang perlu di bayar, sebelum mengajukan pembayaran untuk yang terhir kalinya terkadang butuh beberapa syarat. Nah, hampir sama dengan Cara Pelunasan Home Credit bisa di bayarkan dengan mudah. Sedangkan untuk KPR ada beberapa syarat tambahan.

Mungkin sebagian dari nasabah KPR BTN pasti ingin cepat melunasi cicilan tersebut, namun sayangnya belum tahu syarat yang dibutuhkan untuk melakukan pelunasan. Maka dari itu, dalam Cicilan.id kali ini akan membahas tentang syarat pelunasan KPR BTN dan juga bagaimana cara mengajukannya.

Syarat Pelunasan KPR BTN

Syarat Pelunasan KPR BTNSebelum melakukan pelunasan KPR BTN, tentunya kamu harus ketahui dulu apa saja syarat-syaratnya. Dengan mengetahui persyaratan tersebut, maka kamu bisa melengkapinya agar pengajuan pelunasan kamu bisa berhasil. Lalu, apa saja syarat-syaratnya? Silakan lihat pada penjelasan di bawah ini.

  1. Kartu Identitas berupa KTP
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Buku tabungan BTN
  4. Materai 6000
  5. Kartu Debitur.

Nah, itulah persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu sebelum melakukan pelunasan KPR BTN. Untuk mengantisipasi supaya kamu tidak bolak-balik, pastikan kamu untuk menyiapkan beberapa lembar dokumen fotokopi dan juga dokumen asli.

Jika semua persyaratan sudah kamu penuhi, maka tinggal mengajukan ke Bank BTN dimana kamu melakukan akad kredit pada Bank tersebut.

Datangi Bank BTN untuk Pelunasan

Silakan datangi Bank BTN tempat kamu mengambil kredit dan jangan lupa sambil membawa semua persyaratan yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Jika sudah sampai di Bank BTN, kemudian tinggal ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pertama, silakan ambil nomor antrian pada bagian CS BTN
  2. Kemudian tunggulah hingga kamu mendapatkan panggilan sesuai dengan nomor antrian yang kamu ambil
  3. Setelah mendapat giliran panggilan, langsung saja sampaikan kepada petugas CS BTN bahwa kamu akan melunasi KPR sebelum masa tenor selesai
  4. Jika sudah, nantinya petugas akan meminta persyaratan dokumen yang sudah kamu siapkan lalu serahkan dokumen tersebut
  5. Apabila sudah diserahkan, maka petugas akan menjelaskan dan memperlihatkan rekening koran kamu seperti, sisa pokok hutang dan total biaya yang harus kamu bayar untuk pelunasan

Jika sudah mengetahui rincian tersebut, selanjutnya petugas akan meminta KTP dan juga Buku tabungan BTN milikmu. Setelah kamu melakukan semua langkah diatas, nantinya kamu akan menerima rincian pelunasan untuk dibawa ke bagian pembayaran.

Menuju ke Bagian Pembayaran

Jika sudah mendapatkan rincian pelunasan, maka kamu antri lagi di bagian pembayaran sambil membawa berkas identitas dan juga berkas pelunasan. Selanjutnya, silakan tunggu hingga nama kamu dipanggil.

Apabila sudah dipanggil, maka langsung saja menuju bagian teller BTN dan petugas teller akan melakukan debet pada ATM BTN yang kamu miliki. Setelah itu, petugas teller akan memberikan formulir penyetoran beserta rincian pelunasan yang sudah ditandatangani.

Mengambil Berkas Pelunasan KPR BTN

Sampai tahap ini, berarti cicilan KPR kamu sudah lunas dan kamu tinggal mengambil berkas-berkas dokumen yang sudah masuk di Bank BTN. Namun, sebelum mengambil berkas-berkas dokumen tersebut pastikan kamu membawa syarat-syarat pelunasan KPR yang sebelumnya sudah diberikan oleh petugas Bank.

Adapun syarat-syarat tersebut, antara lain.

  • Fotokopi KTP sebanyak dua rangkap.
  • Kartu ATM (opsional).
  • Buku Tabungan BTN (opsional).
  • Fotokopi dua rangkap formulir penyetoran diterima.
  • Dua rangkap fotokopi rincian pelunasan yang dipercepat.

Semua persyaratan di atas nantinya akan diberikan kepada petugas Bank BTN untuk pengambilan sertifikat. Namun, sertifikat tersebut statusnya belum hak milik dan biasanya masih atas nama developer.

Jadi, kamu harus mengurus sendiri agar sertifikat tersebut menjadi milikmu. Nah, untuk dokumen yang bisa kamu ambil setelah KPR lunas adalah sebagai berikut.

  1. Akta Jual-Beli.
  2. SHGB (Surat Hak Guna Bangunan).
  3. Surat Kuasa memberikan hak tanggungan.
  4. Polis Asuransi.
  5. Surat IMB (Izin Mendirikan Bangunan).
  6. Surat Perjanjian Kredit.

Setelah berhasil melunasi cicilan KPR BTN, maka kamu sudah bisa memiliki rumah sepenuhnya. Selain itu, akan terasa lebih nyaman karena tidak perlu memikirkan cicilan setiap bulannya.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pelunasan KPR

Pelunasan KPR BTNMeskipun pelunasan KPR akan meringankan beban kamu, namun ada hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pelunasan. Ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Penalti

Pada saat pelunasan sebelum masa tenor selesai, maka kamu akan dikenakan penalti. Mungkin hal tersebut terasa aneh, akan tetapi sistem tersebut merupakan strategi dari pihak Bank untuk mendapatkan keuntungan.

Semakin lama tenor cicilan, maka akan semakin besar pula keuntungan yang didapatkan. Biasanya, besarnya penalti adalah sebesar 1% dari sisa pokok hutang sehingga kamu harus sedia uang lebih ketika melakukan pelunasan.

2. Sistem Bunga

Dalam sistem KPR, pihak Bank memberikan dua metode bunga yaitu bunga Flat Rate atau tetap dan bunga anuitas. Dengan adanya dua metode bunga tersebut, kamu harus perhatikan dengan seksama agar bunga yang dikenakan tidak merugikan kamu.

3. Pertimbangkan Kebutuhan Lainnya

Ketika kamu melakukan pelunasan KPR yang dipercepat, pastinya kamu akan membutuhkan dana yang lebih besar. Maka dari itu, sebaiknya kamu pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan lainnya seperti, kebutuhan kesehatan, pendidikan dan kebutuhan lainnya.

Jangan sampai kamu menyulitkan diri sendiri karena kebutuhan lain tidak bisa terpenuhi. Akan lebih baik jika kamu menyesuaikan dengan kondisi keuangan kamu, jika dirasa tidak mengganggu kebutuhan lainnya maka tidak ada salahnya untuk kamu coba.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang syarat pelunasan KPR BTN yang sudah Cicilan.id jelaskan. Dengan mengetahui apa saja yang menjadi persyaratannya, maka kamu bisa menyiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan pelunasan KPR.

Selain itu, kamu juga bisa ikuti prosedur atau langkah-langkah yang sudah disebutkan diatas untuk melunasi KPR BTN. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ketahui juga “Cara Membeli Rumah dengan Pembiayaan dari Bank” pada infromasi sebelumnya dari cicilan.

Restiana Dewi

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *