Lompat ke konten

3 Cara Cek BI Checking di HP Android Terbaru

Cara Cek BI Checking di HP Android

Mungkin banyak dari kita yang bertanya maraknya pinjaman online tanpa anggunan mencari data debitur dari mana. Padahal semua orang yang melakukan pinjaman ataupun belum sudah tercatat di BI Checking.

Jadi saat kita melakukan pengecekan menggunakan BI CHECKING sudah bisa terlihat riwayat pinjaman kita. Semua data dan story  pinjaman dari debitur ada di BI Checking. Jadi jika kita memiliki kredit bermasalah juga akan tercatat di bi Checking.

Untuk bisa melakukan pengecekan BI Checking membutuhkan beberapa syarat dimana termasuk di dalamnya adalah data pengguna. Silain pihak yang bekepentingan, kamu juga bisa melakukan pengecekan sendiri menggenai reputasi kamu di BI Checking.

Pelaku kredit macet, tentu saja akan memiliki reputasi yang buruk di BI Checking. Dengan reputasi atau kredit skor yang buruk tentu saja pihak Bank maupun fintech akan memberikan penilaian yang kecil. Hal ini bisa di tandai dengan skor limit yang kecil.

Nah, MENGECEK BI CHECKING sendiri sangatlah mudah bisa di lakukan menggunakan Smartphone. Proses pengecekan BI Checking sendiri membutuhkan beberapa langkah. Selain syarat ada juga antrian nomor yang harus digunakan.

Cara Cek BI Checking di HP Android

Cara Cek BI Checking di HP AndroidSeperti yang sudah di informasikan, ada beberapa syarat dan mekanisme untuk melakukan pengecekan di BI Chekcing. Jika kamu badan perorangan ataupun lembaga maka proses pengecekaanya sendiri juga berbeda-beda mekanismenya.

Kali ini Cicilan bakalan membahas menggenai beberapa langkah mudah untuk melakukan pengecekan BI Checking terbaru yang wajib kamu ketahui. Pastikan pahami betul setiap langkah yang ada agar proses bisa berjalan dengan baik pada saat mencari informasinya.

Syarat & Dokumen Pendukung BI Checking

Ada bebarapa syarat yang tentunya haruslah di penuhi oleh kamu saat hendak mengajukan pengajuakan cek BI Checeking. Jika kamu badan usaha maupun perorangn maka proses dan syarat pengecekannya sendiri berbeda-beda.

  1. Fotokopi identitas diri, dan tanda pengenal asli berupa KTP (WNI)
  2. Fotokopi identitas diri dan bukti identitas asli berupa paspor (WNA)
  3. Fotokopi identitas surat kuasa asli jika diberi kuasa

Seperti ulasan diatas kalau syarat untuk pengajuan pengecekan online sendiri berbeda jika badan usaha maupun perorangan. Untuk kamu yang hendak melakukan pengecekan sendiri, pastikan siapkan file kartu indetitas tersebut.

Mengisi Form Antrian BI Checking Online

Jika semua syarat sudah di penuhi maka langkah selanjutnya adalah dengan proses pengecekan. Kamu bisa melakukan pengecekan secara online di situs ojk yang sudah di siapkan. Situs atau website ini terbilang sangat ramah untuk pengguna mobil sehingga bisa di akses dengan mudah.

  • Mengisi Form Pengecekan : https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi

Silahkan isi form yang sudah di sediakan dengan benar lengkap dengan email untuk melakukan verfikasi. Dimana nantinya data yang di inginkan akan di munculkan via email. Jadi pihak OJK sendiri tidak manampilkan data secara langsung melainkan via email.

Verifikasi Data Pengajuan Checking

Selanjutnya setelah langkah no 2 sudah berhasil barulah melakukan verifikasi pengajuan checking. Setelah mengisi form selanjutnya kamu akan mendapatkan email sebagai bentuk Verifikasi maupun berupa pesan whatsapp.

Nantinya akan ada email yang meminta kamu untuk menghubungi nomor Whatsapp OJK-SLIK yang tertera di email. Usahakan lakukan langkah tersebut dengan cepat dengan cara langsung mengikuti perintah dari email.

Proses verifikasi ini mungkin membutuhkan beberapa waktu lamanya. Jadi silahkan tunggu sampai ada notifikasi whatsapp yang masuk ke kontak di daftarkan tadi.

Check Email

Setelah proses verifikasi lewat pesan whatsapp selesai, maka langkah selanjunya cek email yang di daftarkan. Jika proses verifikasi dari whatsapp sudah masuk maka proses selanjuntnya tinggal menunggu email masuk ke alamat yang sudah di masukan datanya.

Email yang masuk tadi akan menampilakan data pinjaman dan story pengguna lengkap dengan skor kredit dari pihak OJK. Jika proses ini sampai gagal, kemungkinan ada beberapa data yang salah atau proses yang keliru.

AHIR KATA

Itu dia beberapa Cara Cek BI Checking di HP Android yang perlu kamu ketahui. Cara diatas semakin mudah karena bisa di operasikan pada smartphone android kamu dengan langkah yang sama.

Pastikan kamu memahami betul cara diatas, jika ada kendala kamu bisa menanyakan langsung ke CS OJK di laman resmi OJK. Simak juga ulasan menarik menggenai “Pinjaman KUR BRI Jaminan BPKB Motor” pada ulasan sebelumnya dari cicilan menggenai KUR BRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *