12 Cara Membuat ATM Untuk Umur 15 Tahun Yang Benar

Kesadaran untuk menabung semakin tinggi di Indonesia, hal ini terbikati dengan banyaknya bank yang menawarkan Tabungan dengan banyak pilihan. Bahkan yang paling baru adalah Cara Membuat ATM untuk Umur 15 Tahun, yang ternyata sudah bisa di lakukan

Menabung atau menyimpan uang di Bank ternyata tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, namun anak-anak khususnya para pelajar juga bisa menabung uang di Bank. Anak-anak yang dibiasakan untuk menabung uang di Bank pastinya akan mendapat berbagai macam manfaat, diantaranya yaitu bisa melatih para pelajar agar gemar menabung.

Beberapa Bank di Indonesia pun sudah menyediakan tabungan khusus untuk para pelajar, salah satu Bank tersebut yaitu Bank BRI yang menawarkan jenis rekening seperti Rekening Junio BRI dan Rekening SimPel (Simpanan Pelajar) yang bisa dipilih sesuai kebutuhan nasabah.

Untuk membuat tabungan anak dibawah umur sendiri memiliki mekanisme yang berbeda. Hampir sama dengan Nah, bagi yang ingin tahu cara-cara untuk membuat rekening BRI dan membuat ATM untuk pelajar maka bisa simak ulasan dibawah ini.

Cara Membuat ATM untuk Umur 15 Tahun

Cara Membuat ATM Untuk Umur 15 TahunSebelum mengetahui cara-cara untuk membuat ATM bagi yang berumur 15 tahun, sebaiknya ketahui dahulu jenis-jenis rekening yang ditawarkan oleh Bank BRI. Ada dua jenis rekening BRI yang dikhususkan untuk anak-anak, kedua jenis tersebut yaitu Rekening SimPel dan Rekening Junio BRI.

Masing-masing jenis rekening tersebut memiliki kegunaannya sendiri. Maka dari itu, bagi calon nasabah BRI yang belum tahu tentang kedua jenis rekening tersebut maka bisa simak penjelasan CICILAN.ID berikut ini.

1. Rekening SimPel (Simpanan Pelajar)

Cara Membuat ATM Untuk AnakJenis rekening yang pertama yaitu jenis Rekening SimPel (Simpanan Pelajar). Jenis rekening ini digunakan untuk anak dibawah 17 tahun yang dimulai dari pelajar PAUD, TK, SD, SMP dan SMA.

Cara untuk membuat rekening ini hanya bisa dilakukan disekolah yang sudah bekerjasama dengan Bank BRI sehingga tidak dilakukan di kantor cabang BRI. Pendaftaran rekening SimPel dibagi menjadi dua tergantung pada usia calon nasabah.

Bagi calon nasabah yang memiliki usia dibawah 12 tahun maka pendaftarannya harus didampingi oleh orang tua wali anak tersebut. Sedangkan bagi anak yang berusia 12 tahun maka pendaftarannya bisa dilakukan dengan menyertakan Kartu Pelajar, KK, KTP orang tua, Akta Kelahiran ataupun surat persetujuan dari orang tua.

Pada pembuatan rekening SimPel, setoran awalnya sangat terjangkau yaitu hanya sebesar 5 ribu. Sedangkan untuk setoran berikutnya hanya 1 ribu dan yang lebih menarik lagi tidak ada biaya administrasi bulanan. Namun untuk pembuatan rekening SimPel ini tidak mendapatkan kartu ATM, jadi bagi calon nasabah yang ingin memiliki kartu ATM bisa pilih rekening BRI Junio.

2. Rekening Junio BRI

Cara Membuat ATM Junio AnakJenis rekening berikutnya yaitu rekening Junio BRI. Jenis rekening yang satu ini dibagi menjadi dua kelompok usia, yaitu untuk usia 0 hingga 12 tahun dan untuk usia 12 hingga 17 tahun.

Dengan demikian untuk membuat rekening Junio BRI harus disesuaikan dengan usia calon nasabah agar tidak salah saat memilih rekening Junio tersebut. Bagi yang belum tahu syarat-syarat pembuatan rekening Junio BRI, maka bisa simak penjelasan berikut ini.

Syarat Membuat Rekening Junio BRI untuk Usia 0 sampai 12 Tahun. Bagi calon nasabah yang memiliki usia diantara 0 sampai 12 tahun, maka persyaratan untuk membuat rekeningnya adalah sebagai berikut.

  1. Mengisi formulir pembukaan Rekening Junio BRI untuk usia 0 sampai 12 tahun.
  2. Melampirkan KK atau Akte Kelahiran.
  3. Fotokopi NPWP (jika ada).
  4. Dilakukan AFT dari rekening orang tua.
  5. Setoran awal minimal sebesar 100 ribu.
  6. Saat pembuatan rekening harus didampingi oleh orang tua dan harus memiliki rekening BRI baik dari BritAma ataupun Simpedes. Bagi yang belum memiliki rekening maka bisa langsung membuatnya di kantor.

Syarat Membuat Rekening Junio BRI untuk Usia 12 sampai 17 Tahun, Syarat membuka rekening Junio BRI untuk anak usia 12 sampai 17 tahun memiliki sedikit perbedaan. Berikut penjelasannya.

  1. Mengisi formulir pembukaan rekening Junio untuk anak usia 12 sampai 17 tahun.
  2. Melampirkan Kartu Pelajar.
  3. Melampirkan Fotokopi KTP orang tua dan Surat pernyataan dari orang tua.
  4. Menyiapkan uang minimal 150 ribu untuk setoran awal.

Dengan menggunakan rekening Junio BRI ini calon nasabah akan mendapatkan fitur-fitur menarik lainnya seperti Buku Tabungan, ATM dan Fasilitas e-Banking yang meliputi Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking serta SMS Notifikasi.

Selain itu, calon nasabah juga bisa mendapatkan limit yang cukup banyak untuk bertransaksi dengan melakukan tarik tunai yang bisa mencapai 5 juta per hari, transfer sesama BRI sebesar 20 juta dan untuk trsanfer antar Bank adalah sebesar 10 juta.

Membuat ATM untuk Umur 15 Tahun

Membuat ATM Untuk Umur 15 TahunSetelah mengetahui jenis-jenis rekening BRI untuk pelajar. Calon nasabah bisa memilih jenis rekening BRI yang sesuai dengan kebutuhan dan usia calon nasabah. Bagi calon nasabah yang memiliki usia mulai dari 12 sampai 17 tahun, maka bisa pilih rekening BRI Junio yang bisa mendapatkan fasilitas seperti ATM untuk memudahkan dalam bertransaksi.

Cara membuat rekening Junio pun mudah, cukup dengan siapkan persyaratan yang sudah disebutkan diatas. Setelah sudah disiapkan kemudian tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, datangi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa persyaratan pendaftaran.
  2. Setelah sampai di kantor kemudian langsung saja ambil nomor antrean pada bagian CS.
  3. Kemudian tunggu hingga mendapatkan giliran panggilan.
  4. Setelah dipanggil, calon nasabah bisa menujuju ke meja CS dan sampaikan bahwa akan membuat rekening pelajar BRI.
  5. Jika sudah kemudian petugas CS akan menjelaskan semua jenis rekening pelajar mulai dari limit, setoran awal dan kelebihannya masing-masing dari jenis rekening pelajar tersebut.
  6. Setelah paham, calon nasabah bisa memilih jenis rekening pelajar sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin memiliki ATM maka bisa pilih rekening Junio untuk usia 12 sampai 17 tahun.
  7. Jika sudah memilih, selanjutnya calon nasabah akan diminta persyaratan oleh petugas CS dan berikuan persyatan yang sudah disiapkan sebelumnya.
  8. Setelah itu petugas akan memproses pendaftaran rekening pelajar.
  9. Apabila proses sudah selesai biasanya petugas akan meminta setoran awal pembuatan rekening minimal sebesar 150 ribu.
  10. Jika sudah, selanjutnya nasabah akan diminta untuk menandatangani buku tabungan dan akan diminta untuk membuat PIN ATM yang terdiri dari angka sebanyak 6 digit.
  11. Setelah selesai kemudian petugas akan memberikan buku tabungan dan kartu ATM untuk keperluan transaksi.
  12. Selesai.

Kesimpulan

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat ATM bagi anak berusia 15 tahun. Dengan adanya cara yang sudah dijelaskan diatas, maka nasabah bisa menyiapkan terlebih dahulu persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat ATM.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat serta di aplikasikan dengan baik untuk kamu yang penasaran dengan Cara Membuat ATM untuk Umur 15 Tahun. Simak pula informasi menarik selanjutnya menggenai Cara Mengurus ATM BRI Tertelan pada ulasan sebelumnya.

Restiana Dewi

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *