Pinjaman KUR BCA 2021 : Syarat, Bunga & Cara Pengajuan

Syarat dan Cara Pengajuan KUR BCA

Pinjaman Kredit Usaha Rakyat atau dikenal dengan KUR merupakan pinjaman dengan bunga rendah yang mendapatkan subsidi bunga dari Pemerintah. Pinjaman tersebut tersedia dibanyak bank, dan salah satunya adalah Bank BCA. Lalu apa saja syarat pengajuan pinjaman KUR Bank BCA?

Untuk mengajukan pinjaman ini memang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi nasabah BCA. Syaratnya tergolong mudah, namun perlu diingat bahwa KUR BCA merupakan pinjaman yang dikhususkan untuk UMKM.

KUR BCA bukanlah pinjaman perorangan. Itu artinya nasabah harus memiliki usaha apabila ingin mengajukan pinjaman KUR. Jenis usaha yang bisa diajukan bermacam-macam. Yang paling penting memiliki agunan sebagai jaminan.

KUR BCA bukanlah pinjaman perorangan. Itu artinya nasabah harus memiliki usaha apabila ingin mengajukan pinjaman KUR BCA. Jenis usaha yang bisa diajukan bermacam-macam. Yang paling penting memiliki agunan sebagai jaminan.

Jenis agunan yang diterima bermacam-macam dan tidak akan memberatkan nasabah yang mengajukan pinjaman ini. Besaran pinjaman yang didapatkan nasabah akan disesuaikan dengan jenis jaminan yang digunakan.

Sama halnya dengan Bank lain, BCA juga menawarkan beberapa jenis KUR yang terdiri dari KUR Mikro dan KUR Kecil. Keduanya memiliki limit pinjaman berbeda dan untuk mengetahuinya silahkan simak informasi cicilan.id berikut ini.

Jenis-Jenis KUR BCA

Pinjaman KUR BCA

1. KUR Mikro

Pinjaman yang pertama adalah KUR Mikro. Melalui pinjaman ini, nasabah bisa mengajukan pinjaman dengan nominal mulai dari Rp. 10 Juta sampai dengan Rp. 50 Juta. Nominal pinjaman yang ditawarkan cukup besar dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

2. KUR Kecil

Apabila membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar maka bisa mengajukan pinjaman KUR Kecil. Pinjaman ini memiliki limit mulai dari Rp. 50 Juta sampai dengan Rp. 500 Juta. Bagi yang tertarik mengajukan pinjaman tersebut wajib memiliki NPWP sebagai salah satu persyaratan.

Kedua jenis KUR Bank BCA di atas sebenarnya memiliki persyaratan yang sama. Salah satu syaratnya adalah wajib memiliki usaha aktif dan layak mendapatkan pinjaman. Nantinya pihak BCA akan terlebih dahulu meninjau lokasi usaha sebelum memutuskan pengajuan diterima atau ditolak.

Bunga KUR BCA

Selanjutnya mari kita membahas mengenai bunga. Bank BCA membebankan suku bunga sebesar 6% per tahun tanpa adanya biaya provisi dan administrasi. Bunga tersebut sama persis dengan bunga KUR BRI ataupun pinjaman kur lainnya.

Dengan bunga sangat kecil, tentu pinjaman KUR BCA bisa menjadi solusi paling tepat untuk para UMKM yang membutuhkan bantuan modal kerja ataupun investasi. Apalagi Bank BCA mempermudah syarat pengajuan pinjaman tersebut.

Agunan atau Jaminan

Seperti yang kami sampaikan di atas, pengajuan KUR Bank BCA wajib menggunakan jaminan. Dimana jaminan yang bisa digunakan adalah sebagai berikut.

  • Tanah Kosong / Tanah Bangunan
  • KIOS
  • Kendaraan Bermotor

Selain jaminan di atas, nasabah juga bisa menggunakan stock persediaan barang dan mesin sebagai jaminan tambahan. Namun menurut informasi yang kami dapatkan dari situs resmi bca.co.id, Bank BCA tidak mengenakan biaya apparasial dan pengikatan agunan notaril untuk KUR Super Mikro dan KUR Mikro.

Owh yah, KUR Super Mikro merupakan salah satu jenis pinjaman KUR yang disediakan Bank BCA dengan limit maksimal pinjaman sebesar Rp. 10 Juta. Meskipun limitnya lebih rendah, namun syarat pengajuannya tetap sama. Dimana persyaratannya adalah sebagai berikut

Syarat Pengajuan KUR BCA

Pengajuan pinjaman KUR hanya bisa disetujui apabila nasabah sudah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan Bank BCA. Sebenarnya syarat yang dibutuhkan cukup simpel dan tidak akan memberatkan para UMKM yang membutuhkan pinjaman.

Nah bagi yang tertarik mengajukan pinjaman Bank BCA ini, silahkan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa persyaratan sebagai berikut

  1. Memiliki usah aktif dan layak mendapat pinjaman
  2. Merupakan Warga Negara Indonesia
  3. Menyiapkan dokumen identitas yang terdiri dari KTP dan Kartu Keluarga serta Surat Nikah/Cerai
  4. Memiliki surat keterangan usaha yang diterbitkan dari kelurahan ataupun instansi terkait
  5. NPWP untuk pengajuan pinjaman dengan nominal di atas Rp. 50 Juta
  6. Persyaratan lainnya yang ditetapkan Bank BCA.

Untuk memastikan syarat pengajuan KUR BCA, kami sarankan untuk menghubungi Halo BCA di nomor 1500888 atau datang langsung ke kantor cabang BCA. Lalu bagiamana dengan proses pengajuan pinjaman ini, apakah bisa dilakukan secara online?

Prosedur Cara Pengajuan

Cetak Rekening Koran BCA

Sayang pengajuan KUR hanya bisa dilakukan di kantor cabang terdekat. Untuk saat ini Bank BCA tidak menyediakan layanan pengajuan KUR secara online. Alhasil anda harus menyempatkan waktu untuk datang ke kantor cabang.

Prosedur pengajuannya sangat mudah dan untuk mengetahui langkah-langkah pengajuan pinjaman silahkan simak di bawah ini.

  1. Silahkan datang ke kantor cabang BCA terdekat dengan membawa semua dokumen persyaratan
  2. Berikutnya ambil nomor antrian untuk bertemu customer service BCA
  3. Lalu beritahukan keperluan anda ke petugas BCA, bahwa ingin mengajukan pinjaman KUR
  4. Kemudian petugas customer service akan memproses permohonan pengajuan KUR sesuai dengan nominal pinjaman yang diinginkan
  5. Berikutnya Bank BCA akan meninjau lokasi usaha dan kelayakan nasabah
  6. Jika pengajuan disetujui maka bisa dilakukan pencairan dan uang akan ditransfer ke rekening nasabah.

Persetujuan pengajuan KUR bisa memakan waktu lebih dari 1 minggu. Sebab petugas Bank BCA akan terlebih dahulu meninjau lokasi usaha untuk memastikan, apakah nasabah layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

Kesimpulan

Selain KUR, Bank BCA masih memiliki beragam jenis pinjaman lainnya yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah pinjaman kredit kendaraan bermotor yang bisa anda simak informasinya pada artikel berikut “Cara Kredit Motor Lewat Bank BCA“.

Nah demikianlah informasi seputar pinjaman KUR dari Bank BCA. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi yang ingin mengajukan pinjaman KUR. Simak pula artikel cicilan.id lainnya mengenai Cara Aktivasi Kartu Kredit BRI dan beragam artikel lainnya.

Founder dan CEO cicilan.id yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di Bank Swasta dan mengetahui seluk beluk dunia pinjaman di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *