11 Syarat KUR Bank Jatim 2024 : Bunga dan Tabel Angsuran Pinjaman

Bank Jatim memiliki beragam produk pinjaman. Salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kelebihan pinjaman KUR Bank Jatim adalah memiliki syarat mudah dan bunga rendah. Selain itu, nasabah bisa mendapatkan pinjaman hingga ratusan juta rupiah.

Sama halnya dengan pinjaman KUR dari Bank lain seperti Bank BRI, BNI, dan Mandiri, pinjaman KUR Bank Jatim hanya dikhususkan untuk nasabah yang memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM). Usaha yang dijalani harus aktif dan produktif agar layak mendapatkan pinjaman.

Soal persyaratan tidak perlu khawatir, karena syarat pinjaman KUR Bank Jatim sangat mudah. Yang paling penting memiliki usaha yang dibuktikan dengan melampirkan Surata Keterangan Usaha dari kelurahan ataupun instansi terkait lainnya.

Plafon pinjaman yang diberikan tergolong cukup besar sehingga membantu para UMKM yang membutuhkan modal bisnis ataupun untuk investasi. Nah bagi yang tertarik mengajukan pinjaman KUR Bank Jatim, silahkan simak informasi syarat KUR Bank Jatim pada artikel cicilan.id berikut ini.

Syarat KUR Bank Jatim

Persyaratan KUR Bank Jatim

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu program pemerintah dalam membantu para UMKM. Pemerintah memberikan subsidi dalam bentuk bunga yang membuat pinjaman KUR Bank Jatim memiliki bunga sangat rendah.

Dengan bunga yang rendah, tentu masyarakat akan terbantu dengan adanya pinjaman ini. Namun perlu diingat, KUR Bank Jatim hanya dikhususkan untuk nasabah yang memiliki usaha aktif dan produktif.

Bagi yang tidak memiliki usaha maka tidak bisa mengajukan pinjaman ini. Selain persyaratan tersebut, masih ada beberapa persyaratan KUR Bank Jatim lainnya. Untuk mengetahui apa saja syaratnya silahkan simak berikut ini.

  1. Fotocopy KTP Suami dan Istri
  2. Berumur minimal 21 tahun atau sudah menikah
  3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  4. Fotocopy Surat Nikah / Surat Cerai
  5. Memiliki Rekening Tabungan Bank Jatim
  6. Fotocopy Jaminan (SHM, Akta Tanah, BPKB)
  7. Fotocopy NPWP untuk pengajuan pinjaman KUR Bank Jatim di atas Rp. 50 Juta
  8. PBB tahun terakhir
  9. Surat Keterangan Usaha dari kelurahan
  10. Surat keterangan harga tanah
  11. Nota-nota atau laporan penjualan

Pinjaman KUR Bank Jatim membutuhkan jaminan. Jadi pastikan anda memiliki jaminan senilai jumlah pinjaman. Anda bisa menggunakan SHM, Akta Tanah ataupun BPKB kendaraan bermotor.

Syarat lainnya tergolong cukup mudah dan kami yakin sebagian besar UMKM bisa memenuhi semua persyaratan di atas. Setelah syarat siap maka tinggal mengajukan pembiayaan KUR Bank Jatim.

Tabel Angsuran KUR Bank Jatim

Tabel Angsuran KUR Bank JatimSebelum mengajukan pinjaman ini, silahkan simak terlebih dahulu tabel angsuran KUR Bank Jatim di atas. Melalui tabel di atas, anda bisa melihat besaran angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan berdasarkan plafon pinjaman yang dipilih.

Bank Jatim menawarkan pinjaman hingga ratusan juta rupiah untuk para UMKM yang membutuhkan modal usaha ataupun modal investasi. Besaran angsuran tergolong terjangkau karena mendapatkan subsidi bunga dari Pemerintah.

Bunga KUR Bank Jatim

Bunga yang rendah menjadi kelebihan utama pinjaman KUR Bank Jatim. Dimana bunganya adalah sebesar 6% per tahun. Dengan bunga tersebut maka para UMKM tidak akan terlalu terbebani dengan angsuran yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Bunga pinjaman ini sama saja dengan bunga KUR BNI ataupun bunga KUR BRI. Namun tidak menutup kemungkinan bunganya berubah mengikuti peraturan yang dikeluarkan pemerintah.

Cara Pengajuan Pinjaman

Bunga KUR Bank Jatim

Dengan bungan cuma 6% per tahun pasti banyak yang tertarik mengajukan pinjaman ini. Apalagi syarat KUR Bank Jatim tergolong mudah dan tidak memberatkan nasabah yang membutuhkan pinjaman untuk modal usaha.

Lalu bagaimana cara mengajukan pinjaman tersebut? Caranya sangat mudah. Nasabah hanya perlu datang ke kantor cabang Bank Jatim terdekat dengan membawa semua persyaratan di atas. Pastikan semua syarat lengkap agar pengajuan mudah disetujui.

Agar pengajuan KUR Bank Jatim dapat disetujui maka nasabah wajib mememenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan. Untungnya syarat KUR Bank Jatim tidak akan memberatkan nasabah.

Yang paling penting harus memiliki usaha aktif dan produktif karena pinjaman ini hanya dikhususkan untuk UMKM. Kemudian tinggal menyerahkan semua persyaratan di atas ke petugas Bank Jatim.

Selanjutnya akan ada survey untuk menentukan kelayakan nasabah. Jika layak mendapatkan pinjaman maka pengajuan akan disetujui dan uang pinjaman bisa langsung ditransfer ke rekening nasabah.

Prosesnya membutuhkan waktu lebih dari 1 minggu karena Bank Jatim harus melakukan verifikasi dan menganalisa data yang dimiliki nasabah.

Apabila pengajuan ternyata ditolak, tentu ada alasannya. Nah salah satu penyebab pengajuan KUR ditolak adalah karena memiliki riwayat kredit yang buruk. Faktor lainnya adalah karena masih memiliki kredit perbankan yang belum lunas.

Apabila mengacu dari persyaratan KUR Bank BRI dan bank lainnya, maka nasabah wajib melunasi semua kredit perbankan sebelum mengajukan pinjaman KUR. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk kredit KPR, Kartu Kredit, dan Kredit Kendaraan Bermotor.

Kesimpulan

Bisa dikatakan KUR Bank Jatim merupakan solusi tepat untuk para UMKM di wilayah Jawa Timur yang membutuhkan modal untuk mengembangkan ataupun mempertahankan usaha.

Dengan syarat yang mudah dan bunga rendah tentu para UMKM akan sangat terbantu dengan adanya pinjaman ini. Apalagi Bank Jatim menawarkan pinjaman hingga mencapai Rp. 250 Juta per nasabah dengan tenor hingga 4 tahun.

Nah cukup sekian informasi cicilan.id pada kesempatan kali ini. Semoga informasi syarat KUR Bank Jatim di atas bisa menjadi referensi. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Bayar BFI Lewat M Banking BCA dan beragam artikel lainnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pinjaman ini, silahkan hubungi Call Center Bank Jatim di nomor 14044 atau kunjungi website bankjatim.co.id

Alecia

Founder dan CEO cicilan.id yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di Bank Swasta dan mengetahui seluk beluk dunia pinjaman di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *