Lompat ke konten

6 Syarat Pinjaman Bank BRI Untuk Karyawan Swasta

Syarat Pinjaman Bank BRI Untuk Karyawan Swasta

Ada banyak program angsuran dari bank BRI yang sangat menari salah satunya adalah untuk Karyawan. Syarat Pinjaman Bank BRI untuk Karyawan sendiri cukuplah mudah dan juga tentunya tanpa anggunan.

Kamu yang berprofesi sebagai karyawan swasta bisa mengajukan pinjaman BRIguna dengan mudah. Pinjaman jenis ini tentu saja akan harus bisa di manfaatkan oleh karyawan karena memiliki banyak kelebihan.

Sama halnya dengan Syarat Pinjaman Kupedes BRI kamu bisa melakukan pinjaman Bank BRI dengan mudah dengan beberapa syarat yang mudah di penuhi. Pinjaman untuk karyawan sendiri tergolong ringan dengan bunga yang rendah.

Syarat Pinjaman Bank BRI untuk Karyawan bakalan menawarkan bunga yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan pinjaman reguler. Selanjutnya untuk tenor pinjaman BRIguna juga bisa di sesuaikan dengan kebutuhan.

Ada beberapa pilihan tenor pinjaman seperti 6 bulan, 12 bulan dan seterusnya. Nantinya kamu bisa menyesuiakan dengan tenor yang kamu ingingkan dan mampu tentunya. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui menggenai Pinjaman Bank BRI untuk Karyawan selengkapnya.

Syarat Pinjaman Bank BRI Untuk Karyawan

Cara Gadai Sertifikat Tanah di Bank BRIBagi yang berprofesi sebagai karyawan swasta dan ingin mengajukan pinjaman, maka Bank BRI adalah solusinya. BRI memiliki salah satu produk bernama BRIGuna Karya yang bisa dimanfaatkan bagi para karyawan yang ingin mengajukan pinjaman untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Apalagi BRIGuna Karya merupakan pinjaman tanpa agunan yang diberikan kepada calon debitur atau peminjam dengan sumber pembayaran yang berasal dari gaji. Maka dari itu, BRIGuna sangat cocok untuk karyawan swasta karena memiliki penghasilan tetap sehingga bisa mengajukan pinjaman dengan mudah.

Syarat Pinjaman Bank BRI untuk Karyawan

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi karyawan yang ingin mengajukan pinjaman di Bank BRI. Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut maka besar kemungkinan pinjaman yang diajukan akan diterima oleh pihak Bank.
Nah, bagi yang belum tahu apa saja persyaratannya maka bisa simak syarat-syarat berikut ini.

  1. Memiliki penghasilan minimal sebesar Rp3 juta per bulan.
  2. Wajib mempunyai kartu kredit, minimal sudah berjalan selama satu tahun.
  3. Memiliki usia minimal 21 tahun dan usia maksimal saat pelunasan adalah 65 tahun.
  4. Memiliki limit kredit minimal sebesar Rp 5 juta.

Cara Mengajukan Pinjaman BRIGuna

Setelah menyiapkan semua persyaratan yang sudah disebutkan diatas, selanjutnya tinggal melakukan cara untuk mengajukan pinjaman pada BRIGuna. Nah, bagi yang belum tahu cara megajukan pinjaman tersebut maka bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Datangi kantor cabang BRI terdekat dengan membawa persyaratan dan dokumen yang sudah dijelaskan diatas.
  2. Jika sudah sampai di kantor cabang Bank BRI, silakan ambil nomor antrean pada bagian CS terlebih dahulu lalu tunggu hingga mendapat giliran panggilan.
  3. Setelah dipanggil, maka langsung saja menuju ke bagian CS dan sampaikan bahwa akan mengajukan pinjaman untuk karyawan. Nah setelah itu, biasanya petugas CS akan memberi penjelasan tentang BRIGuna.
  4. Apabila dirasa sudah paham tentang BRIGuna, maka petugas CS akan meminta untuk mengisi formulir dan juga meminta persyaratan lainnya untuk proses verifikasi.
  5. Tunggu hingga proses verifikasi selesai dan mendapat konfirmasi dari pihak BRI tentang penerimaan atau penolakan pengajuan. Apabila pengajuan pinjaman tersebut diterima, maka tinggal melakukan tandatangan akad kredit bersama notaris.
  6. Jika sudah melakukan tanda tangan, selanjutnya tinggal menunggu proses pencairan dana pinjaman yang bisa dicairkan paling lama selama 14 hari. Untuk pengambilan dana pinjaman biasanya pihak Bank akan menghubungi dan meminta untuk datang kembali ke kantor cabang BRI saat pengajuan.

Sistem Pembayaran Angsuran BRIGuna

Syarat Pinjaman Bank BRI Untuk KaryawanSistem pembayaran angsuran pada BRIGuna Karya menggunakan sistem potong gaji sehingga jika gaji bulanan sudah masuk ke rekening peminjam, maka secara otomatis gaji akan terpotong sesuai dengan perjanjian diawal pengajuan pinjaman.

Bunga yang diberikan pada BRIGuna Karya ini bervariasi, yaitu untuk pinjaman 12 hingga 24 bulan maka akan dikenakan bunga sebesar 13% per tahunnya dengan angsuran tetap.

Selain itu untuk pinjaman dengan jangka waktu lebih dari 24 bulan sampai dengan 60 bulan, maka bunga Cicilan yang harus dibayar adalah sebesar 13,5% per tahun. Namun untuk saat ini belum ada informasi resmi dari pihak Bank BRI tentang besaran suku bunga yang ditetapkan dalam BRIGuna, hanya ada informasi bahwa terdapat suku bunga dasar kredit yaitu sebesar 12,5% per tahun.

Dokumen-Dokumen Lain yang Harus Disiapkan

Selain syarat-syarat yang sudah disebutkan diatas, ada juga dokumen lain yang harus disiapkan. Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus dibawa saat melakukan pengajuan pinjaman agar proses pengajuan bisa berjalan dengan lancar.

  1. Membawa kartu identitas yang asli berupa, KTP, KK dan NPWP.
  2. Siapkan dokumen dari pihak Bank terkait seperti, Fotokopi buku tabungan BRITama, Pas foto suami/istri (bagi yang sudah menikah), Formulir auto-debet rekening dan Formulir permohonan pengajuan pinjaman.
  3. Siapkan juga dokumen dari perusahan seperti, Slip gaji, Surat rekomendasi dari atasan peminjam, SK pengangkatan pertama (asli) dan SK terakhir. Untuk pengajuan pinjaman BRIGuna Purna tidak perlu menggunakan dokumen dari perusahaan, cukup dengan menggunakan dokumen pensiun seperti, SK pensiun, Buku pensiun, KARIP (Kartu Registrasi Induk Pensiun) dan Daftar Pembayaran Pensiun.

Biaya yang Dikenakan pada Pinjaman BRIGuna

Tidak semua dana yang diajukan akan dicairkan. Hal ini karena adanya biaya-biaya yang dikenakan seperti, Biaya Notaris, Biaya Provisi, Biaya Asuransi dan juga Biaya Administrasi.
Bagi yang belum tahu tentang biaya-biaya tersebut maka bisa simak penjelasan berikut ini.

  • Biaya Notaris, biaya ini bersifat opsional dimana ada Bank yang tidak mematok biaya notaris dan ada juga Bank yang membebankan biaya notaris kepada debitur atau peminjam.
  • Biaya Provisi, biaya ini merupakan biaya yang disebut sebagai dana balas budi ke pihak Bank terkait karena sudah meluluskan pengajuan pinjaman kredit.
  • Biaya Asuransi, biaya yang satu ini merupakan biaya yang nantinya akan digunakan sebagai manajemen resiko jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika masih memiliki tanggungan kredit di Bank.
  • Biaya Administrasi, biaya ini dikenakan karena proses administrasi yang sudah dijalankan oleh pihak Bank untuk memproses pinjaman.

Akhir Kata

Itulah syarat-syarat yang diperlukan bagi karyawan yang ingin mengajukan pinjaman di Bank BRI. Dengan adanya ulasan tentang syarat-syarat tersebut, karyawan yang akan mengajukan pinjaman di Bank BRI bisa mempersiapkan terlebih dahulu persyaratannya sehingga tidak bolak-balik karena ada syarat yang kurang.

Namun sebelumnya kamu perlu tahu nih kalau skema pinjaman diatas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijkan BANK BRI. Selamat mencoba dan semoga informasi diatas bisa di aplikasikan dengan baik serta simak juga Cara Mengaktifkan Rekening BRI Yang Sudah Tidak Aktif pada ulasan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *