Tabel Angsuran KUR BRI 2024 : Bunga & Syarat KUR Mikro

Ada tiga jenis KUR yang disediakan Bank BRI, yakni Mikro, Kecil, dan TKI. Sebelum memilih salah satunya kami sarankan untuk terlebih dahulu mengetahui tabel angsuran KUR BRI 2021 sehingga bisa mengetahui secara pasti besaran bunga serta besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Ketiga jenis KUR BRI memiliki limit kredit berbeda-beda. Nasabah bisa meminjam uang hingga maksimum 500 Juta Rupiah dengan maksimum masa pinjaman mencapai 5 Tahun (60 Bulan).

Bunga yang dibebankan kepada nasabah tergolong sangat kecil dibanding pinjaman Bank BRI lainnya. Sebab suku bunga efektif KUR BRI adalah sebesar 6% per tahun.

Suku bunga tersebut membuat angsuran KUR BRI perbulan menjadi semakin kecil. Alhasil pinjaman ini bisa menjadi solusi paling tepat untuk pelaku usaha mikro, usaha kecil maupun koperasi yang membutuhkan modal kerja atau kredit investrasi.

Alasan mengapa bunga KUR BRI sangat kecil adalah karena mendapatkan subsidi bunga dari pemerintah. Sayangnya tidak semua nasabah Bank BRI bisa mengajukan pinjaman ini.

KUR BRI hanya dikhususkan untuk nasabah yang memiliki usaha produktif dan layak mendapatkan pinjaman dari Bank. Usaha yang dijalankan harus aktif minimal 6 bulan. Selain itu, ada beberapa syarat lainnya yang harus dipenuhi agar pengajuan pinjaman dapat disetujui.

Syarat KUR BRI tergantung dari jenis pinjaman yang dipilih. Nah bagi yang tertarik mengajukan pinjaman KUR Mikro BRI yang notabennya memiliki syarat kredit paling ringan, maka silahkan simak informasi cicilan.id berikut ini.

Tabel Angsuran KUR BRI 2021

Tabel Angsuran KUR BRI 2021

KUR Mikro Bank BRI memiliki maksimum pinjaman sebesar Rp. 50 Juta. Selain itu, ada dua jenis pinjaman yang disediakan Bank BRI. Yang pertama adalah Kredit Modal Kecil (KMK) dengan maksimum masa pinjaman selama 3 tahun. Kemudian yang kedua adalah Kredit Investasi (KI) dengan maksimum pinjaman selama 5 tahun.

Tabel angsuran KUR BRI 2021 di atas merupakan tabel angsuran untuk Kredit Modal Kecil (KMK) yang notabennya sangat cocok untuk para pelaku usaha mikro yang membutuhkan suntikan modal untuk mempertahankan maupun mengembangkan bisnis.

Nasabah bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 1 Juta hingga Rp. 50 Juta dengan suku bunga efektif 6% per tahun. Cara mengajukan pinjaman tersebut juga sangat mudah, nasabah hanya perlu memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan Bank BRI. Adapun persyaratannya silahkan simak di bawah ini.

Syarat KUR Mikro Bank BRI

Seperti yang kami sampaikan di atas, syarat pengajuan KUR BRI sangat mudah. Nasabah hanya perlu menyiapkan beberapa persyaratan admistrasi dan beberapa syarat lainnya yang terdiri dari sebagai berikut.

  1. Memiliki usaha yang produktif dan layak mendapatkan pinjaman KUR Mikro BRI
  2. Fotocopy KTP Suami dan Istri
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Usaha telah berjalan minimal 6 bulan
  5. Fotocopy Surat Nikah atau Surat Cerai
  6. Surat keterangan usaha (SKU) dari Desa
  7. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  8. Memiliki agunan atau jamin berupa BPKB kendaraan bermotor atau bukti kepemilikan tanah (SHM)

Hanya itu saja syarat pengajuan KUR Mikro Bank BRI. Semua persyaratan di atas harus terpenuhi agar pengajuan kredit dapat diterima. Lalu bagaimana cara mengajukan pinjaman tersebut?

Proses pengajuan KUR Mikro Bank BRI hanya bisa dilakukan di kantor cabang BRI terdekat. Silahkan anda membawa semua persyaratan di atas, lalu temui petugas Bank BRI yang mengurusi pinjaman KUR.

Serahkan semua dokumen persyaratan, kemudian ikuti istruksi yang diberikan petugas Bank BRI. Apabila semua syarat terpenuhi maka petugas BRI akan melakukan peninjauan ke lokasi untuk menentukan apakah pengajuan disetujui atau tidak.

Apabila pengajuan krediti disetuji maka tinggal menunggu waktu pencairan dana. Anda harus datang ke kantor cabang untuk tanda tangan dan uang pinjaman akan langsung ditransfer ke rekening BRI yang telah terdaftar.

Biaya KUR Mikro BRI

Cara dan Syarat Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Yang menarik dari KUR BRI adalah tidak dikenakan biaya adminstrasi dan biaya provisi. Inilah salah satu kelebihan KUR BRI dibanding KUR Bank Mandiri maupun KUR Bank Jateng.

Kelebihan lainnya adalah memiliki bunga yang sangat ringan sehingga tidak akan terlalu memberatkan nasabah Bank BRI yang mengajukan pinjaman KUR Mikro tersebut.

Untuk besaran bunga secara pasti silahkan menghubungi Customer Service BRI di nomor 14017 / 1500017. Selain itu, anda juga bisa menghitung besaran bunga berdasarkan tabel angsuran KUR BRI di atas.

Perlu kalian ketahui, besaran bunga KUR BRI bisa berubah sewaktu-waktu. Namun selama ini bunga KUR BRI selalu ringan sehingga bisa menjadi solusi paling tepat untuk mendapatkan pinjaman modal maupun kredit usaha.

Nah demikianlah informasi seputar tabel angsuran KUR BRI beserta syarat pengajuan KUR Mikro Bank BRI. Apabila masih ada pertanyaan seputar bunga, syarat pengajuan, dan tabel angsuran KUR BRI silahka buka halaman resmi https://bri.co.id/kur.

Simak pula informasi sebelumnya mengenai “Syarat Pinjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam” dan beragam artikel seputar dunia keuangan di Indonesia. Cukup sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi nasabah BRI yang ingin mengajukan pinjaman KUR Mikro.

Alecia

Founder dan CEO cicilan.id yang sebelumnya bekerja sebagai karyawan di Bank Swasta dan mengetahui seluk beluk dunia pinjaman di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *