Lompat ke konten

8 Cara Bayar UTBK Lewat ATM BRI & BRImo

Cara Bayar UTBK Lewat ATM BRI

UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer merupapakan ujian tertulis komputer yang mana nanti akan digunakan untuk mengikuti SBMPTN. Ujian UTBK merupakan proses seleksi yang dilakukan secara online untuk masuk ke perguruan tinggi.

Nantinya setelah peserta selesai mengikuti proses pendaftaran UTBK, peserta harus melunasi membayar biaya UTBK secara online atau ke teller bank. Jadi peserta bisa melakukan pembayaran di Bank-bank terpilih seperti Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI baik secara langsung maupun online.

Untuk tahun 2021 besaran biaya yang dibayarkan ada dua pilihan yang mana di sesuaikan dengan pilihan kelompok ujian. Dimana ada yangu Rp 200.000 untuk Saintek dan Soshum, serta Rp 300.000 untuk Campuran.

Cara yang sudah di lakukan sejak tahun 2o19 ini dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Seperti kita ketahui LTMPT sendiri merupakan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia untuk saat ini.

Samah halnua dengan BAYAR ADIRA LEWAT BANK BRI Ada juga Cara Bayar UTBK Lewat ATM BRI dengan mudah. Asalkan semua syarat untuk melakukan pembayaran sudah di siapkan maka proses pembayaran di ATM BRI sebenarnya sangalah mudah.

Tutorial Bayar UTBK Lewat ATM BRI

Bayar UTBK Lewat Bank BRISeperti kita ketahui Bank BRI menjadi salah satu bank untuk pusat pembayaran salah satunya UTBK. Untuk cara melakukan pembayaran di ATM menggunakan BANK BRI sendiri terbilang simple dibandingkan ke kantor cabang.

Biasanya di kantor cabang kita harus mengantri lama belum lagi mengisi berbagai formulir yang ada. Nah untuk lebih lengkapnya bisa ikuti beberapa langkah mudah dari cicilan.id berikut ini untuk Cara Bayar UTBK Lewat ATM BRI selengkapnya.

Bayar UTBK Lewat ATM BRI

Bayar UTBK Lewat ATM BRICara yang pertama jika ingin melakukan pembayaran UTBK lewar ATM BRI bisa menggunakan mesin ATM BRI. Dengan tersebarnya mesin ATM BRI di berbagai tempat jelas akan lebih mudah melakukan pembayaran. Untuk mekanismenya bisa ikuti langkah yang satu ini.

  1. Datangi Mesin ATM BRI terdekat.
  2. Masukan kartu ATM BRI.
  3. Selanjutnya masukan PIN ATM.
  4. Pilih menu Pembayaran.
  5. Selanjutnya pilih menu Berikutnya.
  6. Pilih universitas.
  7. Lanjutkan kemudian pilih UTBK LTMPT.
  8. Lalu masukkan Kode Bayar yang tertera pada slip pembayaran jangan lupakan masukkan NISN.
  9. Lalu akan muncul layar informasi terkait pembayaran dan nominal bayar.
  10. Jika data yang di tampilakn sudah benar maka lanjutkan dengan pilih YA.
  11. Kemudian pilih Tabungan.
  12. Jika transaksi sudah selesai receipt atau bukti pembayaran bisa dicetak.
  13. Simpan baik-baik bukti pembayaran tersebut.
  14. Selesai.

Pembayaran menggunakan ATM BRI salah satu hal yang perlu di perhatikan adalah Kode Bayar dan juga NISN. Keduanya mungkin perlu kamu catat terlebih dahulu agar prosesnya bisa lebih cepat di mesin ATM BRI nantinya. Selanjutnya jangan lupakan juga simpan bukti transaksi struk pembayaran sebagai bukti transaksi yang sah.

Bayar UTBK Lewat BRImo

Cara Bayar UTBK Lewat BRImoJika ingin lebih simple kamu juga bisa melakukan pembayaran menggunakan aplikasi BRImo. Buat kamu yang sudah terhubung dan memiliki aplikasi brimo maka cara ini paling mudah bisa di lakukan dimanapun dan kapanpun. Untuk caranya sendiri cukuplah mudah.

  1. Buka aplikasi BRImo.
  2. Silahkan login aplikasi BRIMO dengan masukan pin.
  3. Kemudian pada tampilan awal pilih Lainnya.
  4. Selanjutnya pilih menu LTMPT .
  5. Setelah itu pengguna harus Isikan Kode bayar dan NISN
  6. Jika sudah akan tampil data pembayar.
  7. Saat dirasa sudah benar silahkan lanjutkan, masukkan PIN dan akan diterbitkan bukti transaksi.
  8. Jangan lupa simpan bukti transaksi.

Mudah bukan untuk melakukan pembayaran UTBK menggunakan BRIMO. Namun pastikan lagi nih kalau semua proses tadi bisa kamu lakukan dengan benar. Serta jangan langsung lakukan pembayaran jika detail informasi yang di tampilan tidak sama dengan data diri peserta.

AHIR KATA

Nah itu dia dua opsi pembayaran yang bisa kamu lakukan menggunakan BANK BRI. Dimana kedua cara diatas merupakan cara yang paling mudah dibandingkan dengan mendatangi kantor cabang BRI.

Jangan lupakan juga pengguna mungkin harus mendapatkan tambahan biaya untuk menggunakan layanan Bank BRI. Dimana biaya admin menggunakan layanan bank BRI yang satu ini berkisar antara Rp 4.000- Rp 7.500 stiap transaksi pembayaran.

Namun perlu di ingat nih kalau skema pembayaran UTBK Lewat Bank BRI bisa sewaktu-waktu berubah. Jadi untuk informasi lebih lengkap bisa menanyakan lewat informasi pembayaran pada penyelenggara. Selain bisa menggunakan bank BRI seperti ulasan diatas kamu juga bisa menggunakan bank lain seperti Bank Mandiri, BNI, BTN dengan skema pembayaran yang hampir sama.

Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat dan juga bisa di aplikasikan dengan baik oleh kamu yang sedang mengikuti UTBK. Jangan sampai kelewatan juga informasi menarik selanjutnya seperti Cara Cicilan Kartu Kredit di Shopee secara detail pada artikel sebelumnya dari cicilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *