Lompat ke konten

3 Cara Melunasi Hutang Bank BRI Secara Cepat

Cara Melunasi Hutang Bank BRI

Cara melunasi hutang memang suatu hal yang lazim dicari oleh kebanyakan orang karena siapa yang tidak ingin jika hutanganya cepat lunas. Apalagi jika memiliki hutang di Bank yang terdapat bunga sehingga untuk mengembalikan pinjaman tersebut menjadi lebih banyak.

Salah satu Bank yang banyak diminati oleh masyarakat glongan menengah kebawah yaitu Bank BRI karena Bank milik negara ini memberikan pinjaman mulai dari yang paling kecil hingga paling besar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah.

Nah, bagi sebagian orang pasti ingin tahu cara untuk melunasi hutang Bank BRI agar terbebas dari tanggungan yang terkadang membuat pusing karena faktor ekonomi yang tidak menentu. Oleh sebab itu jika tidak mampu untuk memiliki kartu kredit lebih baik menutupnya, sama halnya dengan MENUTUP KARTU KREDIT BANK BRI nasabah yang dirasa tidak mampu menggunakan layanan kartu kredit.

Maka dari itu, dalam ulasan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara melunasi hutang BRI agar terbebas dari hutang yang terkadang membuat pusing tersebut. Namun, sebelum mengatahui cara untuk melunasi hutang Bank BRI sebaiknya ketahui dahulu jenis-jenis hutangnya.
Berikut jenis-jenis hutang yang perlu kamu ketahui.

  • Hutang Produktif

Jenis hutang yang pertama yaitu hutang Produktif. Jenis hutang ini merupakan jenis hutang yang diajukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau ivestasi sehingga hutang tersebut bisa menjadikan keuntungan yang bermanfaat untuk melunasi pinjaman tersebut.

Contoh hutang produktif yaitu KPR, cicilan KPR memeng terbilang besar, namun nilai aset dari tahun ke tahun untuk rumah yang dibeli tidak akan turun bahkan bisa terus naik sehingga jika dijual dalam jangka yang panjang maka bisa mendapatkan untung yang lebih banyak.

  • Hutang Konsumtif

Selanjutnya yaitu hutang Konsumtif. Jenis hutang yang satu ini kebalikannya dari hutang Produktif, jika hutang Produktif dari tahun ke tahun nilai jualnya akan semakin naik, namun untuk hutang Konsumtif ini malah nilai jualnya akan semakin menurun dan bahkan bisa hilang dalam jangka waktu yang lama.

Contoh hutang Konsumtif yaitu kredit kendaran bermotor atau kredit barang-barang elektronik sehingga tidak bisa dijadikan sebagai investasi.

  • Hutang Jangka Pendek

Hutang jangka pendek merupakan hutang yang harus diselesaikan dalam jangka waktu antara 3 bulan hingga 12 bulan. Biasanya pihak Bank BRI akan memberikan pilihan yang ditawarkan untuk hutang jangka pendek ini yaitu KTA (Kredit Tanpa Agunan) dan juga Kredit menggunakan agunan atau jaminan.

  • Hutang Jangka Panjang

Yang terakhir yaitu hutang jangka panjang dimana untuk menyelesaikan kredit ini dilakukan dalam jangka waktu yang lama mulai dari 2 tahun atau lebih. Contoh hutang jangka panjang yaitu kredit kendaraan bermotor atau kredit rumah yang memiliki nominal besar sehingga untuk kreditnya bisa dilakukan dalam waktu yang lama.

Itulah jenis-jenis hutang yang perlu kamu ketahui sehingga dengan adanya jenis-jenis hutang tersebut kamu bisa mengetahui penjelasan dari setiap jenis hutangnya. Nah untuk mengetahui cara melunasi hutang Bank BRI, maka bisa simak penjelasan berikut ini.

Tutorial Cara Melunasi Hutang Bank BRI

Cara Melunasi Hutang Bank BRI Secara CepatAda beberapa Cara Melunasi Hutang Bank BRI yang di rasa CICILAN.id akan bisa lebih membuat hutang lebih cepat lunas. Setelah mengetahui jenis-jenis hutangnya, maka sekarang tinggal lanjut ke cara untuk melunasi hutang Bank BRI. Berikut cara-caranya.

1. Gunakan Aset yang Dimiliki

Cara yang pertama yaitu menggunakan aset yang dimilki untuk melunasi hutang Bank BRI. Jika kamu memiliki aset besar seperti tanah, rumah, mobil atau lainnya maka bisa gunakan salah satu aset tersebut untuk melunasi hutang di Bank BRI dengan cepat.

Pastikan nominal dari aset tersebut harus lebih besar dari hutang yang kamu miliki, hal ini karena jika kamu ingin melunasi hutang di Bank sebelum waktu yang sudah di tentukan biasanya akan mendapatkan penalti yang menjadikan dana yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan jika kamu mengangsur sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Cara ini merupakan cara yang efektif untuk melunasi hutang Bank BRI dengan cepat sehingga kamu tidak pusing lagi dengan tanggungan hutang tersebut, namun kamu harus merelakan salah satu aset yang sudah kamu miliki.

2. Mencari Penghasilan Tambahan

Cara selanjutnya untuk melunasi hutang Bank BRI yaitu dengan mencari penghasilan tambahan. Dengan mencari penghasilan tambahan maka secara otomatis pendapatan akan bertambah sehingga kamu bisa dengan mudah untuk membagi keuangannya dan bisa menyisihkan uang untuk melunasi hutang yang dimiliki.

Nah, uang dari hasil penghasilan tambahan tersebut bisa digunakan untuk menambah angsuran sehingga kamu bisa mengangsur 2x angsuran dalam satu bulan yang menjadikan tidak terasa hutang akan cepat lunas. Pengahsilan tambahan tersebut bisa dicari dengan membuat bisnis kecil-kecilan seperti jualan, jasa tenaga dan lainnya atau bisa juga dengan pekerjaan sampingan seperti menjadi penulis, guru les, desain grafis atau lainnya yang kamu bisa.

3. Gaya Hidup Jangan Berlebihan

Cara yang terakhir yaitu gaya hidup jangan berlebih-lebihan sebelum melunasi hutang kamu. Gaya hidup yang berlebihan akan membuat ekonomi tidak beraturan apalagi jika pengeluaran tidak sesuai dengan penghasilan sehingga bisa menyebabkan kamu tidak bisa melunasi hutang di Bank BRI karena tidak bisa mengangsur.

Maka dari itu, tetaplah hidup sederhana dan sesuaikan dengan pendapatan sehingga kamu bisa melunasi hutang tersebut. Selain itu tetap proiritaskan angsuran yang kamu miliki dan pastikan agar selalu mengangsur tepat waktu, biarlah hidup sederhana yang penting hutang kamu di BRI bisa lunas karena jika nama kamu baik, maka ketika kamu mengajukan pinjaman di Bank BRI kembali, prosesnya akan dimudahkan.

AKHIR KATA

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan dengan mudah untuk melunasi hutang Bank BRI. Dari cara-cara yang sudah disebutkan diatas, maka kamu bisa memilih cara mana yang paling efektif untuk melunasi hutang di BRI dengan mudah.

Dan yang paling penting adalah usahakan untuk selalu mengatur keuangan kamu jangan sampai pengeluaran kamu lebih besar dari penghasilan yang menyebabkan kamu tidak bisa mengangsur kredit yang dimiliki. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, simak juga informasi menarik seperti “Cara Setor Tunai BCA Tanpa Kartu ATM” pada ulasan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *