7 Cara Mengecek Subsidi KPR BTN Online 2021

Cara Mengecek Subsidi KPR BTN Online

Para Nasabah bank BTN yang mengajukan KPT BTN mungkin akan memiliki beberapa pertanyaan seputar KPR BTN. Salah satunya adalah dengan Cara Mengecek Subsidi KPR BTN yang sebenarnya cukuplah mudah untuk melakukan pengecekan tersebut.

Dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini, pemerintah memberikan subsidi kepada pelaku UMKM agar ekonomi bisa bertahan dari dampak pandemi yang sedang melanda dunia seperti sekarang ini. Subsidi yang diberikan oleh pemerintah yaitu berupa subsidi bunga atau subsidi margin yang disalurkan di beberapa Bank yang ada di Indonesia.

Pinjaman jenis KPR menjadi salah satu yang cukup menarik terutama para keluarga muda yang menginginkan tempat tinggal sendiri. Seperti kita ketahui Syarat KPT Bank BTN sendiri termasuk paling mudah dibandingkan dengan bank lain yang di tawarkan.

Salah satu Bank yang sudah menyalurkan subsidi tersebut yaitu Bank BTN dengan dana dari pemerintah sebesar Rp 2,1 Triliun untuk subsidi bunga KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Nah, jika nasabah BTN ingin tahu apakah mendapatkan subsidi KPR atau tidak maka bisa cek dengan cara-cara yang akan dijelaskan dalam ulasan berikut ini.

Cara Mengecek Subsidi KPR BTN

CICILANNah jika kamu merupakan salah satu nasabah BTN yang memenuhi kriteria yang sudah disebutkan diatas, maka secara otomatis data akan masuk kedalam data yang disampaikan oleh pihak OJK ke Kemeneterian Keuangan untuk menapatkan subsidi bunga atau subsidi margin dari program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional).

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi Penyalur Kredit atau Pembiayaan untuk informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan pinjaman nasabah. Apabila kamu sudah terdaftar sebagai penerima subsidi maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan dari Bank atau lembaga penyalur kredit dari pemerintah lainnya untuk mengecek informasi terkait dengan subsidi yang didapatkan.

amun jika kamu sudah masuk kriteria tetapi tidak mendapatkan pemberitahuan untuk melakukan pengecekkan subsidi dari pihak Bank yang bersangkutan, maka bisa melakukan pengecekkan subsidi mandiri dengan cara online seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Pertama, buka Google lalu ketik “jendelaumkm.id
  2. Kemudian pilih tombol “cari“.
  3. Nah, setelah berhasil masuk ke halaman utama maka muncul beberapa pilihan link kemudian pilih saja link yang bertuliskan “Cek Subsidi“.
  4. Jika sudah maka akan menuju ke halaman selanjutnya untuk masuk dengan mengisi NIK atau NPWP dan mencentang kolom reCAPTCHA.
  5. Jika sudah kemudian tinggal pilih “Lanjutkan“.
  6. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nomor rekening Bank BTN yang kamu miliki kemudian tinggal pilih “Lanjutkan“.
  7. Nah jika sudah, maka akan muncul informasi tentang rekening kamu bahwa kamu mendapatkan subsidi bunga atau subsisi margin dari pemerintah dengan rincian yang sangat detail sehingga mudah untuk dipahami oleh penerima subsidi.

Kriteria Penerima Subsidi

Cara Mengecek Subsidi KPR BTNSebelum lanjut ke cara mengecek subsidi KPR BTN, sebaiknya ketahui dahulu apa saja kriteria yang menjadi syarat untuk mendapatkan subsidi tersebut. Nah, berikut ini adalah kriteria yang harus dimiliki agar bisa mendapatkan subsidi KPR BTN dari pemerintah.

  1. Pembiayaan kumulatif diatas Rp500 Juta hingga Rp10 Miliar.
  2. Mempunyai pembiayaan / baki debet kredit yang aktif per 29 Februari 2020.
  3. Nama nasabah belum pernah masuk kedalam daftar hitam nasional.
  4. Memiliki kategori kinerja yang lancar dengan kolektibilitas 1 atau 2 per Februari 2020.
  5. Mempunyai NPWP atau jika belum punya maka bisa mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan NPWP.
  6. Mendapatkan restrukturisasi dari penyalur kredit / pembiayaan untuk debitur dengan plafon kredit.
  7. Debitur koperasi diluar kriteria-kriteria yang sudah desebutkan diatas, maka harus memenuhi kriteria yang diatur oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil serta Menengah.

Ketentuan Umum Waktu dan Besaran Bantuan Subsidi dari Pemerintah

Selain kriteria yang sudah disebutkan diatas, bantuan atau subsidi yang diberikan pemerintah juga memiliki ketentuan umum waktu yaitu berlaku selama periode paling lama 6 bulan yang diberlakukan sejak tanggal 1 Mei 2020. Bagi yang belum tahu tentang ketentuan waktu tersebut, maka bisa lihat penjelasan berikut ini.

Untuk Kredit dari Perbankan dan Perusahaan Pembiayaan, maka besaran subsidi yang yang diterima adalah sebagai berikut ini.

  • Jumlah pinjaman dengan akumulasi plafon hingga sebesar Rp500 Juta, maka subsidi bunga atau subsidi margin adalah sebesar 6% untuk 3 bulan pertama sedangkan 3% untuk 3 bulan kedua.
  • Plafon pinjaman diatas Rp500 Juta hingga Rp10 Miliar, maka subsidi bunga atau subsidi margin adalah sebesar 3% untuk 3 bulan pertama dan 2% untuk 3 bulan kedua.

Untuk Kredit / Pembiayaan dari Lembaga Penyalur Kredit Program Pemerintah maka subsidi yang diberikan adalah seperti berikut.

  • Jumlah pinjaman hingga Rp10 Juta, maka subsidi paling tinggi yang diterima adalah sebesar 25% dari beban bunga atau margin debitur.
  • Pinjaman dengan akumulasi diatas Rp10 Juta hingga Rp500 Juta , maka akan mendapatkan subsidi bunga / subsidi margin sebesar 6% untuk 3 bulan pertama dan 3% untuk 3 bulan pertama.
  • Pinjaman diatas Rp500 Juta hingga Rp10 Miliar akan mendapatkan subsidi bunga atau subsidi margin sebesar 3% untuk 3 bulan pertama dan 2% untuk 3 bulan kedua.

Jumlah akad pinjaman yang diberikan subsidi memiliki ketentuan sebagai berikut.

  • Debitur dengan akad pinjaman kumulatif sampai dengan Rp500 Juta, maka akan mendapatkan subsidi bunga atau subsidi margin maksimal 2 akad.
  • Debitur dengan akad pinjaman kumulatif sebesar Rp500 Juta hingga Rp10 Miliar, maka akan mendapatkan subsidi bunga atau subsidi margin maksimal 1 akad.

Akhir Kata

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengecek subsidi KPR BTN melalui cara online. Sebenarnya untuk mengecek subsidi tersebut bisa dilakukan di Bank, namun dengan adanya cara online ini proses pengecekkan subsidi bisa dilakukan lebih mudah dan lebih praktis sehingga tidak perlu repot datang ke Bank untuk melakukan pengecekkan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kamu yang memang sedang mencari informasi Cara Mengecek Subsidi KPR BTN Online. Simak juga Saldo Awal Buka Rekening BRI & Biaya Setoran pada infromasi sebelumnya dari cicilan.id menggenai Bank BRI.

Mantan mahasia jurusan Ekonomi Syariah dari salah satu universitas ternama di Indonesia yang sekarang bekerja menjadi penulis di cicilan.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *