Lompat ke konten

3 Cara Enable Kartu ATM BRI Yang Disable

Cara enable kartu atm bri

Bagaimana cara enable kartu ATM BRI yang disable atau terblokir? Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa perlu ke Bank. Nah untuk mengetahui caranya, silahkan simak informasi cicilan.id berikut ini.

Banyak nasabah BRI yang mengalami masalah kartu ATM terblokir. Jika mengalaminya maka akan muncul pemberitahuan di layar ATM yang bertuliskan bahwa kart ATM telah disable. Pasti banyak yang panik jika mengalaminya.

Anda tidak perlu panik karena cara enable kartu ATM BRI sangat mudah. Yang paling penting anda sudah mengaktifkan layanan M-Banking ataupu Internet Banking agar bisa enable kartu ATM tanpa perlu ke bank.

Jika kedua layanan di atas belum diaktifkan maka mau tidak mau harus datang ke kantor cabang BRI terdekat. Kami sendiri sering mengalaminya dan terasa merepotkan apabila harus ke bank untuk mengaktifkan kartu ATM yang disable.

Bagi yang belum mengaktifkan Internet Banking BRI kami sarankan untuk mengaktifkannya agar nantinya bisa enable kartu ATM BRI jika mengalami permasalahan di atas. Adapun caranya silahkan simak informasi berikut “Cara Mengaktifkan Internet Banking BRI“.

Apabila layanan internet banking sudah aktif maka anda bisa langsung enable kartu ATM yang disable secara mudah. Nah untuk mengetahui seperti apa caranya, silahkan simak informasi yang kami sampaikan pada artikel cicilan.id di bawah ini.

Tutorial Cara Enable Kartu ATM BRI

Cara Enable Kartu ATM BRI Yang Disable

Pasti banyak yang panik ketika kartu ATM tiba-tiba disable. Anda tidak perlu panik karena saldo yang ada di rekening tetap aman. Yang harus dilakukan adalah enable kartu ATM BRI agar bisa kembali digunakan bertransaksi di ATM ataupun di mesin EDC.

Jika dibiarkan saja maka kartu ATM tidak akan bisa digunakan. Padahal kartu ATM sangatlah penting dalam mempermudah transaksi perbankan. Nah untuk enable kartu ATM BRI yang disable simak caranya berikut ini.

1. Cara Enable Lewat Internet Banking

Cara enable kartu ATM BRI yang pertama adalah menggunakan layanan Internet Banking BRI. Layanan ini bisa diakses melalui aplikasi BRImo ataupun situs internet banking BRI yang bisa diakses melalui website https://ib.bri.co.id/ib-bri/.

Agar bisa menggunakan layanan internet banking maka anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika belum aktif maka harus ke bank apabila ingin enable kartu ATM yang terblokir. Tentu hal tersebut akan memakan waktu karena harus mengantri terlebih dahulu.

Bagi yang sudah mengaktifkan internet banking maka bisa langsung enable kartu dengan cara sangat mudah. Anda hanya perlu logi dengan memasukan USER ID dan password, kemudian mencari menu Disable/Enable Kartu.

Bagi yang bingung mnecari menu Disable/Enable Kartu, silahkan mengikuti setiap langkah di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan buka layanan Internet Banking BRI
  2. Kemudian masukan User Name dan Password
  3. Setelah berhasil login, kemudian masuk ke menu Layanan Nasabah
  4. Berikutnya pilih sub menu Layanan Lain
  5. Setelah itu klik tulisan Disable/Enable Kartu
  6. Selanjutnya tinggal memiliki rekening yang kartu ATM-nya terblokir apabila anda memiliki lebih dari 1 nomor rekening aktif
  7. Kemudian dilanjutkan dengna memasukan Password Internet Banking
  8. Lalu langkah yang terakhir tinggal klik Kirim

Dengan cara di atas maka proses enable kartu ATM BRI bisa dilakukan sendiri tanpa perlu ke bank. Sayangnya masih banyak nasabah BRI yang belum mengaktifkan internet banking sehingga tidak bisa menggunakan cara di atas.

2. Cara Enable ATM BRI Lewat Mobile BankingCara Membuat ATM BRI Britama Online

Bagi yang belum mengaktifkan internet banking, namun sudah mengaktifkan mobile banking maka bisa mengaktifkan kartu ATM yang disable melalui layanan Mobile Banking.

Caranya tidak berbeda jauh dengan enable kartu ATM BRI lewat Internet Banking. Untuk mengetahuinya silahkan mengikuti setiap langkah  di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Mobile Banking yang sudah terinstal di smartphone
  2. Kemudian login dengan memasukan User ID dan password Mobile Banking BRI
  3. Lalu langkah selanjutnya masuk ke menu Layanan Nasabah
  4. Kemudian dilanjutkan dengan memilih sub menu Layanan Lain
  5. Setelah itu klik menu Disable/Enable Kartu
  6. Lalu masukan PIN Mobile Banking dan klik Kirim

Bagaimana, sangat simpel bukan. Lalu bagiamana jika belum mengaktifkan internet banking maupun mobile banking? Bagi yang belum mengaktifkannya maka bisa enable kartu ATM BRI di Bank dengan prosedur sebagai berikut.

3. Cara Enable ATM BRI di Bank

Bagi nasabah yang belum mengaktifkan Internet Banking maupun Mobile Banking maka mau tidak mau harus datang ke kantor cabang terdekat. Proses enable kartu tidak akan dikenakan biaya, namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuh.

Syaratnya cukup mudah. Dimana persyaratannya adalah sebagai berikut

  1. Membawa kartu identitas sesuai dengan kepemilikan kartu ATM yang disable
  2. Membawa buku tabungan
  3. Kartu ATM yang disable

Hanya itu saja syarat mengaktifkan kartu ATM BRI yang disable di kantor cabang. Perlu diingat, proses enable kartu ATM tidak boleh diwakilkan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan nasabah.

Kemudian untuk prosesnya tinggal mengambil nomor antrian untuk bertemu petugas Customer Service. Setelah itu petugas akan melakukan enable kartu ATM BRI yang disable.

Kenapa Kartu ATM BRI Disable?

Setelah mengetahui cara enable kartu ATM BRI, tentu anda penasaran ingin mengetahui penyebab kenapa kartu ATM BRI disable. Ada banyak faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Terjadi transaksi yang mencurigakan sehingga system secara otomatis mendisable kartu ATM
  2. Bertransaksi di ATM Bank lain yang dianggap kurang aman oleh sistem

Kedua faktor di atas menjadi penyebab utama yang sering kali membuat kartu ATM Disable. Menurut pengalaman kami, kartu ATM BRI akan disable apabila digunakan di mesin ATM Bank lain seperti Mandiri, BNI, BCA, dll.

Sebenarnya tak jadi masalah apabila menggunakan ATM BRI di mesin ATM Bank lain. Namun kemungkinan sistem menganggapnya sebagai transaksi mencurigakan sehingga kartu ATM haris disable.

Kesimpulan

Hal pertama yang dilakukan ketika kartu ATM disable adalah tidak perlu panik. Anda bisa dengan mudah enable kartu ATM BRI melalui internet banking, mobile banking, ataupun kantor cabang terdekat.

Saldo rekening tetap aman ketika kartu tiba-tiba disable. Justru hal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya transaksi mencurigakan pada kartu ATM sehingga membantu nasabah untuk terhindar dari pembobolan kartu ATM.

Nah cukup sekian informasi cicilan.id pada kesempatan kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Menghubungi Customer Service Kredivo dan beragam artikel lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *